Pola Makan yang Memicu Batu Ginjal


Siapa juga yang pernah menanggung derita batu ginjal pasti dapat mengingat rasa sakit hebat yang dikarenakan oleh batu memiliki ukuran kecil itu waktu melalui saluran kemih. 

Seputar 1 dari 11 orang diprediksikan akan menanggung derita batu ginjal dalam kehidupannya. Sayangnya, sekali kita mempunyai batu ginjal, kemungkinan untuk kambuhnya meraih 50 %. Walau penyakit ini semakin banyak terkena golongan pria, nyatanya wanita yang menanggung derita obesitas juga berisiko. 

Umumnya batu ginjal yaitu mineral padat yang menggumpal serta bersarang di saluran kemih. Sebagian besar batu ginjal terbentuk dari kalsium, umumnya gabungan pada kalsium serta oksalat, namun ada pula yang terbentuk dari asam urat. 

Tersebut disini sebagian aspek resiko yang bikin seorang rawan alami batu ginjal. 

- Kekurangan kalsium 
Walaupun umumnya batu ginjal terbentuk dari kalsium, bukanlah bermakna kita mesti hindari bahan pangan yang memiliki kandungan kalsium. Malah, orang yang konsumsi semakin banyak kalsium lebih tidak sering menanggung derita batu ginjal. 

Bila pola makan kita kurang kalsium, zat kimia yang dimaksud oksalat, yang wajarnya mengikat kalsium di saluran cerna jadi mengikat kalsium di urine serta menyebabkan terbentuknya batu. 

- Umumnya sayur 
Terasa telah makan dengan cara sehat namun malah terserang batu ginjal? Apa yang salah? Sudah pasti lantaran oksalat yang banyak diketemukan di sayuran berdaun hijau. Idealnya, oksalat bakal berikatan dengan kalsium di usus serta dikeluarkan badan melalui saluran kemih. 

Tetapi, bila jumlah oksalat terlampau tinggi, konsentrasi zat kimia ini semakin banyak di urine serta menyebabkan terbentuknya batu. 

- Makanan asin 
Bila kita terus-terusan konsumsi makanan memiliki kandungan sodium, resiko terbentuknya batu ginjal akan bertambah. 

- Kurang buah jeruk 
Buah-buahan keluarga jeruk memiliki kandungan zat yang dimaksud sitrat, yang di ketahui dapat turunkan resiko batu ginjal. 

- Terlampau banyak daging 
Suatu riset th. 2014 yang dimuat dalam jurnal Nutritional Epidemiology temukan bahwa vegetarian serta orang yang kerap makan ikan lebih tidak sering terserang batu ginjal dibanding dengan orang yang makan daging. Mengkonsumsi daging merah atau daging unggas 100 gr sehari-hari di ketahui dapat menyebabkan batu ginjal. 

- Kerap minum es teh 
Teh adalah salah satu sumber oksalat yang dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Beberapa waktu terakhir juga di beritakan seseorang pria yang umumnya minum es teh menanggung derita batu ginjal. Minuman lain yang butuh dibatasi yaitu soda.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.