Daun Pepaya Pahit Tapi Ampuh Obati Demam Berdarah dan Malaria


Siapa tidak kenal dengan pepaya (Carica papaya L)? Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga dataran ketinggian 1. 000 mdpl. Tanaman pepaya suka pada tanah yang kaya bahan organik serta tak suka pada tempat tergenang. Ciri pohon ini yaitu batangnya tak bercabang biasanya. Daunnya terkumpul di ujung batang serta menjari. Buahnya yang kerap dikonsumsi juga sebagai pencuci mulut berupa bulat sampai memanjang bergantung macamnya. Biasanya berwarna hijau waktu muda serta kekuningan sampai jingga waktu telah masak. 

Terkecuali buah, daun pepaya juga digunakan untuk disayur atau juga sebagai pelunak daging lantaran kandungan enzim papainnya. Sedang juga sebagai tanaman obat, seperti yang ditulis di buku Taman Obat Keluarga pepaya dapat dipakai untuk menyembuhkan sebagian penyakit atau kelainan. 
Kulit melepuh lantaran panas 

Toreh atau potong-potonglah kulit buah pepaya. Tampung getahnya serta berikan ke kulit yang melepuh. Diamkan sepanjang satu hari semalam. Apabila sisi yang melepuh cukup luas, buah pepaya bisa diparut serta daging buahnya ditempelkan. 

Malaria serta demam 
Petiklah daun pepaya muda serta tumbuklah sampai jadi 1/2 gelas. Imbuhkan air ¾ gelas serta sedikit garam. Peras kombinasi itu serta saring. Cairan ini diminum 3 kali satu hari dengan dosis yang sama. Kerjakanlah 5 hari berturut-turut. 

Digigit ular berbisa 
Ambil 5 jari akar pepaya. Bersihkan serta tumbuk sampai halus. Tempelkan di bagian yang terserang gigitan serta balutlah. Ubahlah 2 kali satu hari. 

Beruban saat sebelum waktunya 
Ambillah 30 biji pepaya serta digongseng, lantas tumbuk sampai halus. Campur dengan 1 sendok minyak kelapa. Gosokkan pada kulit kepala yang beruban. 

Cacing gelang 
Siapkan 2 sendok makan biji pepaya. Giling halus-halus serta seduh dengan ½ cangkir air panas, lantas imbuhkan 1 sendok makan madu serta diminum pelan-pelan. 

Jengkolan (sulit kencing lantaran terlampau banyak makan jengkol) 
1/2 tangkai daun pepaya ditambah 10 lembar daun kacang panjang serta 6 tangkai daun singkong dicuci bersih. Tumbuk bahan itu sampai halus. Lalu ditambah ½ cangkir air masak serta diremas. Imbuhkan 1 sendok madu, peras, serta saringlah. Larutan ini diminum 1 - 2 kali satu hari. 

Juga sebagai buah mengkonsumsi sendiri pepaya diakui dapat menangani permasalahan pencernaan (buang air besar tak teratur), sakit maag, seriawan, serta merangsang nafsu makan. Cukup hanya konsumsi buah fresh dengan cara teratur. (Intisari)
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.