Manfaat Daun Pepaya, Biji, Bunga dan Akar Pohon Pepaya


Pepaya mempunyai nama latin Carica papaya L serta termasuk juga dalam keluarga Caricaceae. Tanaman ini digunakan buahnya untuk dikonsumsi lantaran sifatnya yang manis serta beri kesegaran. Terkecuali mengandung banyak air, buah pepaya juga kaya vitamin C. Sisi bunga serta daun pepaya muda juga sering digunakan juga sebagai lalap teman makan nasi serta sambal. 

Selain dapat dikonsumsi, beberapa bagian pohon pepaya juga digunakan juga sebagai obat tradisional untuk mengobati beragam penyakit. Hampir seluruhnya sisi dari pohon pepaya dapat digunakan juga sebagai obat seperti Daun, Bunga, Biji, Akar, Getah, serta Kulit Pepaya. 
Dalam tanaman pepaya terdapat enzim papain yang berperan untuk melancarkan pencernaan. Terkecuali kandungan enzim papain, dalam pepaya juga terdapat karakter antiseptik dimana kandungan ini berperan untuk menghindar perkembangbiakan bakteri-bakteri jahat yang hidup di usus kita. Tidak heran, pepaya bakal jadi buah yang paling direferensikan untuk menangani masalah pencernaan. 

Sebagian senyawa yang di ketahui ada dalam daun pepaya diantaranya Enzym papain, alkaloid karpaina, pseudo-karpaina, glikosid, karposid, sakarosa, dekstrosa, levulosa. Alkaloid karpaina memiliki dampak seperti digitalis. Sesaat buahnya mengandung ß-karotene, pectin, d-galaktosa, 1-arabinosa, papain, papayotimin papain, fitokinase. 

Manfaat serta Manfaat Daun Pepaya 
1. Melunakkan Daging 
Bila mau memasak daging baiknya pakai daun pepaya dagingnya jadi empuk serta enak waktu dikunyah. Caranya, leburkan daun pepaya yang masih tetap basah serta campur ke daging yang sudah diiris-iris, namun janganlah terlalu banyak karna rasa pahit dari daun pepaya itu dapat bikin daging jadi tak enak dikonsumsi. 

2. Menaikkan nafsu makan 
Tidak susah bikin ramuan penambah nafsu makan ini, siapkan daun pepaya fresh seukuran telapak tangan, sedikit garam, serta air hangat 1/2 cangkir. Seluruhnya bahan digabung, ditumbuk atau diblender, lalu disaring untuk di ambil airnya lalu diminum. Ramuan ini aman, bahkan juga untuk anak-anak sekalipun. 

3. Mencegah kanker 
Dari sebagian riset diterangkan, batang serta daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex), yang berpeluang di kembangkan juga sebagai antikanker, seperti diambil dari Journal Society of Biology. Getah ini automatis diperoleh waktu kita konsumsi daun pepaya, dimasak lewat cara apapun. 

4. Menghilangkan jerawat 
Ternyata daun pepaya dapat juga digunakan untuk menangani jerawat. Caranya, ambillah 2-3 lembar daun pepaya tua. Jemur sebentar lalu tumbuk hingga halus. Kemudian, tambahkan satu 1/2 sendok air. Lantas berikan ramuan itu di bagian muka yang terserang jerawat seperti menggunakan masker. Biarlah sebagian waktu, lalu basuh sampai bersih. 

5. Mengontrol tekanan darah 
Caranya, ambillah lima lembar daun pepaya, rebus dengan 1/2 liter air. Rebus selalu sampai tinggal tiga perempatnya. Dinginkan saat sebelum diminum. Bila perlu, tambahkan gula merah atau madu agar merasa lebih manis. 

6. Mengobati nyeri haid 
Untuk Anda beberapa wanita yang alami nyeri waktu haid, sebaiknya anda coba resep tradisional dari daun pepaya ini, caranya ambillah 1 lembar daun pepaya, asam jawa serta garam seperlunya. Rebus dengan satu gelas air sampai masak. Dinginkan saat sebelum diminum. 

7. Mengobati demam berdarah 
Untuk pasien demam berdarah, atau yang tengah alami tanda-tanda demam berdarah sangatlah dianjurkan untuk konsumsi daun pepaya. Karena daun pepaya mempunyai kandungan yang dapat mengobati atau menetralisir tanda-tanda demam berdarah yang dikarenakan oleh nyamuk. 
Caranya, campur lima lembar daun pepaya, temulawak, meniran secukupnya, serta gula merah. Rebus sampai masak, lalu dinginkan saat sebelum diminum. 

8. Melancarkan pencernaan 
Mengonsumsi daun pepaya yang telah di rebus baik dikonsumsi dengan atau tanpa ada makanan pendamping yang lain bisa menolong membuat lancar pencernaan. Hal semacam ini karena di dalam daun pepaya ada zat karpain, yakni sejenis kandungan kimia yang bisa membunuh mikroorganisme jahat yang mengganggu pencernaan. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, baiknya makan teratur daun pepaya rebus setiap hari sepanjang sekian hari. 

