DAHSYAT,!! DIANGGAP BIASA AJA TERNYATA DAUN JARAK PAGAR, MEMILIKI MANFAAT YANG TAK TERDUGA DARI BIJI, GETAH DAN MINYAKNYA SERTA KETAHUI BEGINI CARA MENGUNAKANYA.


Jarak pagar adalah tanaman liar yang umumnya tumbuh di perkebunan kosong atau berniat di tanam juga sebagai pagar hidup. Mengapa dimaksud jarak supaya? Terkecuali fungsinya juga sebagai pagar pembatas tanah, yaitu juga sebagai pembeda dari type tanaman jarak yang lain. Ya, tanaman jarak bukan sekedar satu type, tetapi ada sampai 4 type. Oke saat sebelum kita membahas lebih jauh tentang manfaat daun jarak serta sisi tanaman jarak yang lain, baiknya kita mengetahui lebih dulu beberapa jenis tumbuhan yang satu ini. 

Type-Jenis Tanaman Jarak 

Seperti yang telah saya berikan diatas, bahwa tanaman jarak terdapat banyak type. Salah satunya Jarak Pagar (Jatropha curcas L.), Jarak Kepyar/Jarak Kaliki/Jarak Kosta (Ricinus communis Linn.), Jarak Ulung/Jarak Wulung (Jatropha gossypifolia L.), Jarak Bali (Jatropha podagrica Hook.). Nah, saat ini kita ulas tentang perbedaan dari ke empat type tanaman jarak ini. 

1. Jarak Pagar (Jatropha curcas L.) 

Jarak Pagar (Jatropha curcas L.) Jarak pagar adalah type yang paling popular di antara tiga type tanaman jarak yang lain. Tak heran mengingat tanaman ini lebih dekat dengan manusia serta telah mulai ditanam juga sebagai tanaman komoditas untuk pengganti bahan bakar minyak. 

Jarak pagar mempunyai batang pohon yang kokoh dengan cabang yang tidak teratur. Batang kayunya bulat serta memiliki kandungan banyak getah. Daun tunggal, lebar, menjari dengan segi berlekuk-lekuk sejumlah 3–5 buah. Bunganya majemuk berumah satu serta uniseksual, terkadang diketemukan bunga hermaprodit dengan warna kuning kehijauan. Buahnya bulat telur atau oval tanpa ada bulu-bulu halus, buah muda berwarna hijau serta berangsur-angsur jadi kekuningan sampai kecoklatan waktu buahnya menua. 

2. Jarak Kepyar/Jarak Kaliki/Jarak Kosta (Ricinus communis Linn.) 

Ricinus communis Linn Bentuk dari tanaman jarak kepyar sangatlah tidak sama dari jarak pagar. Dari segi batang, daun bahkan juga sampai bunga serta buahnya. Sekilas, jarak kepyar ini lebih serupa tanaman singkong serta buahnya seperti rambutan memiliki ukuran kecil. Namun masih tetap saja ini adalah tanaman jarak. Bisa diketemukan di rimba liar, atau selama pantai. Seperti jarak pagar, jarak kepyar juga telah mulai dibudidayakan juga sebagai tanaman perkebunan. 

Jarak yaitu tumbuhan satu tahun (anual) dengan batang bulat licin, berongga, berbuku-buku terang dengan sinyal sisa tangkai daun yang terlepas, warna hijau bersemburat merah tengguli. Daun tunggal, tumbuh berseling, bangun daun bulat dengan diameter 10-40 cm, bercangap menjari 7 - 9, ujung daun runcing, pinggir bergigi, warna daun di permukaan atas hijau tua permukaan bawah hijau muda. Bunga majemuk, berwarna kuning oranye, berkelamin satu. Buahnya bulat berkumpul dalam tandan, berbentuk buah kendaga, dengan 3 ruang, tiap-tiap ruangan diisi satu biji. Buahnya memiliki duri-duri yang lunak, berwarna hijau muda dengan rambut merah. 

3. Jarak Ulung/Jarak Wulung (Jatropha gossypifolia L.) 

Jarak Wulung (Jatropha gossypifolia L.) Tanaman ini umumnya tumbuh liar di beberapa tempat terang yang terserang cahaya matahari segera. Misalnya di pinggir jalan, semak belukar, atau di tepi lapangan rumput. Termasuk juga perdu tahunan yang habitat aslinya datang dari Amerika Serikat. Nyaris serupa dengan jarak kepyar, namun yang type ini warnanya ungu tua. 

Batang berkayu, bulat, warnanya cokelat, banyak bercabang. Daun tunggal, bertangkai panjang, helaian daun bulat telur sungsang hingga bulat, sharing 3-5, taju runcing, panjang 7-22 cm, lebar 6-20 cm, daun muda berwarna keunguan, daun tua warnanya ungu kecokelatan. Bunga majemuk dalam maiai rata bertangkai, berupa corong, kecil, warnanya keunguan, keluar dari ujung batang. Sesaat buahnya nyaris sama juga dengan jarak pagar, namun tidak terlalu bulat. Bijinya juga memiliki kandungan banyak minyak yang dapat jadikan bahan bakar. 

4. Jarak Bali (Jatropha podagrica Hook.) 

Jarak Bali (Jatropha podagrica Hook.) 
Lihat sepintas tampilan Jarak Bali, Anda tidak akan menyangkan bahwa ini masih tetap adalah tanaman jarak. Terkecuali lihat buahnya yang memanglah mirip. Jarak Bali dimaksud juga jarak hias, karena memanglah sering dipakai juga sebagai tanaman hias karena penampilannya yang cukup menarik, terutama bila telah berbunga. Jadi janganlah heran, bila beberapa orang mananamnya dalam pot atau di pekarangan rumah. 

Jarak Bali mempunyai pangkal batang yang menyerupai umbi. Daun bertangkai yang panjangnya 20-30 cm, helai daun bangun perisai, memiliki bentuk bulat telur melebar dengan ukuran penampang 20-40 cm, bercangap 3 atau 5, taju runcing atau membulat. Bunga dalam malai rata yang bertangkai panjang, dengan bunga betina serta bunga jantan dalam satu tangkai, warnanya merah oranye. Buah bentuk elips melebar, berkendaga tiga, panjang 1, 5 cm. Biji lonjong atau bulat panjang. 

Manfaat Tanaman Jarak Pagar 

Nah, saat ini kita konsentrasi membahas tentang manfaat jarak pagar. Tanaman jarak adalah tanaman yang mempunyai manfaat luar umum. Mulai dari daun, batang, bunga, buah serta bijinya, dan getahnya dapat digunakan untuk kehidupan manusia. 

Manfaat Daun Jarak Pagar 

Telah mulai sejak lama, daun jarak jadikan juga sebagai herbal untuk menangani penyakit spesifik. Manfaat daun jarak salah satunya juga sebagai obat masuk angin, perut kembung, sembelit atau sulit buang air besar. Tersebut contoh pemakainnya yang umum di orang-orang :

1. Perut kembung, masuk angin 

Bila ada anggota keluarga yang alami perut kembung serta masuk angin, biasanya anak-anak dapat diatasi dengan memakai daun jarak pagar. Caranya juga tidak terlalu susah, ambillah dua lembar daun jarak pagar, bersihkan bersih selanjutnya panaskan diatas api sampai layu. Jangan sempat terkena api karena dapat gosong. Berikan sedikit minyak kelapa, minyak telon atau minyak kayu putih, selanjutnya tempelkan di bagian perut. Biarlah sebagian jam, jadi suatu hal yang ajaib akan berlangsung. Si anak bakal mulai mulai buang angin. 

2. Sembelit (Sulit Buang Air Besar) 

Untuk mengobati sembelit, Anda dapat memakai daun jarak pagar juga sebagai lalapan. Caranya, ambillah sebagian lembar daun jarak pagar yang masih tetap muda lalu dikukus. Sesudah masak dikonsumsi seperti umum juga sebagai lalapan rekan makan nasi. Kerjakan secara teratur agar cepat sembuh. 

Manfaat Getah Pohon Jarak 

Getah jarak adalah sisi dari pohon jarak yang paling banyak khasiatnya. Tetapi mesti hati-hati dalam pemakainnya jangan sampai terserang sisi badan lain terkecuali sisi yang mau diobati. 

