Cara Membuat Herbal untuk Obat Kencing Manis


Tidak sedikit orang yang telah memakai tanaman obat atau herbal untuk menangani beragam keluhan sakitnya, salah satunya beberapa diabetesi. Tanaman obat apa sajakah yang dapat digunakan serta bagaimanakah memakainya?

Diabetes melitus telah jadi endemi. Penyakit ini tidak cuma menyerang orangtua, tetapi juga anak muda, ditandai dengan meningkatnya kandungan gula darah sampai batas diatas normal.

Diabetes dapat mengakibatkan komplikasi kronis apabila tidak teratasi dengan baik. Karenanya, diperlukan penyembuhan panjang serta berkaitan supaya penyakit yang menyerang 2, 8 % masyarakat dunia ini dapat dikendalikan.

Sekurang-kurangnya ada tiga pilar penyembuhan diabetes, diet (mengatur pola makan), berolahraga, serta mengkonsumsi obat. Tetapi, rupanya tiga pilar ini tidak cukup lantaran pada intinya naiknya gula darah tidak sebatas masalah fisik, namun juga psikis. Perlu penyembuhan holistik karenanya.

Penyembuhan holistik memerhatikan semua segi dari mulai fisik, mental sampai spiritual. Dengan demikian, semua system badan bakal temukan titik keseimbangannya.

Menurut Dr. Agus Rahmadi, yang juga Direktur Klinik Sehat, penyembuhan holistik untuk diabetes bisa dikerjakan dengan tujuh langkah, diantaranya edukasi atau pemberian info komplit untuk pasien perihal diabetes dari A-Z, berolahraga teratur, diet rendah kalori, puasa (termasuk juga diet), therapy juice, akupuntur atau akupresur, serta penyembuhan herbal.

Jemu sintetis 

Tanaman herbal dipakai mulai sejak beberapa ribu th. lantas lantaran dengan cara empiris serta dalam sebagian uji klinis dapat dibuktikan dapat mengatur penyakit kencing manis. Langkah tersebut makin popular waktu manusia zaman saat ini mulai jemu konsumsi obat sintetis.

Lantas, apa sajakah tanaman obat yang dapat dipakai untuk mengatur kandungan gula darah?

Seperti diterangkan oleh Prof. Dr. Sidik, Apt, tanaman obat di Indonesia demikian bermacam. Sayangnya, riset atas tanaman-tanaman ini masih tetap minim. Daun salam atau mahkota dewa yaitu misal tanaman obat yang sudah dapat dibuktikan turunkan kandungan gula darah.

Tanaman obat lain yang bisa dipakai, yakni daun sambiloto, bawang putih serta bawang merah, biji klabet, buah pare, daun sendok, biji alpukat, biji jamblang, buah mengkudu, serta daun lampes.

Ada Dua Jenis

Diabetes bisa digolongkan dalam dua jenis. Pertama, diabetes jenis satu atau insulin-dependent diabetes. Type ini umumnya menyerang anak-anak, walau tidak sedikit orang dewasa yang terserang. Penyembuhan yang disarankan untuk diabetes jenis ini umumnya berbentuk pemberian insulin saja.

Ke-2, dimaksud diabetes jenis dua. Diabetes jenis ini umumnya berlangsung disebabkan menyusutnya sensitivitas badan pada insulin. Kabar baiknya, jenis ini dapat dikendalikan melalui pergantian pola hidup serta therapy obat.

Ke-2 jenis ini apabila tak diakukan dengan selekasnya bisa menyebabkan komplikasi. Komplikasi kritis yang menyerang jantung, mata, otak, serta ginjal disebabkan penyakit ini dapat menyebabkan koma serta menyebabkan kematian.

Cobalah Ramu Sendiri 

Anda mau coba memakai tanaman di halaman rumah Anda untuk mengatur diabetes? Silahkan membuatnya.

Daun salam 
Daun yang banyak dipakai juga sebagai penyedap masakan ini apabila dipakai dengan teratur bisa menolong mengatur kandungan gula darah supaya terus normal.
Bahan : 75-100 gr daun salam
Langkah bikin : Rebus daun salam dengan tiga gelas air sampai tinggal setengahnya. Dinginkan serta disaring, lantas minum tiga kali satu hari semasing 1/2 gelas. Kerjakan dengan teratur.

Biji alpukat 
Bahan : Satu biji alpukat
Langkah bikin : Irislah tipis-tipis biji alpukat, jemur hingga kering. Irisan biji ini disangrai atau digoreng tanpa ada minyak, kemudian jus hingga lembut. Masukkan bubuk biji alpukat ke kulit kapsul yang bisa dibeli di apotek. Minum kapsul biji alpukat satu kali satu hari.

Pare 
Bahan : 2000 gr buah pare
Langkah bikin : Bersihkan buah pare hingga bersih, irislah tipis-tipis, rebus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Sesudah dingin disaring, lantas diminum. Kerjakan sehari-hari.

Daun sambiloto 
Bahan : 1/2 genggam daun sambiloto segar
Langkah bikin : Bersihkan lantas rebus daun sambiloto dengan 3 gelas air hingga tersisa dua seperempat gelas. Sesudah dingin saring, lantas minum setelah makan, 3 kali satu hari. Setiap kali minum 3/4 gelas saja.

Daun sendok 
Bahan : 15 hingga 30 gr daun sendok segar
Langkah bikin : Daun dibikin bersih lantas di rebus. Saring serta minum airnya.

Mahkota dewa 
Bahan : 5-6 buah mahkota dewa
Langkah bikin : Irislah serta bersihkan bersih buah mahkota dewa, rebus bahan dalam 5 gelas air. Biarlah sampai air tersisa 3 gelas. Saring serta minum 3 kali satu hari (masing- masing 1 gelas).
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.