Inilah Dampak Buruk Jika Istri Memakai KB


Menggunakan pencegah kehamilan, Keluarga Merencanakan (KB), nyatanya menaruh banyak dampak jelek pada kesehatan pemakai, baik KB suntik ataupun pil KB. 

Seperti ditulis website konsultasi kesehatan, klikdokter, KB suntik bikin susunan dari lendir rahim jadi tidak tebal hingga haid sedikit, bercak atau tak haid sekalipun, perdarahan tak menentu, suntikan mesti dikerjakan oleh tenaga kesehatan dengan teratur, tak membuat perlindungan dari PMS 
Penambahan berat tubuh, rambut rontok, tulang jadi keropos, kelainan metabolisme lemak, ketidakteraturan menstruasi termasuk juga menometroragi (biasanya sebagian bln. pertama) serta amenorea (1 th. pertama). 

Bila penggunaan suntikan KB dihentikan, siklus menstruasi yang teratur bakal kembali berlangsung kurun waktu 6 bulan-1 tahun 
Kontrasepsi suntikan KB 3 bln. memiliki kandungan long-actingprogestin, yakni Norestiteron enantat (NETEN) dengan nama dagang depomedroksi progesterone acetat (DPMA), 150 mg yang didapatkan tiap-tiap 3 bln.. 

Hormonal ini bakal berperan juga sebagai alat pencegah kehamilan lewat cara kerja memengaruhi system hormon didalam badan. 

Salah satu dampak samping dari hormon itu yaitu perdarahan yg tidak teratur, dari mulai perdarahan bercak atau flek sampai perdarahan yang berkelanjutan. 

Bahkan juga 70 % pemakai KB suntik dapat tak mens. 

Tiap-tiap individu mempunyai tanggapan yang berlainan dalam penerimaan hormon ini. Darah itu datang dari peluruhan susunan dinding rahim seperti darah haid yang alami ketidakteraturan disebabkan dampak hormon. 

Pil KB 
Manfaat KB suntik sama seperti Pil KB menghindar kehamilan lewat kandungan hormon estrogen serta progestin, dengan menghalangi indung telur berovulasi atau melepas sel telur. 
Diluar itu, pil akan bikin sperma kesusahan meraih sel telur atau menghambat sel telur melekat pada susunan rahim. 

Tetapi, tahukah Anda dampak samping pil KB untuk pemakainya? ditulis website konsultasi kesehatan, alodokter, di bawah ini sebagian resiko dampak samping yang bisa dipicu oleh pemakaian pil KB. 

Mual 
Reaksi ini kemungkinan bakal hilang dalam dua bln.. Coba untuk konsumsi berbarengan dengan makanan saat sebelum berpindah ke cara kontrasepsi lain. 

Sakit kepala serta rasa tak nyaman pada payudara 
Dampak ini umumnya bakal merasa pada awal konsumsi pil KB. Bila dampak itu tak menyusut, pikirkan untuk bertukar merk obat atau cara kontrasepsi serta tanyakan dengan dokter. 

Pendarahan dengan cara mendadak diluar saat haid 
Pemakai pil KB mungkin alami pendarahan yang berlangsung tanpa ada disangka, diluar saat haid. 
Konsumsi pil KB dengan saat yang sama setiap hari kemungkinan dapat menolong memudahkan. Tetapi bila Anda terasa cemas atau tak nyaman, tanyakan dengan dokter. 

Penambahan berat tubuh 
Walaupun termasuk dampak samping yang tidak sering, sebagian wanita alami kenaikan berat tubuh badan. Hal semacam ini biasanya berlangsung lantaran penumpukan cairan. 
Dampak samping ini umumnya tak berjalan lama serta berat tubuh dapat kembali normal sesudah sekian waktu memakai pil KB. 

Gairah sex yang menurun 
ika alami hal semacam ini, Anda dapat coba type pil KB yang tidak sama. Beberapa wanita dapat terbantu bila memakai pil yang memiliki kandungan hormon androgen. 
Jika hal itu gagal, ubah cara kontrasepsi Anda. 

Pergantian situasi hati yang berlangsung dengan cara mendadak 
Bila tak ada hal-hal lain yang mengakibatkan hal semacam itu serta pil KB di rasa juga sebagai pemicu paling utama, Anda bisa berpindah ke cara kontrasepsi nonhormonal. 

Saat baru mulai konsumsi obat, dampak samping yang berlangsung dapat mengganggu. Namun biasanya tanda-tanda dampak samping bakal menyusut bersamaan badan beradaptasi dengan pemakaian obat. 

