Ini Manfaat Luar Biasa Berwudhu Sebelum Tidur, Menurut Hadis Nabi


Wudhu yaitu salah satu syarat sah untuk salat. Diluar itu, menurut ulama sesuai sama hadis nabi, nyatanya berwudhu mempunyai manfaat sangatlah besar bila dilakukan saat sebelum tidur. 
Seperti ditulis muslimahcorner dari islampos, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa tidur pada malam hari dalam situasi suci (berwudhu) jadi Malaikat akan terus ikuti, lalu saat ia bangun pasti Malaikat itu bakal berkata’ Ya Allah ampunilah hamba mu sifulan, karena ia tidur pada malam hari dalam situasi senantiasa suci “. (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar ra). 

Terkecuali menurut hadis nabi, banyak ahli kesehatan dunia yang menyarankan supaya kita mencuci kaki mulut serta muka saat sebelum tidur, kenapa sekian? tidakkah itu termasuk juga dari sisi bila orang berwudhu?. 
Dari sisi jasmani, setidaknya, ada dua manfaat berwudhu saat sebelum tidur menurut ulama fikih serta medis. 

Pertama, menentramkan otot-otot saat sebelum beristirahat 
Mungkin saja tidak terlampau banyak penjelasan namun dapat dibuktikan dalam pengetahuan penyembuhan bahwa percikan air wudhu itu adalah satu langkah untuk mengendurkan otot-otot yang kaku dalam melakukan aktivitas. 
Hingga bila seorang itu sudah melakukan wudhu, jadi fikiran kita bakal merasa tenang, tubuh akan tidak merasa letih. 

Kedua, Mencerahkan kulit wajah 
Wudhu bisa mencerahkan kulit muka kerana keunggulan dari wudhu ini bisa menyingkirkan kotoran dalam kulit. 
Kotoran-kotoran yang menempel pada kulit muka kita akan selekasnya hilang serta tentu muka kita jadi cerah serta bersih. (muslimahcorner/islampos)
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.