Mau Cantik? Pakai Saja Terong Ungu. Ini Caranya



Tim mahasiswa Fakultas Matematika serta Pengetahuan Pengatahuan Alam Kampus Negeri Yogyakarta memproses kulit terong ungu jadi masker untuk kecantikan serta perawatan muka. 

 " Manfaat terkuat dari terong ungu itu yaitu merangsang serta tingkatkan laju peremajaan sel hingga kulit terlihat lebih fresh serta lebih muda, " kata koordinator tim mahasiswa Alvionita di Yogyakarta, Minggu (4/1/2015). 

Menurutnya, kulit sayuran berwarna ungu itu mempunyai sebagian komponen yang baik untuk kesehatan salah satunya antosianin serta vitamin E. 

 " Antosianin baik untuk peremajaan kulit, sedang vitamin E dapat tingkatkan elastisitas serta kelembapan kulit, menghindar sistem penuaan awal, serta membuat perlindungan kulit dari rusaknya disebabkan radiasi cahaya ultraviolet, " tuturnya. 

Ia menyampaikan langkah pembuatan masker kulit terong ungu mencakup bikin bubuk kulit terong serta tepung beras. 

Untuk bikin bubuk kulit terong dikerjakan dengan menyeleksi terong ungu yang masih tetap bagus serta bersihkan terong ungu dengan mencucinya pada air mengalir. Lalu mensterilisasi tangan dengan menyemprotkan alkohol 70% pada telapak tangan. 

Setelah itu, mengupas kulit serta mengeringkan kulit terong ungu dengan pengeringan matahari serta ditutupi kain kasa. Sesudah kulit terong ungu kering lalu diblender sampai jadi bubuk serta menyaringnya. 

Terkecuali bikin bubuk kulit terong, juga bikin tepung beras. Tepung beras itu bermanfaat juga sebagai media perekat untuk masker. " Langkah membuatnya, tentukan beras yang berkwalitas baik. Merendam beras itu dengan air sepanjang satu malam lalu ditumbuk serta disaring, " tuturnya. 

Menurutnya, untuk penyelesaian pembuatan masker kulit terong ungu dikerjakan dengan menimbang bubuk kulit terong serta tepung beras. 

 " Setelah itu mencampurkan kulit terong serta tepung beras dengan perbandingan 6 : 4 serta memberikan lima tetes essence serta satu tetes pengawet propilen glikol lalu diaduk hingga rata serta dikemas, " tuturnya. 

Ia menyampaikan inovasi product masker kulit terong itu diinginkan dapat menambah nilai jual terong yang saat ini relatif murah. 

 " Pembuatan masker kulit terong yang relatif gampang dapat dikerjakan kebanyakan orang termasuk juga beberapa petani terong atau 'home industry' hingga bisa menghimpit angka pengangguran sekalian tingkatkan tingkat pendapatan orang-orang, " tuturnya. 

Anggota tim mahasiswa Fakultas MIPA UNY itu terbagi dalam Isnahuriyawati, Isnaeni Widiastuti, serta Winda Dwi Astuti.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.