Jenis Plastik dan Bahayanya bagi Kesehatan Tubuh


Pada masa saat ini, plastik telah demikian menempel dengan kehidupan beberapa orang dari mulai kantong berbelanja, botol minuman, tempat makanan, hingga peralatan rumah tangga dan hampir semuanya terbuat memiliki bahan plastik. Namun, tidak seluruhnya product plastik aman untuk digunakan sebagai tempat makanan dan minuman karena ada banyak jenis plastik yg tidak aman untuk digunakan. Agar bisa dibedakan, umumnya di bawah product plastik ada jenis dan kodenya. 

1. Polyethylene Terephthalate (PET atau PETE) 
Product plastik jenis ini mempunyai bahan yang bening dan tembus pandang, biasanya digunakan sebagai paket minyak goreng, product sambal dan lain sebagainya. Plastik jenis hanya direferensikan untuk sekali gunakan karena apabila dipakai berkali-kali terutama untuk menyimpan air panas, jadi susunan polimer pada botol itu akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogen penyebab kanker. 

2. High Density Polyethylene (HDPE) 
Jenis plastik ini umum digunakan sebagai bahan pembuatan botol susu atau jus yang berwarna putih, plastik belanja, galon air minum dan lain sebagainya. HDPE mempunyai ciri-ciri bahan yang keras namun aman untuk digunakan karena memiliki kemampuan untuk menghindar reaksi kimia pada makanan dan minuman dengan wadah plastiknya. HDPE hanya dapat digunakan sekali pakai karena pelepasan senyawa antimoni trioksida di dalamnya senantiasa jadi tambah berbarengan dengan pergantian waktu penggunaannya. Kandungan senyawa itu akan mengakibatkan permasalahan pernapasan, iritasi kulit, permasalahan siklus menstruasi, hingga keguguran. 

3. Polyvinyl Chloride (PVC atau V) 
PVC yaitu jenis plastik yang umum digunakan sebagai botol deterjen, botol shampoo, botol sabun dan pipa saluran. Oleh karena bahan ini tidak dapat digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman. Jenis plastik ini memiliki kandungan zat Diethylhydroxylamine (DEHA) yang dapat menyebabkan kerusakan organ ginjal dan hati. 

4. Low Density Polyethylene (LDPE) 
LDPE biasanya digunakan sebagai pembungkus makanan fresh, plastik paket kantong belanja dan botol-botol lembek. Plastik jenis ini mempunyai daya resistensi atau perlindungan yang baik pada reaksi kimia sampai jadi salah satu jenis plastik yang dapat digunakan sebagai pembungkus makanan dan minuman. 

5. Polypropylene (PP) 
Biasanya PP banyak digunakan dalam pembuatan botol minuman, kotak makan, dan wadah penyimpanan makanan yang dapat digunakan berkali-kali karena yaitu jenis plastik terbaik. Bahan plastik ini bisa menghindar terjadinya reaksi kimia dan memiliki ciri-ciri yang tahan pada panas. 

Setelah tahu informasi ini, sebagian customer di idamkan untuk lihat di bagian bawah paket plastik agar dapat tahu jenis plastik dan kodenya. Penting juga untuk tidak menggunakan bahan plastik beresiko dengan cara berkali-kali.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar