Bahaya Air Minum Isi Ulang Galon


Salah satu kebutuhan manusia yang harus dipenuhi manusia yakni air. Penggunaan dan konsumsi air tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan makhluk hidup, terlebih untuk manusia. Pasalnya badan manusia selalu memerlukan air untuk menggerakkan semuanya organ di dalam badan. 

Pada saat dulu, sebagian orang tetap masih bisa mengkonsumsi air lewat cara segera. Situasi itu sangat tidak sama juga dengan saat sekarang ini, karena sebagian sumber air yang tercemar bila dikonsumsi lewat cara segera akan mengakibatkan buruk untuk kesehatan badan. 

Dalam buku Pengetahuan Kesehatan Beberapa orang, menurut S Notoatmotdjo mengemukakan bahwa 55% hingga 60% berat badan orang dewasa terdiri dari kandungan air. Pada usia anak-anak hingga remaja ada sekitar 65% air, tengah pada balita ada 80% kandungan air. Air mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan manusia yaitu, untuk mengatur aktivitas kimia di dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, serta membawa nutrisi dan oksigen ke seluruhnya tubuh. 

Tidaklah hal baru lagi, bahwa Negara Indonesia yaitu salah satu Negara yang tetap masih mempunyai banyak permasalahan kesulitan air, terlebih dibagian Indonesia Timur. Air bersih bukan sekedar dibutuhkan untuk dikonsumsi, tetapi juga dibutuhkan sebagai kepentingan sehari-hari seperti mandi, bersihkan, dan memasak. 

Air sebagai kepentingan minum juga harus lolos uji standard air minum. Karena banyak perusahaan air minum yang berkembang di beberapa orang, mengharuskan pemerintah untuk menerapkan standard air minum. Perusahaan air minum itu menawarkan air minum berupa paket yang lebih bersih dan higienis serta telah beroleh ijin karena penuhi prasyarat standard air minum. Di samping itu, ada pula usaha kecil yang tawarkan hal sama melalui cara jual air isi lagi. 

Air isi lagi jadi pilihan beberapa orang Indonesia karena harga nya yang murah. Sebenarnya, tidak semuanya air isi lagi bersih dan layak untuk diminum. Menurut Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Departemen Kesehatan dan Institut Pertanian Bogor (IPB), sudah mempublikasikan bahwa dari hasil penelitian yang mereka kerjakan melalui sampel-sampel acak depot air isi lagi dari tempat yg tidak sama tunjukkan bahwa air isi lagi tercemar oleh bakteri califrom, e-coli, dan ada juga yang sudah tercemar oleh kandungan logam berat seperti kadmium. 

Kandungan bakteri yang ada di dalam air isi lagi itu akan memiliki resiko pada penyakit diare, mutahber, hingga dapat mengakibatkan terjadinya infeksi di dalam usus. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk merebus air isi lagi sebelum mengonsumsinya.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.