Bacalah Keutamaannya, Rugilah Jika Tak Puasa Senin-Kamis


Puasa adalah salah satu beribadah yang sangatlah diprioritaskan dalam Islam. 
Dengan berpuasa, kita berlatih untuk mengatur diri, bukan sekedar dari hal yang memanglah diharamkan, tetapi juga yang sesungguhnya halal. 

Puasa melatih kuasai emosi serta udara nafsu hingga lebih gampang untuk menjauhi keburukan. 
Puasa juga menyebabkan kepekaan yang lebih pada kesusahan manusia lain di seputar. Rasulullah SAW bersabda : 

 " Semua suatu hal itu ada zakatnya, tengah zakat jiwa itu yaitu berpuasa. Serta puasa itu separuhkesabaran. " (HR Ibn Majah). 
 " Wahai sekalian pemuda, siapa saja diantara kalian yang sudah dapat jadi menikahlah, lantaran menikah lebih menundukkan pandangan serta lebih melindungi kemaluan. Siapa saja yang belum dapat jadi sebaiknya ia berpuasa karena puasa dapat jadi perisai baginya. " (HR Bukhari serta Muslim). 

Terkecuali puasa harus satu bulan penuh di bln. Ramadan, ada puasa-puasa sunnah yang bisa kita kerjakan. 

Satu diantaranya yaitu puasa sunnah Senin Kamis. Puasa sunnah ini dikerjakan sehari-hari Senin serta/atau Kamis. 

Dijelaskan dalam sebagian hadis tersebut : 
Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, " Amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin serta Kamis, jadi saya suka pada bila amalanku dihadapkan sedang saya tengah berpuasa. " (HR Tirmidzi). 

Dari Abu Qotadah Al Anshori ra, " Rasulullah SAW. pernah di tanya tentang puasa pada hari Senin, lalu beliau menjawab, Hari itu yaitu hari saya dilahirkan, hari saya diutus atau di turunkannya wahyu untukku. " (HR. Muslim). 

Dari Aisyah, beliau menyampaikan, " Rasulullah saw. umum menyimpan pilihan berpuasa pada hari Senin serta Kamis. " (HR An Nasai serta Ibnu Majah). 
Puasa yaitu jalan untuk membuat manusia yang bertakwa, yang selalu menjauhi larangan serta ikuti perintah-Nya. 

Ia dapat juga bersihkan batin, tingkatkan kemampuan spiritual, membuat manusia yang berkeinginan dan berkemauan kuat, mempermudah terkabulnya doa, serta baik untuk kesehatan kita. 

Pasti sangatlah baik, apabila diluar Ramadan, kita meneruskan kursus diri kita dengan puasa sunnah. 
Puasa Senin Kamis adalah salah satu puasa yang dapat kita kerjakan dengan cara teratur hingga membuat rutinitas baik yang selanjutnya menyatu dengan diri kita. 

Semoga dengan membiasakannya, kita senantiasa terbangun dari beragam keburukan diri serta makin mendekati kwalitas manusia yang bertakwa. 

 " Tidaklah seseorang hamba yang berpuasa di jalan Allah terkecuali bakal Allah jauhkan dia (lantaran puasanya) dari neraka sejauh tujuh puluh musim. " (HR Bukhari serta Muslim). 
diambil dari Alifmagz. com, media internal Pusat Studi Quran yang di pimpin Quraish Shihab
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.