Manfaat Biji Buah Pepaya 
Biji pepaya tidak bisa disepelehkan manfaatnya, terkecuali dapat dijaadikan bibit untuk ditanam lagi dapat juga jadikan obat yang sangatlah bermanfaat. 

1. Biji Pepeya juga sebagai antibakteri 
Riset sudah dikerjakan serta temukan bila biji pepaya nyatanya efisien membasmi E. coli, Salmonella, serta infeksi Staph. 

2. Melindungi Ginjal 
Penelitian sudah temukan bila dari ekstrak biji pepaya bisa membuat perlindungan ginjal dari racun-diinduksi tidak berhasil ginjal. 

3. Menghilangkan Parasit di Usus 
Ada bukti bahwa biji pepaya membasmi parasit usus. Dalam suatu riset yang dikerjakan pada anak-anak Nigeria dengan parasit usus, 76, 7% dari anak-anak bebas parasit sesudah tujuh hari penyembuhan dengan biji pepaya dibanding dengan cuma 16, 7% dari anak-anak yang terima plasebo. 

4. Menetralkan Racun dalam hati 
Dalam penyembuhan di negeri Cina dipercaya bila sesendok teh biji pepaya bisa menolong detoksifikasi hati. Biji pepaya juga sering direferensikan oleh beberapa dokter dengan cara alami dalam penyembuhan pada sirosis hati. 

5. Mengobati cacingan 
Penyakit memalukan ini dapat sangatlah baik dibasmi dengan biji pepaya, bahkan juga sangatlah ampuh tuturnya. 
Peringatan : Untuk yang ibu hamil janganlah sekali-kali mengkomsumsi biji pepaya juga sebagai obat karna bakal tingkatkan kemungkinan keguguran. 

Faedah Bunga Pohon Pepaya 
Sebenarnya faedah bunga pepaya sama juga dengan daunnya, namun yah tetap masih ada bedanya cuma saja belum ketemu jawabannya, maka dari itu saya kasi informasi resep tumis bunga pepaya saja dahulu. Caranya sama juga dengan menumis sayuran biasanya, silakan dicatat bahannya : 

250 g bunga pepaya, bersihkan 
2 sdm minyak sayur 
5 siung bawang merah, irislah tipis 
2 siung bawang putih, irislah tipis 
1 batang daun bawang, potong 3 cm 
2 buah cabai merah, irislah serong tipis 
2 buah cabai hijau, irislah tipis 
4 buah cabai rawit merah, irislah serong 
1 lembar daun pandan muda, irislah kasar 
50 g teri nasi tawar goreng 
1 buah jagung manis, serut bijinya 
30 lembar daun kemangi 
1/2 sdt merica bubuk 
1 sdt garam (Manfaat Pepaya : Daun, Bunga, Biji, Akar, Getah, serta Kulit Pepaya)

Manfaat Akar Pepaya 
Sisi akar dari pohon pepaya juga mempunyai manfaat yang tidak sedikit untuk kesehatan. Di bawah ini sebagian manfaat akar pepaya yang butuh Anda kenali : 

1. Kesehatan Ginjal 
Yang banyak di kenal dari manfaat akar pepaya yaitu khasiatnya juga sebagai obat untuk penyakit ginjal, baik yang telah terserang ataupun untuk hindari penyakit ginjal. Caranya, rebus 3 potong akar pepaya berbarengan 1 liter air lalu campur dengan madu untuk meminumnya. 

2. Mengobati Cacingan 
Diluar itu, seperti pada manfaat biji pepaya diatas, akar pepaya juga baik untuk menyembuhkan penyakit cacingan. Caranya ambillah satu jari akar pepaya serta satu siung bawang putih, lalu di rebus dalam 100ml air. Sesudah mendidih, angkat lantas dinginkan serta diminum 2 kali satu hari. 

3. Mengatasi masalah saluran kencing 
Caranya ambillah 3 potong akar pepaya, rebus dengan 1 liter air sampai mendidih, lalu saring. Minum ½ gelas, satu kali satu hari. 

4. Untuk mengobati rematik 
Haluskan 30 gram akar pepaya, 20 gram daun jeruk nipis, 15 gr sambiloto fresh, 20 gram daun ketepeng cina, 30 gram daun sirih fresh, serta 5 buah cabai rawit. Rendam campuran dalam alkohol 75% sepanjang 7 hari, lalu peras serta saring. Gunakan airnya untuk menggosok-gosok serta mengurut sisi yang sakit. Kerjakan 2-3 kali satu hari. 

Hmmh, luar umum sekali ternyata manfaat dari pepaya ini. Terkecuali buahnya manis serta fresh sisi lain dari pohon pepaya ternyata dapat jadikan obat. So, tanamlah pohon pepaya di dekat rumah kalian agar kalian dapat juga rasakan manfaatnya.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.