1. Menyembuhkan sakit gigi 

Getah jarak umum jadikan juga sebagai obat sakit gigi tradisional. Caranya, lukai kulit pohon jarak dengan pisau tajam, jadi akan keluar getahnya. Nah, ambillah getah pohon jarak itu memakai kapas. Tempelkan kapas itu di bagian gigi yang sakit serta diamkan sepanjang sebagian menit. Getah jarak pagar berbentuk antimikroba hingga bisa mengusir bakteri type staphylococcus, streptococcus serta escherechia coli. 

2. Menyembuhkan luka sariawan 

Sariawan banyak penyebabnya, mulai dari kekurangan vitamin C, panas dalam, sampai luka sisi mulut karena tergigit. Letaknya dapat di bibir, di lidah atau di dinding mulut sisi samping, atas serta bawah. Getah jarak pagar dapat jadikan juga sebagai obat sariawan tradisional. Caranya, ambillah getah jarak dengan kapas atau cotton bud. Tempelkan di bagian mulut yang terkena sariawan. Kerjakan secara teratur agar sariawannya cepat sembuh. 

3. Mengobati luka 

Banyak hal yang bisa menyebabkan badan kita terluka. Ada karena terjatuh, kecelakaan, atau terserang sayatan benda tajam. Untuk mengobati luka yang masih tetap baru cepat kering, Anda dapat memakai getah pohon jarak. Caranya, ambillah getah pohon jarak dengan kapas atau cotton bud, lantas tempelkan di bagian badan yang luka. 

4. Menyembuhkan radang telinga 

Ada peradangan pada telinga akan mengakibatkan telinga merasa sakit yang berimbas pada pendengaran Anda. Walau tidak jadikan kekuatan pendengaran alami penurunan, kita akan terasa tidak nyaman. Hal tersebut dapat diatasi dengan getah pohon jarak yang jadikan juga sebagai obat tetes telinga. Ambillah getah jarak sejumlah satu sendok makan. Lalu teteskan pada telinga sejumlah 6 tetes, diamkan sebagian waktu lalu bersihkan dengan kapas dengan cara lembut. 

5. Menyembuhkan keputihan pada mulut bayi 

Keputihan tidak hanya berlangsung di bagian intim wanita, namun juga pada mulut bayi. Penyebabnya bukanlah ASI seperti yang orang pemula pikirkan. Penyebabnya yaitu jamur candida yang melekat pada puting ibunya, yang lalu waktu menyusui beralih pada mulut bayi serta berkembang biak di sana. Bila bayi Anda mengalaminya, ambillah tangkai daun jarak yang masih tetap fresh, jadi akan keluar getahnya lalu berikan pada mulut bayi. 

Manfaat Biji Jarak serta Minyak Jarak 

Biji jarak pagar memanglah mengandung racun yang bisa mengakibatkan keracunan bila dikonsumsi terlalu berlebih. Saya sendiri pernah merasakannya saat remaja. Seperti minum obat pencahar, buang air selalu tidak henti-henti dibarengi dengan kepala pusing. Tetapi, bila dikonsumsi dengan pas, biji jarak dapat jadikan juga sebagai obat ambeien kritis dan ambeien berdarah. Ketentuan makannya yaitu tiap-tiap pagi serta malam. Janganlah lebih dari itu. 

Minyak jarak, tidak cuma dipakai juga sebagai bahan bakar pengganti minyak bumi, namun dapat juga jadikan juga sebagai obat tradisional. Salah satunya untuk mengobati penyakit koreng disebabkan jamur, bengkak serta gatal-gatal pada kulit. Hangatkan minyak jarak, lalu oleskan di bagian badan yang sakit. Untuk mmengatasi bengkak, Anda dapat mencampurkan minyak jarak dengan minyak urut. 

Demikian banyak manfaat tanaman jarak yang dapat kita ambillah, dari mulai daun, biji sampai getahnya. Jadi, mengapa Anda tidak menanam jarak juga sebagai pagar pembatas tanah?
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar