Manfaat dan Bahaya Mengonsumsi Telur


Telur yaitu makanan yang memberi banyak faedah. Dengan kandungan 70 kalori dalam suatu telur besar, makanan ini kaya protein serta menolong menstabilkan kandungan gula darah. Protein telur juga berkwalitas tinggi lantaran memiliki kandungan seluruhnya asam amino yang esensial. 

Kuning telur juga memiliki kandungan antioksidan yang bisa kurangi resiko katarak serta menghindar penyakit jantung, stroke serta sebagian type kanker. Satu jumlah telur yang besar juga adalah sumber selenium yang disebut mineral antioksidan yang memerangi rusaknya sel yang karena radikal bebas. Diluar itu, juga mensupport system kekebalan badan serta tiroid. Telur penting juga untuk membuat tulang serta gigi yang kuat. 

Tetapi sebagian pihak mempertanyakan keamanan konsumsi telur sehari-hari. Riset pada 2003 dari British Medical Journal temukan bahwa mengonsumsi satu telur sehari-hari tak terkait dengan penambahan resiko penyakit jantung koroner serta stroke. Riset ini dikerjakan pada 115 ribu orang dewasa sepanjang 14 th.. Telur dinilai bisa bikin orang makan lebih sedikit lantaran rasa kenyang yang muncul setelah mengkonsumsinya. 

Ada juga riset tentang telur pada 2013, dikerjakan oleh European Journal of Nutrition. Dalam riset ini, 30 laki-laki sehat disuruh mengonsumsi salah satu dari tiga type sarapan yang disiapkan, yakni roti panggang dengan telur di atasnya, sereal dengan susu, atau croissant dengan juice jeruk. 

Mereka diharuskan mengonsumsi satu type sarapan sepanjang 1 minggu. Lantas, ditukar dengan menu yang lain pada minggu selanjutnya. Peneliti temukan mereka yang sarapan dengan telur bakal terasa lebih kenyang serta tak gampang lapar. Mereka juga makan dengan jumlah yang lebih sedikit waktu makan siang serta makan malam. 

Tetapi telur juga mempunyai segi negatif. Telur adalah sumber lemak jemu serta kandungan lemak jemu yang terlampau tinggi bisa tingkatkan keseluruhan cholesterol. Kandungan cholesterol " jahat " bisa mengakibatkan aspek resiko penyakit jantung. 

Peneliti temukan orang yang mengonsumsi telur kian lebih tiga satu minggu mempunyai semakin banyak plak di arteri mereka. Plak ini serupa seperti plak yang ada di arteri perokok, tetapi tak separah itu. Orang yang mengonsumsi kuning telur lebih berisiko mempunyai banyak plak. 

Riset dari The New England Journal of Medicine mengungkap, makan dua telur rebus satu hari tingkatkan formasi trimethylamine N-oxide (TMAO), suatu zat yang terkait dengan penambahan resiko serangan jantung serta stroke. Kuning telur memiliki kandungan lecithin, zat yang berperan pada formasi TMAO itu. 

Lihat kenyataan-fakta itu, American Heart Association mereferensikan optimal makan satu telur /hari atau tujuh telur sepanjang satu minggu, tak lebih. 

Sadarlah saat konsumsi telur, lantaran banyak makanan yang memiliki kandungan telur. Umpamanya, kue, roti, bumbu salad, atau bakso. Apabila Anda mempunyai kandungan cholesterol yang tinggi, mempunyai penyakit jantung, atau diabetes jenis 2, bakal tambah baik untuk kurangi mengkonsumsi kuning telur dan daging yang tinggi lemak jemu serta cholesterol.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.