1001 Manfaat Bawang Putih dan Kandungan Gizinya


Bawang putih adalah bawang yang warnanya putih. Tidak sama dengan bawang merah yang warnanya merah. Sesaat bawang daun warnanya daun. Eh, bukanlah. Bawang daun atau daun bawang yakni daunnya tanaman bawang. Hehe, tak ilmiah sekali penjelasannya. Ah, tentu pembaca telah pada tahu seperti apa bentuk bawang putih, bawang merah serta daun bawang. 

Bawang putih banyak dipakai juga sebagai bumbu masak basic yang tidak bisa terlewat dalam tiap-tiap masakan. Akan tetapi, selain digunakan juga sebagai bumbu masak, bawang putih juga bermanfaat juga sebagai obat-obatan untuk beragam jenis penyakit. 
Bawang putih dalam situasi mentah mengandung senyawa sulfur termasuk juga zat kimia bernama Alliin. Saat bawang putih dimemarkan/dihaluskan, zat aliin yang sebenarnya tak berbau akan terurai. Dengan dorongan enzim alinase, aliin terpecah jadi alisin, amonia, serta asam piruvat. Bau tajam alisin karena sebab kandungan zat belerang. Aroma khas ini jadi tambah menyengat saat zat belerang (sulfur) dalam alisin diterbangkan ammonia ke hawa, karena ammonia gampang menguap. Senyawa alisin bermanfaat menghancurkan pembentukan pembekuan darah dalam arteri, kurangi tanda-tanda diabetes serta kurangi desakan darah. 

Terkecuali alisin, bawang putih juga mempunyai senyawa lain yang bermanfaat obat, yakni alil. Senyawa alil paling banyak terdapat berbentuk dialil-trisulfida yang bermanfaat memerangi penyakit-penyakit degeneratif serta aktifkan perkembangan beberapa sel baru. 

Nilai Kandungan Gizi Bawang Putih Mentah per 100 g (3. 5 oz) 
Daya 623 kJ (149 kcal) 
Karbohidrat 33, 06 g 
Gula 1. 00g 
Diet serat 2, 1 g 
Lemak 0, 5 g 
Protein 6, 39 g 
Beta-karoten 5 mg (0%) 
Thiamine (Vit. B1) 0, 2 mg (15%) 
Riboflavin (Vit. B2) 0, 11 mg (7%) 
Niacin (Vit. B3) 0, 7 mg (5%) 
Asam pantotenat (B5) 0, 596 mg (12%) 
Vitamin B6 1, 235 mg (95%) 
Folat (B9 Vit.) 3 mg (1%) 
Vitamin C 31. 2 mg (52%) 
Kalsium 181 mg (18%) 
Zat Besi 1, 7 mg (14%) 
Magnesium 25 mg (7%) 
Fosfor 153 mg (22%) 
Kalium 401 mg (9%) 
Sodium 17 mg (1%) 
Seng 1, 16 mg (12%) 
Mangan 1, 672 mg 
Selenium 14. 2 mg 
Sumber : USDA Nutrient database 
Nah, sesudah anda mengetahui kandungan yang ada dalam baunya bawang putih, jadi Anda butuh tahu juga apa sajakah manfaat serta manfaat bawang putih. Di bawah ini penjelasannya. 

1. Mencegah Kanker 
Bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang bisa menolong menghindar kanker. Bila Anda yaitu perokok berat, Anda bisa kunyah bawang putih mentah untuk melindungi badan serta menghindar kanker. 

2. Anti Radang 
Bawang putih mengandung anti-peradangan. Hingga bila Anda alami demam, atau sakit tenggorokan, cukup cuma kunyah bawang putih serta akhirnya tenggorokan Anda bakal selekasnya kembali fit. 

3. Anti Bakteri 
Bawang putih juga adalah anti-bakteri yang baik. Jika Anda alami infeksi pencernaan, jadi campurkan cacahan bawang putih mentah didalam salad. Pencernaan Andapun akan makin lancar. 

4. Menyuburkan rambut 
Bawang putih bisa menangani permasalahan kerontokan rambut. Dengan kandungan Allicin yang tinggi, serupa senyawa belerang yang diketemukan pada bawang merah, yang diakui efisien untuk menangani permasalahan rambut rontok. Gosokkan irisan siung bawang putih pada kulit kepala lantas pijat-pijat untuk memperoleh hasil yang optimal. Dapat pula bawang putih ditambahkan minyak, selanjutnya dipijatkan ke kepala. 

5. Membersihkan jerawat 
Mungkin tak diketemukan juga sebagai bahan paling utama dalam obat jerawat yang ada di apotek, namun bawang putih adalah obat alami yang dapat mengusir jerawat karena mengandung antioksidan yang bisa membunuh bakteri. Gosokkan satu irisan bawang putih pada jerawat di muka perlahan. 

