5 Jenis Makanan Penjaga Kesehatan Usus


Usus adalah salah satu sisi yang sangatlah utama didalam sistem pencernaan. Makanan yang kita mengkonsumsi sehari-harinya pasti melalui usus. Tersebut penyebab kita mesti mengontrol makanan yang kita mengkonsumsi. Ditambah lagi bila anda yaitu penyuka makanan yang mengandung banyak minyak, lemak serta zat pengawet dapat lebih beresiko pada kesehatan usus. Mengenai penyakit yang umumnya didapat dari konsumsi makanan yang tidak sehat ini yaitu penyakit kanker usus. 

Karenanya, anda mesti lebih cermat dalam pilih makanan yang mau dikonsumsi. Anda mesti menimbang buruk baiknya makanan itu pada kesehatan. Tetapi janganlah cemas, ternyata ada makanan yang baik untuk kesehatan usus. Di bawah ini yaitu lima type makanan yang dapat jadi kesehatan usus kita. 

1. Probiotik 
Probiotik adalah bakteri baik yang berguna untuk menolong memecah dan menyingkirkan “limbah” yang ada pada badan kita. Probiotik memanglah tidak selamanya diperlukan oleh usus, tetapi saat kita tengah alami masalah pencernaan seperti diare, kembung jadi makanan yang memiliki kandungan probiotik sangatlah diperlukan oleh usus. Misal makanan yang memiliki kandungan probiotik yaitu yoghurt serta kefir. Ke-2 type makanan ini bisa menolong menyeimbangkan system didalam badan karena mengandung bakteri yang baik. 

2. Sayuran hijau gelap 
Beberapa orang yang mengidentikan sayuran berwarna hijau gelap dengan seikat bayam. Tetapi, ternyata sangat banyak makanan yang berdaun hijau gelap sperti kale atau romaine. Sayuran yang berwarna hijau gelap ini ternyata memiliki manfaat yang baik untuk melindungi kesehatan usus. Didalam tumbuhan ini banyak kandungan serat yang berguna untuk bersihkan usus. Diluar itu, ada juga kandungan folat, vitamin serta mineral didalam tumbuhan berwarna hijau gelap. Walau tidak seluruhnya sayuran berwarna hijau gelap mempunyai faedah yang baik untuk kesehatan usus seperti daun selada. Itu karena tumbuhan yang satu ini memiliki kompenen paling utama berbentuk air. Butuh dicatat bahwa makin gelap warna hijau gelap pada tumbuhan itu, jadi makin banyak manfaatnya untuk badan terlebih dibagian usus. 

3. Bawang putih 
Type sayuran yang satu ini sudah banyak di teliti juga sebagai antibakteri alami. Terdapat banyak hasil riset kecil yang menyebutkan bahwa konsumsi bawang putih bisa turunkan adenoma, perkembangan non kanker didalam usus besar. Didalam bawang putih ada senyawa alami antaralain selenium, ariginin, serta ajoene. Senyawa alami itu mempunayi banyak manfaat untuk kesehatan badan yaitu untuk membuah kotoran dari pada badan serta menolong melakukan perbaikan mekanisme badan kita. Bawang putih dapat juga jadi penyembuh tanda-tanda penyakit lambung yakni diare. 

4. Biji flax seeds 
Biji flax seeds adalah biji yang datang dari bunga flax. Biji flax seeds ini dapat ditambahkan pada smoothies, sereal maupun makanan yang lain. Tumbuhan yang satu ini mmepunyai kandungan phytonutrients serta bisa tingkatkan kandungan serat pada tiap-tiap makanan yang dikonsumsi. Diluar itu, flax seeds ini dapat jadi sumber omega 3 alami yang memiliki banyak faedah untuk kesehatan. 

5. Kacang-kacangan 
Kacang-kacangan jadi type sayuran paling akhir yang berguna untuk melindungi kesehatan usus. Didalam kacang-kacangan banyak kandungan serat, antioksidan, dan protein tumbuhan lignan serta saponin. Saponin ini memiliki faedah untuk tingkatkan system kekebalan badan. Kacang merah jadi salah satu misal kacang-kacangan yang mengandung rendah lemak, kaya protein, dan sumber nutrisi yang berikan mkan bakteri baik didalam badan kita. Diluar itu, kacang type ini dapat juga disajikan juga sebagai lauk maupun menu paling utama dalam sajian makan keluarga 

Tersebut lima type sayuran yang bisa menolong dalam melindungi kesehatan usus. Terkecuali konsumsi sebagian type sayuran itu, anda juga mesti mengontrol tiap-tiap makanan yang bakal diolah oleh usus. Cobalah untuk membiasakan diri konsumsi makanan sehat di menu keseharian anda.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.