Hati-hati, Penyakit-penyakit Ini Dapat Kambuh Waktu Lebaran


Jakarta, Idul Fitri tidak lama lagi. Tetapi ingat, janganlah terlalu berlebih waktu merayakan hari kemenangan, karena resikonya penyakit dapat kambuh. 

Waktu Lebaran, beberapa orang yang sediakan aneka makanan istimewa. Nah, hal semacam ini kadang-kadang bikin orang lapar mata serta kalap waktu makan. Mengakibatkan penyakit 'lama' dapat kambuh disebabkan pola makan yg tidak baik. 

Praktisi kesehatan dari RS Cipto Mangunkusumo dr Ari Fahrial Syam SPPD, KGEH, MMB, FINASIM membagi penyakit yang umumnya nampak ketika serta pasca Lebaran jadi tiga. Pertama, orang yang mempunyai penyakit seperti darah tinggi, asam urat, serta gula darah. 

 " Mereka bakal kambuh penyakitnya bila tak memerhatikan makanan. Umumnya waktu Lebaran, terkadang makan tak termonitor serta dapat pula lantaran lupa minum obat, " jelas dr Ari waktu terlibat perbincangan dengan detikHealth serta ditulis pada Rabu (15/7/2015). 

Baca juga : Bahaya! Janganlah Nekat Ajak Anak Mudik Gunakan Sepeda Motor 

Ke-2, mereka yang kelelahan. Untuk berlebaran berbarengan keluarga besar terkasih, perjalanan mudik yang lama serta melelahkan juga ditempuh. Mereka yang mudiknya mepet Lebaran, pasti tenaganya bakal cukup terkuras karena selekasnya dilanjutkan dengan aktivitas berkunjung ke rumah saudara. 

 " Dari kelelahan ini dapat menyebabkan berlangsung penyakit demam berdarah, batuk, pilek, ketahanan badan turun, " lanjut dr Ari. 

Ketiga, grup penyakit ini yaitu imbas lantaran tak ada asisten rumah tangga waktu Lebaran. Ketiadaan asisten rumah tangga menyebabkan orang condong konsumsi makanan yang diawetkan, atau memanaskan makanan berkali-kali. Tentu hal semacam ini bikin seorang lebih rawan terserang sakit perut. 

 " Diluar itu lantaran tak ada pembantu rumah tangga mengakibatkan juga lingkungan rumah kurang bersih. Hal semacam ini bakal mengakibatkan seorang gampang diserang diare, " terang dr Ari. 

Baca juga : Mudik Naik Motor, Sebaiknya Istirahat Setiap Dua Jam 

Penjelasan khas detikHealth kesempatan ini bakal mengulas tema fit waktu Idul Fitri yang dapat berikan anjuran pada Anda untuk terus sehat waktu berkumpul berbarengan keluarga waktu Lebaran. Dengan tahu aneka ancaman kesehatan yang mungkin saja berlangsung, Anda dapat lebih mempersiapkan diri untuk hindari beberapa hal yang dapat bikin Anda sakit waktu serta pasca Idul Fitri. Selamat membaca! 

 (vit/up)
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.