6. Menghindar serta mengobati flu 
Dengan kandungan antioksidan di dalamnya, jadikan system imun badan manusia memperoleh manfaat bila bawang putih dengan cara konstan di masukkan dalam menu sehari-hari. Bila flu hampiri, coba menyeruput teh bawang putih : masukkan irisan atau cincang halus bawang putih di air panas untuk sebagian menit lalu saring. Teh siap diminum. Bisa pula ditambahkan sedikit madu atau jahe untuk menaikkan rasa. 

7. Mengobati penyakit kulit 
Karena sudah dapat dibuktikan mempunyai manfaat anti radang, bawang putih bermanfaat kurangi terjangkitnya penyakit kulit. Cobalah oleskan sedikit minyak bawang putih di ruang yang terinfeksi untuh hasil kulit yang lebih halus. 

8. Mengontrol berat tubuh 
Pakar gizi Cynthia Sass mengatakan riset pada tikus yang makan bawang putih tunjukkan ada pengurangan berat tubuh serta penyimpanan lemak. Coba untuk memasak tiap-tiap dengan memakai bawang putih membuahkan makanan yang lezat serta pinggang yang ramping. 

9. Menangani Keracunan 
Antioksidan yang terdapat didalam bawang putih juga dapat menolong mengusir toksin dari pada badan. Manfaat ini tidak cuma baik untuk kesehatan, tetapi dapat juga menolong memperlambat penuaan dini.

10. Meredakan Nyeri 
Bila Anda menderita arthritis, hancurkan bawang putih mentah lalu kompreskan di bagian lutut atau tulang yang cari. Bawang putih akan meredakan nyeri itu. 

11. Pertolongan Pertama Keracunan Merkuri 
Keracunan disebabkan merkuri atau arsenik dapat juga diringankan dengan konsumsi bawang putih mentah. Tetapi, pertolongan ini cuma berperan juga sebagai pertolongan pertama saja. Segera peroleh perawatan intensif dari dokter bila Anda merasakannya. 

12. Mengobati luka serpihan 
Menempatkan sepotong bawang putih diatas luka serpihan kaca lalu menutupinya dengan balutan perban adalah obat tradisional yang sudah lama dipakai oleh beberapa orang-orang. Beberapa blogger yakini bakal hal itu hingga saat ini. 

13. Menghilangkan Gatal Disebabkan Jamur 
Dengan karakter anti-jamurnya, bawang putih bisa jadi obat manjur untuk atlet untuk menyingkirkan rasa gatal di kaki. Rendam kaki dalam bak diisi air hangat serta cincangan bawang putih. 

14. Mengusir Nyamuk 
Salah satu riset di India temukan bahwa beberapa orang yang menggosokkan ramuan bawang putih di lengan serta kaki mereka, tak terganggu oleh binatang penghisap darah itu. Buat larutan minyak bawang putih, minyak cermat serta lilin lebah atau tempakan sesiung bawang putih ditempat spesifik juga sebagai penangkal nyamuk. 

15. Mengobati sariawan 
Menurut website ECOSALON, bawang putih mengandung suplemen yang bisa menolong sistem pengobatan pada permasalahan sariawan. Karenanya ada karakter alami anti-inflamasi menolong kurangi rasa sakit serta pembengkakan. 

16. Zat Perekat Alami 
Sempatkah Anda memerhatikan bagaimanakah lengketnya jari Anda sesudah memotong bawang putih? Bawang putih memiliki kandungan bahan perekat alami yang berkwalitas di mana beberapa orang yakini serta memakainya untuk memperbaiki keretakan pada benda kaca. Hancurkan sebagian cengkeh serta sebagian siung bawang putih lalu berikan bahan itu ke sisi yang akan direkatkan. 

17. Mengusir Hama Tanaman 
Hama tanaman tak sukai bawang putih. Manfaatkanlah pestisida alami yang terbuat dari bawang putih, minyak mineral, air, serta sabun cair. Tuangkan ke wadah penyemprot serta semprotkan ke tanaman. 

18. Kombinasi Umpan Pancing 
Untuk anda yang sukai memancing, manfaatkanlah bawang putih juga sebagai kombinasi umpan. Ikan sangatlah tertarik denga aroma bawang putih yang ditautkan pada umpan. 

19. Memperlancar Peredaran Darah 
Kunyah bawang putih merah dapat juga menolong membuat lancar peredaran darah serta buka pembuluh darah yang tersumbat. 

20. Menangani Diabetes 
Jika Anda menderita diabetes, bawang putih juga baik untuk menolong mengontrol jumlah kandungan gula didalam darah. 
Manfaat bawang putih yang dijelaskan diatas hanya sebagian kecil saja dari 1001 manfaat yang terdapat pada bawang putih. Mengingat banyak faedah dari si putih ini, sebaiknya kita senantiasa menaruh persediaan bawang putih di dapur. Tak perlu cemas membusuk, karena bawang putih termasuk juga bumbu dapur yang tahan lama seandainya disimpan ditempat yang kering.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar