Saat Paling baik untuk Minum Susu


Untuk membaca selanjutnya klik link dbawah.       
===========================================  
Susu, telah banyak yang tahu kandungan gizi di dalamnya banyak memberi faedah untuk badan. Lalu, kapan saat yang pas untuk mengkonsumsinya?
Hal semacam ini dibicarakan dalam diskusi di group facebook Gerakan Sadar Gizi. Kurnia Ayu melemparkan pertanyaan, " Minum susu itu sebaiknya pagi atau malam hari ya? "

Dalam diskusi ini, dr Rini Sjoekri menulis susu memiliki kandungan asam amino tryptophan satu prekursor untuk neurotransmitter serotonin. Neurotransmitter ini berbentuk menentramkan hingga menolong sistem tidur. " Jadi baiknya susu diminum saat sebelum tidur, " kata Rini.

Kalsium dalam susu adalah salah satu nutrisi paling baik untuk melindungi kesehatan tulang lantaran kalsiumnya lebih gampang diserap badan. Untuk hasil optimal baiknya susu dikonsumsi saat malam hari. Saat malam hari osteoklas atau beberapa sel penghancur tulang tak bekerja.

Saat malam hari kesibukan kita juga sedikit hingga kalsium susu terserap maksimal. " Kerja kalsium terlebih malam hari. Jadi, bila maksudnya adalah untuk tingkatkan penyerapan kalsium konsumsi susu baiknya saat malam hari, " catat Nor Hasanah.

Apakah benar Minum Susu Itu Buat Gemuk? 

Banyak yang berasumsi bila konsumsi susu dapat bikin tubuh gemuk. Apakah benar pendapat ini? Yuk simak penjelasannya.
Rosihan Anwar SGz menuliskan di group facebook Gerakan Sadar Gizi menuturkan bila mitos ini sungguh salah. Kandungan kalori dalam susu cuma seputar 60 kalori dalam 100 gr. Bahkan juga kandungan ini bisa lebih rendah lagi pada product susu yang rendah lemak.

 " Juga sebagai perbandingan, rata-rata orang mengonsumsi seputar 1500-2000 kalori /hari. Jadi konsumsi kalori yang didapat dari susu tidak bakal dapat membikin gemuk, " kata pakar gizi dari Banjarmasin ini.

Umumnya orang yang takut gemuk sesudah meminum susu lantaran sukai mengonsumi susu full krim. Susu full krim kandungan lemaknya lebih tinggi di banding susu cair lantaran belum dipisahkan lemaknya.

Sayangnya, sistem pembelahan lemak inilah yang lalu bikin harga susu cair lebih mahal.
Sedang untuk rasa mual yang dihadapi sesudah minum susu, hal semacam itu dikarenakan ada individu yang alami intoleransi laktosa, yakni keadaan dimana badan tidak bisa mengolah laktosa dengan baik.

Pemicunya yaitu lantaran mulai sejak kecil kurang punya kebiasaan meminum susu hingga enzim pencernaan yang berperan memproses susu kurang berkembang dengan baik.

Untuk mengatasinya, 

mulai dengan minum susu yg tidak memiliki kandungan laktosa, lalu bertambah jadi yang rendah laktosa. Bila pencernaan telah dapat mentolerir, jadi baru dapat betul-betul mengolah susu umum dengan kandungan laktosa yang tinggi.

Untuk orang yang mempunyai intoleransi laktosa supaya terus memperoleh konsumsi kalsium dari susu melalui yoghurt. Lantaran sudah difermentasi, laktosa dalam yoghurt telah dirubah jadi laktase yang gampang diolah perut.

Pendapat Rosihan ini ditambahkan dokter Rini Sjoekri. Menurut Rini, minum susu itu mungkin saja gemuk lantaran sistem inflamasinya, terkecuali betacasein, lemak susu yangg jemu jg pro-inflamasi.
Anda dapat mengakalinya dengan susu rendah lemak.

Tetapi, 

susu type ini bikin rasa susu jadi tak gurih. Lantaran tidak ada rasa ini, sering ada yang menaikkan gula yang disebut sumber karbohidrat.

 " Jadi gula ini yang buat gemuk lagi, lantaran ada karbo simpel. Jadi makanan sistem yg disebutkan rendah lemak, jadi kaya karbo hidrat juga sebagai penguat rasa. Sedang yang tuturnya zero kalori menggunakan gula buatan yang mempunyai dampak lain pada otak, " tutur Rini.

Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.