Dinding account Facebook punya Robby Indra Wahyuda (26), pasien kanker tenggorokan yang disangka disebabkan merokok, mendadak kosong. Seluruhnya unggahan tersebut foto-foto serta komentar rekan-temannya menghilang. 

Sampai Kamis (25/6/2015) dinihari, TribunKaltim. co masih tetap bisa membaca serta menyalih unggahan-unggahan menarik tentang perjalanan sakit kanker yang dihadapi Robby. Tetapi Kamis petang, dinding account Robby Indra Wahyuda kosong. 
Cuma tulisan No Recent Post serta No posts to show yang nampak dibawah photo banner. Tetapi foto-foto lama Robby, masih tetap bisa dibuka. Belum didapat konfirmasi, siapa yang meniadakan atau tutup akses pada account laki-laki 26 th., yang wafat Selasa (23/6/2015) itu. 


Sosok Robby memanglah agak nyeleneh. Pasti tak beberapa orang dapat tegar seperti dia, saat menderita penyakit membahayakan, kanker. Orang umumnya mungkin bakal tutup rapat rahasia pribadinya, namun Robby, malah terbuka. 
Ya, Robby, staf honorer pada Dinas Pendidikan Kota Samarinda, Kalimantan buka pengalaman pribadinya, tak ditutupi. Ia buka ke muka umum lewat account facebook, Robby Indra Wahyuda. 

Pengalaman sakit, penyembuhan, bahkan juga keadaan yang sungguh bikin bulu kuduk merinding, seperti photo tenggorokan berlubang disebabkan dihantam kanker, dia pajang di dinding facebook. Naskah, photo serta rekaman video Robby melalui setiap harinya seolah didokumentasikan serta diupload. 


27 December 2014, umpamanya, Robby mengunggah photo pengambilan darah oleh perawat. “Lagi tarik darah nih. Kata dokter saya tidak bisa minum susu. Karenanya makanan kanker, Namun bila pegang saja bisa... ” 
Lantas 9 Desmber 2014, waktu melakukan kontrol di RSUP Dor Sardjito Yogyakarta, dia menginformasikan ke umum. “Hari ini saya teliti perubahan kanker saya nyatanya masih tetap ada tampak dimesin endoscopi. Ini dia dokter dokter cantik yg mengatasi saya... mereka ingin saya saja photo bareng. ” 
Bahkan juga uraian cost berobat juga dia berikan ke umum, pada 8 Januari 2015.  

“Tadi saya ditegur rekan lantaran update-an saya nyeleneh dia ingin simak perubahan kanker saya saat ini. Ini hasil paling akhir MSCT Scan saya di mandingkan dengan hasil pada awal mulanya. Kanker masih tetap ada namun saat ini terlihat mengecil. Saluran nafas sedikit terbuka lebih baik” 
Terkecuali buka permasalahan pribadi, Robby juga menyadarkan orang supaya tak jatuh sakit seperti dia. Robby menggugah foto-foto tentang bahaya merokok, lantaran bakal berisiko jatuh sakit, diserang kanker seperti dia alami. 
Berkenaan kebiasaat Robby, yang dalam situasi sakit, masih tetap mengunggah foto-foto serta info lewat Facebook, tak ditutup-tutupi, memperoleh respon dari Syaifatul Hadijah, ibunya. 

Repro Facebook 
Robby Indra Wahyuda mengunggah foto-foto keadaan kesehatannya, termasuk juga waktu tenggorokan berlobang disebabkan terserang kanker laring. Robby wafat di Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (23/6/2015). Photo berbarengan dokter serta perawat waktu melakukan perawatan di RS Sardjito Yogyakarta. 
Syaifatul menyebutkan Robby sangatlah tegar dalam hadapi penyakit yang telah menggerogoti badannya. 
Ini Video Robbu menjaga kerongkongannya yang berlobang. 

Bahkan juga setelah divonis dokter bahwa hidupnya bertahan paling lama 5 th. lagi disebabkan kanker laring sudah menyerang badannya, saat itu, Robby tak merespon dengan rasa sedih yang terlalu berlebih. 
Hal utama kenang Syaifatul, Robby cuma mau apa yang dirasakannya tak terulang pada orang lain. Jadi, bekas saat hidupnya yang telah dapat dihitung dikira adalah peluang bernilai untuk orang-orang luas untuk lihat segera bukti riil akibatnya karena suatu penyakit. 
Bahkan juga dengan cara serius, Robby juga menurut dia telah bikin Petisi dengan harapan Presiden Jokowi lebih perduli pada kehidupan kesehatan generasi yang akan tiba. 
 " Dia terasa, bekas umurnya itu mesti digunakan untuk beberapa hal yang paling baik. Umpamanya mengingatkan rekan, mengingatkan yang lain supaya tak seperti dia, " kata Syaifatul. (domu d ambarita/doan e pardede)
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.