Tips Menjaga Ginjal Tetap Sehat


Penyakit ginjal kritis memengaruhi jutaan orang di semua dunia. Dengan sarana terbatas serta akses untuk donor yg tidak mencukupi bikin harapan hidup pasien sakit ginjal tidak tebal. Kunci paling utama terlepas dari penyakit ini yaitu cuma dengan melindungi ginjal Anda selalu untuk terus sehat. 

Dr. Sundar Sankaran, Kepala Nephrologist, memberi sebagian panduan tersebut untuk bikin ginjal Anda terus pada posisi yang aman. 

1. Makan probiotik tiap-tiap hari 

Probiotik (bakteri baik) menolong sistem pembuangan limbah di ginjal serta tingkatkan kesehatan pencernaan Anda keseluruhannya. 

2. Minum banyak air 

Konsumsi banyak air serta cairan yang lain menolong ginjal bersihkan natrium, urea serta toksin yang lain dari badan lewat cara yang sehat. Pastinya ke-2 ginjal serta mungkin saja semua badan Anda terus sehat 

3. Minum obat berlebihan 

Mengkonsumsi terlalu berlebih obat pembasmi rasa sakit serta analgesik seperti Ibuprofen, itu tak sehat. Sebagian obat ini bisa membahayakan ginjal bila dikonsumsi dengan teratur. Bila Anda mempunyai arthritis atau keadaan yang mengharuskan Anda untuk kerap minum obat pembasmi rasa sakit, yakinkan minta resep pada dokter Anda tidak untuk yang memiliki kandungan bahan kimia beresiko. 

4. Turunkan konsumsi fosfor 

Bila ginjal tak bekerja dengan benar, fosfor terakumulasi pada badan, mengakibatkan keadaan yang punya potensi serius seperti masalah tulang serta jantung, serta kalsifikasi (pengerasan) dari jaringan. Jauhi konsumsi product dengan kandungan fosfor yang tinggi, seperti minuman enteng berkarbonasi (softdrink) serta makanan olahan. Anda cuma butuh 800 - 1. 200 mg fosfor /hari untuk ginjal yang sehat. 

5. Makan sehat 

Konsumsi makanan yang sehat dengan adanya banyak buah-buahan serta sayuran bisa menghindar sebagian penyakit. Kurangi makanan olahan, paket serta makanan ringan tak sehat. Jauhi juga makanan yang kaya kalori kosong serta janganlah lupa untuk kurangi konsumsi garam Anda. Jike butuh, konsultasi dengan pakar gizi perihal menu makanan yang ramah untuk ginjal. 

6. Hentikan rutinitas buruk 

Minum alkohol terlalu berlebih bukan sekedar mengakibatkan kerusakan hati sampai merugikan ginjal. Demikian juga, merokok terlalu berlebih bukan sekedar beresiko jelek pada paru-paru Anda, namun dapat mengakibatkan kerusakan ginjal juga. 

7. Tahu kisah kesehatan keluarga Anda. 

Kesadaran bisa menolong Anda jadi lebih siap. Bicaralah dengan dokter perihal apakah histori keluarga Anda meletakkan Anda pada resiko yang semakin besar serta apa beberapa langkah pencegahan yang perlu Anda ambillah dalam masalah orangtua Anda atau kerabat mempunyai penyakit ginjal. Bila Anda ada pada resiko yang semakin besar, yakinkan Anda mengecek manfaat ginjal Anda untuk tahu seberapa sehat ginjal Anda. Kerapkali, beberapa orang yg tidak mempunyai tanda-tanda ginjal nyatanya dapat menanggung derita penyakit membahayakan ini dapat. 

8. Jagalah kandungan gula darah 

Sakit diabetes dapat meningkatkan Anda menanggung derita penyakit ginjal juga. Kenyataannya, beberapa pasien diabetes menanggung derita tidak berhasil ginjal serta mesti bersihkan darah atau transplantasi organ. Oleh karenanya, utama untuk melindungi kandungan gula darah Anda dibawah kontrol. Hal semacam ini penting juga untuk pasien diabetes untuk memperoleh tes manfaat ginjal dengan teratur untuk mendeteksi penyakit ini lebih awal. Rusaknya ginjal disebabkan diabetes masih tetap dapat dihindari bila terdeteksi dengan cepat. 

9. Mengelola desakan darah 

Hipertensi bukan sekedar tingkatkan peluang Anda memperoleh stroke serta penyakit kardiovaskular, namun juga tingkatkan resiko Anda terserang penyakit ginjal. Bila Anda mempunyai kisah keluarga hipertensi serta penyakit ginjal, janganlah pernah melupakan untuk mengecek desakan darah serta kandungan cholesterol Anda. (Sumarni/India Times)
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.