Kelelahan Waktu Mudik Dapat Buat Sakit Waktu Lebaran, Begini Menghindarinya


Jakarta, Kelelahan dapat jadi pemicu seorang rawan sakit karena ketahanan badannya alami penurunan. Tidak hanya itu, kelehan dapat jadi pemicu kecelakaan. Karenanya, janganlah remehkan waktu badan berikan alarm kelelahan. 

Menurut dr Andreas Prasadja, RPSGT dari RS Mitra Kemayoran, pemicu kelelahan waktu mudik yang peling kerap yaitu lantaran kurang tidur. Terlebih beberapa riset menyebutkan dari th. ke th., 
pemicu nomer satu kecelakaan yaitu lantaran mengantuk. 

 " Mesti diakui bahwa konsentrasi, kewaspadaan, serta kekuatan refleks cuma diperoleh dengan kwalitas tidur yang baik, tak ada satu juga zat yang bisa menggantikannya, " tutur dr Andreas dalam pembicaraan dengan detikHealth serta ditulis pada Rabu (15/7/2015). 

Karenanya, untuk yang akan mudik sebaiknya memenuhi keperluan saat tidur. Untuk orang dewasa, saat tidur ideal yaitu 7-9 jam. Sedang untuk anak-anak yaitu 10-12 jam. 

dr Andreas juga merekomendasikan untuk mereka yang mudik dengan mengendarai kendaraan sendiri, baiknya tak dikerjakan di jam-jam tidur. Lantaran studi tunjukkan bahwa berkendara waktu mengantuk, sama bahayanya dengan mengendara dalam keadaan mabuk. 

 " Mungkin mudik pada malam hari namun di siang harinya tidur cukup, tetapi tak bisa terus-terusan lantaran badan kita telah mempunyai jam biologisnya semasing, " pesan dr Andreas. 

 " Yang paling utama waktu mudik janganlah pernah sekali-sekali mengantuk. Di Eropa ada ketentuan dilarang menguap waktu mengemudi, bahkan juga bakal ditahan polisi. Lantaran menguap yaitu tanda-tanda mengantuk, " paparnya. 

Sekilas, tidur memanglah terlihat seperti aktivitas yg tidak produktif. Namun butuh diingat, basic dari kwalitas hidup manusia yaitu dari kwalitas tidurnya. Nah, bila Anda merencanakan mengendarai kendaraan sendiri waktu mudik, janganlah andalkan beberapa produk pembangkit stamina. Tambah baik Anda tidur lebih dulu saat sebelum mengawali perjalanan. 

Bila terasa mengantuk atau capek di dalam perjalanan, baiknya selekasnya pinggirkan kendaraan. Tidur serta beristirahatlah untuk sebentar. Janganlah memaksakan diri untuk selekasnya tiba di kampung halaman tetapi tidak pedulikan keselamatan. 

 " Bila tak ada tempat untuk bermalam, dianjurkan untuk minum kopi, namun kemudian tidur seputar 15-20 menit. Cafein bakal memberi dampak fresh, namun baru bekerja sesudah 30 menit. Jadi sesudah tidur sepanjang sebagian menit, dampak fresh yang didapat bakal double, dari cafein serta dari tidur, " kata dr Andreas memberi anjuran. 

 (vit/up) 
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.