Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Jakarta : Bangun kekebalan badan supaya terlepas dari penyakit seperti sakit tenggorokan, pilek, infeksi virus, penyakit kuning serta demam itu sangatlah dibutuhkan. Pasalnya, ketahanan badan yang lemah dapat punya potensi bikin Anda mudah terkena penyakit. 

Karena itu, Anda memerlukan makanan untuk bangun kekebalan badan Anda dengan cara alami. Tersebut 10 makanan yang bikin system kekebalan badan Anda makin bertambah. 

1. Telur 
Telur dikira salah satu makanan yang paling bergizi. Kuning telur memiliki kandungan zat besi serta vitamin A serta D. Sendangkan putih telur kaya protein, yang menolong bangun ketahanan pada infeksi. Telur bisa dikonsumsi sendiri atau ditambahkan ke hidangan yang lain. Telur dapat di proses dengan beragam langkah seperti digoreng, orak-arik atau direbus. 

2. Sayuran berwarna hijau gelap 
Sayuran hijau seperti bayam, labu, brokoli, dsb yaitu sumber yang baik dari asam folat, zat besi, serat serta beragam vitamin serta mineral. Yakinkan untuk mengonsumsi sayuran hijau gelap sekurang-kurangnya tiga kali dalam satu minggu. 

3. Jagung manis 
Jagung manis kaya serat, vitamin B12 serta protein. Jagung bisa dimasukkan dalam salad, sup, sandwich serta hidangan yang lain. Jagung memerlukan saat untuk mengolah, hingga yakinkan jumlah jagung yang Anda makan tak terlalu berlebih. 

4. Ubi jalar 
Ubi jalar adalah sumber paling kaya vitamin A pada sumber nabati. Mereka juga memiliki kandungan asam folat serta serat. Ubi jalar bisa dikonsumsi sekali atau 2 x satu minggu baik di rebus atau dibakar sesuai sama selera Anda. 

5. Kacang 
Kacang-kacangan seperti almond, buah kenari, biji bunga matahari itu kaya daya, protein, antioksidan, vitamin, mineral serta asam lemak omega-3 yang menolong bangun kekebalan. Lemak Omega-3 bukan sekedar bikin jantung sehat lantaran kandungan cholesterol baik, namun dapat juga menolong dalam penyerapan kalsium dari usus. 

6. Daun kemangi 
Daun kemangi adalah sumber yang kaya mineral utama seperti kalsium, kalium, seng, serta vitamin yang lain. Ia juga mempunyai karakter anti-kanker. Kemangi umumnya dipakai untuk bikin ramuan atau teh hijau, lantaran bisa tingkatkan pencernaan serta memberi kekebalan pada penyakit batuk serta rasa dingin. 

Salad dengan tomat, kemangi serta sedikit madu yaitu pilihan yang baik untuk makanan ringan. Daun yang kerap nampak di lalapan ini dapat juga di rebus dengan air tanpa ada kurangi kandungannya. 

7. Madu 
Madu adalah sumber gula alami yang menolong dalam melindungi usus bersih serta sehat. Madu bisa dipakai juga sebagai pengganti gula dalam teh atau kopi. Madu dipakai dengan bumbu serta rempah-rempah seperti lada, jahe, serta kunyit dapat jadi obat manjur untuk batuk. 

8. Jahe 
Jahe menolong untuk buka sinus tersumbat saat Anda menanggung derita pilek. Hancuran jahe bisa ditambahkan ke teh, ramuan serta sup yang Anda memasak. Anda dapat juga mencampurkannya dengan mint serta sedikit juice lemon untuk bikin minuman yang dapat bikin kulit Anda awet muda. 

9. Jeruk 
Kaya vitamin C yang menolong dalam bangun imunitas, jeruk memberi perlindungan pada batuk serta pilek serta menolong dalam tingkatkan penyerapan zat besi dari makanan yang Anda mengkonsumsi. Jeruk dapat dikonsumsi sendiri atau dalam salad dua atau tiga kali satu minggu. Namun, tambah baik mengkonsumsinya dalam situasi utuh. 

10. Air 
Air dibutuhkan untuk mengatur suhu badan serta untuk melindungi Anda supaya senantiasa terhidrasi. Terlebih bila sepanjang musim hujan, utama melindungi ginjal serta menyingkirkan toksin dari badan dengan air yang memenuhi. Disarankan untuk minum sekurang-kurangnya 8-10 gelas air sehari-hari. (Sumarni/India Times) 
LOV
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.