15 Ramuan Alami Untuk Menyembuhkan Asam Urat

Asam Urat biasanya menyerang sebagian orang di usia tua. Namun tidak menutup kemungkinan penyakit ini diderita oleh mereka yang berusia muda. Menurut penderita Asam Urat, nyeri yang dirasakan oleh mereka akibat penyakit ini luar biasa. Terutama pada persendian tubuh. Bagi anda yang tidak terkena Asam Urat perlu bersyukur, telah diberi nikmat sehat. Bagi anda yang menderita Asam Urat, perlu berusaha mengobatinya. Saran saya, cobalah cara alami di bawah ini.


 15 Alami Untuk Menyembuhkan Asam Urat


 Sebelumnya, perlu kita ketahui tentang penyebab, gejala, pantangan penderita Asam Urat. Artikel ini bertujuan agar penderita Asam Urat menemukan Obat Alami yang cocok untuk menyembuhkan Asam Urat. Begitu pula bagi anda yang ingin mencegah Asam Urat, tidak salah untuk membacanya.





 Apa Penyebab Asam Urat?


 Beberapa jenis makanan mengandung zat purin yang diubah menjadi Asam Urat oleh tubuh. Sebenarnya, zat ini secara otomatis dikeluarkan oleh ginjal. Namun jika kadarnya berlebihan, ginjal tidak mampu lagi untuk mengeluarkan dari tubuh. Akibatnya, terbentuklah kristal yang mengendap di persendian tubuh. Efek yang paling jelas pada persendian adalah rasa nyeri, panas, kaku dan bengkak.


 Pada beberapa kasus, mereka yang terkena Asam Urat merasa kesulitan untuk berjalan. Hal ini disebabkan nyeri luar biasa pada persendian tubuh, pengapuran, dan tulang keropos.


 Apa Gejala Asam Urat?


 Sebagian gejala Asam Urat sudah disebutkan di atas, yaitu nyeri, linu, bengkak pada persendian tubuh. Umumnya pada persendian jari, tumit, lutut, siku, dan pergelangan tangan. Rasa nyeri tersebut terjadi secara berulang. Biasanya rasa nyeri datang saat bangun tidur dan malam hari.


 Anda harus pergi ke Laboratorium untuk memastikan kadar Asam Urat dalam tubuh. Kadar Asam Urat disebut normal pada kisaran 3,5 – 7 mg/dl. Sedangkan pada wanita, Kadar Asam Urat seharusnya pada kisaran 2,6 hingga 6 mg/dl.


 Komplikasi dapat terjadi pada penderita Asam Urat. Selain penyakit tersebut, mereka juga menderita tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, diabetes, atau kegemukan. Anda perlu segera mengobati Asam Urat karena penyakit ini bisa memicu terjadinya penyakit batu ginjal, bahkan gagal ginjal.


 Makanan bagi Penderita Asam Urat







 Beberapa Jenis makanan yang dapat menurunkan kadar Asam Urat


 1. Buah–buahan yang Kaya Vitamin C


 Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya Vitamin C dapat menurunkan kadar Asam Urat. Vitamin C sangat berperan untuk melarutkan Asam Urat dalam darah.


 2. Buah Cherry


 Anti-inflamasi pada buah ini berkhasiat untuk menurunkan kadar Asam Urat dalam tubuh.


 3. Susu Rendah Lemak


 Susu dan yoghurt juga sangat efektif menurunkan kadar Asam Urat secara alami. 


4. Jeruk nipis


 Selain untuk membuang racun dari tubuh, Jeruk Nipis juga bisa meluruhkan Asam Urat dari tubuh anda.


 5. Minum Air mineral


 Toksin dalam tubuh, termasuk Asam Urat akan keluar dengan banyak minum air mineral.


 7. Sayuran segar


 Cobalah untuk mengkonsumsi sayuran yang masih mentah, seperti jagung dan kentang. Sayuran tersebut mampu menurunkan Asam Urat. Selain itu, anda bisa mengkonsumsi buah naga, jahe, belimbing wuluh, labu kuning, sawi putih, sawi hijau, tomat, dan serai.


 Obat Alami bagi Asam Urat


 Anda bisa meracik sendiri ramuan alami untuk mengatasi Asam Urat berikut ini:


 1. Sidaguri


 Sidaguri banyak mengandung alkaloid, asam amino, kalsium oksalat, saponin, minyak atsiri, tannin, zat phlegmatic untuk ekspektoran, lubrikan dan fenol. Kandungan pada akar Sidaguri adalah steroid, aphredine, dan alkaloid. Kandungan Kimia pada akar Sidaguri berkhasiat untuk meredakan peradangan, meluruhkan kencing, dan menghilangkan nyeri.


 Cara membuat Ramuan:


 Rebus 15 gram Akar Sidaguri ke dalam 3 gelas berisi air. Biarkan mendidih hingga air dalam panci tersisa setengahnya. Minum setelah dingin sebanyak ½ gelas setiap hari di waktu pagi, siang, dan malam.


 2. Bidara



 Tanaman Bidara mengandung senyawa aldehid, alkane, flavanoid, keton, dan mineral seperti kalium, kalsium, dan natrium.


 Cara membuat ramuan:


 Rebus 10 gram daun Bidara, 10 gram Temulawak, 1 gram Buah Lada, dan 9 gram Komfrey ke dalam 5 gelas berisi Air. Rebus hingga mendidih dan air berkurang 2 gelas. Minum ramuan alami tersebut setiap hari sewaktu pagi, siang, dan menjelang tidur malam.


 3. Daun Kumis Kucing


 Selain berkhasiat untuk menghancurkan batu pada saluran kencing, sifat Diuretik pada Tanaman Kumis Kucing mampu melarutkan Asam Urat dalam tubuh lewat kencing. Menjadikan Daun Kumis Kucing sebagai obat alami bagi Asam Urat Sediakan 20 gram daun Kumis Kucing basah, 20 gram Daun Meniran, 20 gram daun Sawi, 30 gram Jahe Merah, dan 10 gram Daun Kapulaga yang kering. Campur semua bahan dan tambahkan jahe merah yang telah ditumbuk halus. Rebus ke dalam 1 liter air hingga mendidih. Angkat setelah air berkurang separuh dari semula. Minum ramuan alami tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari.


 4. Daun Salam



 Daun Salam banyak mengandung senyawa yang bermanfaat bagi tubuh, seperti flavonoid, tannin, dan minyak atsiri.


 5. Menggunakan Daun Salam untuk meluruhkan Asam Urat Cukup dengan merebus 17 Daun Salam ke dalam 3 gelas berisi air. Biarkan hingga mendidih, dan air tersisa segelas saja. Minum ramuan ini di pagi dan malam hari.


 6. Obat alternatif untuk asam urat menggunakan Kayu Manis


 Sediakan kapulaga, cengkih, jahe merah, kayu manis, biji pala, dan lada. Rebus semua bahan tadi hingga air menguap setengah. Saring lalu minum ramuan tadi. 


7. Bangle untuk melawan Asam Urat


 Sediakan jahe, kapulaga, lada, cengkih, biji pala, kayu manis, dan Bangle. Rebus seluruh bahan tadi ke dalam air. Biarkan mendidih hingga air susut ½ dari semula. Minum dengan cara seperti di atas.


 8. Daun Sosor Bebek


 Sediakan biji pala, cengkih, kapulaga, jahe, dan daun sosor bebek. Untuk membuat ramuan penurun Asam Urat, cara seperti di atas.



 Penderita Asam Urat Tinggi sebaiknya tidak mengkonsumsi:

 Jeroan ( Usus, limpa, babat, hati, otak dan sebagainya ).

Makanan Laut; ( Cumi-cumi, udang, kerang, tiram, ikan teri, kepiting, ikan sarden, dll )

Ekstrak daging ( dendeng, abon, dll ).

Sarden, kornet sapi, dan semacamnya.

Daging sapi, daging kambing, daging kuda.

Angsa, bebek, kalkun.

 Kacang kedelai (susu kedelai, tauco, tempe, oncom ), kacang hijau, kacang tanah, tauge, emping, melinjo.

 Kembang kol, asparagus, bayam, buncis, jamur kuping, daun pepaya, daun singkong, dan kangkung.

Telur, keju, krim, kaldu, es krim.

Durian, air kelapa, dan nanas.

 Makanan yang menggunakan mentega

Makanan yang digoreng, makanan yang mengandung santan

Hindari permen, gula, sirup, dan sejenisnya.

 Hindari minum aspirin.

Hindari pekerjaan yang menyebabkan lelah.

 Kadar Asam Urat cepat meningkat pada orang yang gemuk. Rajinlah melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan. Demikian beberapa Tips untuk mengatasi Asam Urat Tinggi. Perlu kesungguhan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Seperti pada obat alternatif lainnya, selalu aman digunakan daripada obat yang mengandung bahan kimia berbahaya.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.