Tetapi bila Anda tak tahan atau tanda-tanda tak mereda, Anda bisa berpindah ke merk atau cara kontrasepsi lain. 

Efek Lebih Serius 
Untuk beberapa besar wanita, pil KB aman untuk dikonsumsi serta cuma menyebabkan dampak samping yang enteng. 

Walau sekian, butuh di ketahui bahwa alat kontrasepsi ini mempunyai resiko lain yang termasuk tinggi, terlebih untuk wanita dengan keadaan spesifik. 

Kandungan hormon estrogen dalam pil KB bisa mengakibatkan darah lebih gampang menggumpal. Bila hingga terbentuk gumpalan darah beku, jadi bisa mengakibatkan trombosis vena pada kaki, 

gumpalan darah beku 
pada paru-paru atau menyebabkan serangan jantung atau stroke. 
Resiko ini memanglah termasuk sangatlah tidak sering dihadapi, tetapi tanyakan kembali dengan dokter bila Anda mempunyai aspek resiko yang bikin Anda lebih rawan. 
Disamping itu, riset tentang kaitan dampak samping pil KB dengan kanker payudara masih tetap selalu dikerjakan. 

Ada yang mengatakan pemakai alat kontrasepsi hormonal, termasuk juga pil, mempunyai kemungkinan sedikit lebih tinggi untuk terdiagnosis kanker payudara. 

Tetapi dengan berhenti konsumsi pil KB sepanjang 10 th., ditulis bidanku. com, resiko terserang kanker payudara bakal kembali alami penurunan seperti mereka yg tidak pernah konsumsi pil KB. 
Sesaat untuk resiko kanker serviks serta sejenis kanker hati, belum dapat dibuktikan seutuhnya berkenaan dengan pemakaian pil KB. 

Karenanya, utama untuk tahu perihal ada sebagian keadaan yang bisa berlangsung disebabkan dampak samping pil KB yang serius, diantaranya : 

Nyeri dibagian dada. 
Sakit perut. 
Masalah pandangan, umpamanya pandangan kabur atau samar. 
Sakit kepala yg tidak tertahankan. 
Bengkak atau nyeri pada kaki serta paha. 

Bila Anda alami tanda-tanda seperti diatas, selekasnya jumpai dokter atau pergi ke rumah sakit paling dekat untuk memperoleh perawatan selanjutnya. Tanda-tanda itu dapat adalah tanda-tanda penyakit beresiko, seperti masalah pada organ hati, empedu, hati, pembekuan darah, stroke, desakan darah tinggi, atau penyakit jantung. 

Butuh Diperhatikan 
Cara kontrasepsi pil ini terbilang praktis lantaran bisa dibeli dengan cara bebas. 
Tetapi, saat sebelum mengambil keputusan memakainya, baiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan pakar medis atau dokter. Untuk wanita dengan dua atau lebih tanda-tanda tersebut baiknya hindari mengkonsumsi pil KB : 

Berumur kian lebih 35 th.. 
Berat tubuh berlebihan atau obesitas dengan indeks massa badan atau body mass index 35 atau lebih. 
Perokok atau barusan berhenti merokok sepanjang setahun. 
Mempunyai saudara dekat yang mempunyai kisah gumpalan darah beku pada umur kurang dari 45 th.. 

Tak dapat bergerak untuk periode yang panjang, umpamanya lantaran memakai kursi roda atau kaki yang perlu memakai gips. 

Bila Anda cuma alami satu dari aspek-faktor yang dijelaskan diatas, Anda dapat konsumsi pil KB, namun dengan cara waspada. 
Ketahui dampak samping yang sudah dijelaskan diatas serta tanyakan dulu pada dokter saat sebelum mulai konsumsi pil KB. 

Anda juga baiknya hindari pil KB bila : 
Mempunyai kisah penggumpalan darah. 
Menanggung derita serangan migrain yang parah 
Mempunyai masalah empedu atau hati. 
Mempunyai kelainan jantung atau sakit jantung, termasuk juga desakan darah tinggi. 
Menderita diabetes dengan komplikasi atau diserang diabetes kian lebih 20 th.. 
Menderita kanker payudara. 
Tanyakan dengan dokter tentang pilihan kontrasepsi paling cocok berdasar pada kisah kesehatan Anda serta pasangan, manfaat menghimpit dampak samping serta resiko. (*) 
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar