Awas 7 Tanaman Mematikan di Indonesia Jika Salah Konsumsi Selengkapnya


Di Indonesia ada banyak sekali spesies tumbuhan yang hidup beranekaragam. Karena tiap-tiap tumbuhan memiliki manfaat yang berlainan, jadi tumbuhan itu umum dikonsumsi oleh manusia untuk jadikan juga sebagai makanan maupun juga sebagai bahan obat-obatan tradisional. 

Tetapi ternyata, kita mesti waspada dalam pilih tumbuhan yang akan kita mengkonsumsi, karena diantara banyak type tumbuhan itu, ada yang mempunyai zat beracun di dalamnya. Tersebut team Boombastis rangkum tumbuhan apa sajakah yang bisa mematikan itu. 

1. Tanaman Jarak 
Tanaman jarak umum tumbuh liar di rimba, tanah kosong, maupun daerah pantai. Batangnya berupa bulat licin, berongga dan berbuku-buku. Umumnya, daunnya berwarna hijau muda pada permukaan bawah serta hijau tua pada permukaan atasnya. Buahnya sendiri berupa buat serta berkumpul pada tandannya. 

Biji Jarak, Mengandung Zat Beracun ‘Ricin’ 
Daun serta getah dari tanaman jarak umum dipakai untuk penyembuhan tradisional. Namun hati-hati, jangan sempat konsumsi biji atau buah dari pohon ini. Karena buah jarak bisa menghadirkan kematian, karena mengandung zat beracun yang bernama ‘ricin’. 

2. Singkong Karet 
Singkong memanglah makanan khas Indonesia yang sangatlah cocok bila di nikmati berbarengan kopi atau teh hangat. Namun janganlah asal-asalan pilih type singkong ya. Karena tidak semua type singkong bisa dikonsumsi. Sebagian type singkong, seperti Singkong Karet itu mengandung racun. 

Singkong Karet, Janganlah Dikonsumsi Apabila Berwarna Ungu 
Singkong karet mengandung zat cyanogenik glycoside yang akan dirubah jadi asam sianida oleh enzim linamarse waktu didalam badan. Sianida sendiri di kenal juga sebagai pembunuh yang paling popular. Tetapi racun ini dapat hilang bila dipanaskan atau dimasak dengan benar. Perhatikan juga umbi singkongnya, bila ada warna keunguan janganlah dikonsumsi. 

3. Kecubung atau Datura Metel 
Tanaman yang satu ini termasuk juga ke tanaman hias. Pada tumbuhan ini ada bunga yang berupa seperti terompet serta warna bunga itu umumnya putih atau ungu. Tanaman yang satu ini tumbuh ditempat yang mempunyai iklim panas serta hampir semua dunia berusaha untuk membudidayakannya. 

Biji Kacubung, Bisa Menyebabkan Halusinasi 
Mulai sejak abad ke-10, daun dari tanaman kecubung dipakai juga sebagai obat-obatan herbal. Namun biji kecubung tidak layak di mengkonsumsi karena mengandung zat beracun, yakni alkaloid serta halusinogen. Bila dikonsumsi dapat berlangsung mual, sesak nafas, denyut nadi jalan cepat, iritasi kulit, halusinasi dan berbuntut kematian. 

4. Gympie-Gympie 
Setelah itu ada tanaman yang bernama ‘Gympie-Gympie’. Umumnya kita bisa menemukannya di daerah Maluku. Daunnya berupa hati serta berwarna hijau, buahnya berwarna ungu serta tinggi, tanaman Gympie-Gympie ini dapat meraih 2 meter. 
Gympie-Gympie, Bila Tersentuh Badan Kita Dapat Gatal 
Hati-hati apabila bersua dengan tanaman Gympie-Gympie. Karena bila kita ada di dekatnya, kita kelak dapat bersin, gatal berbulan-bulan bahkan mimisan. Fatalnya, racun yang terdapat didalam tanaman ini dapat juga mengundang kematian. 

5. Pohon Upas 
Pohon upas telah populer akan getahnya yang sangatlah beracun. Pada zaman dulu, getah dari pohon ini umum dipakai untuk meracuni mata panah. Bila kita terserang getah itu, jadi badan dapat kejang-kejang serta pada akhirnya wafat cuma kurun waktu 2 menit saja. 
Getah Pohon Upas Dipakai untuk Meracuni Mata Panah 
Tinggi dari Pohon upas dapat meraih 60 mtr.. Terkecuali getahnya, sisi lain dari tumbuhan ini dapat digunakan. Tetapi bukanlah juga sebagai racun, tetapi untuk bahan obat-obatan tradisional. Seperti misalnya biji upas, dipakai juga sebagai anti-disentri atau radang usus. 

6. Bunga Terompet 
Sesuai sama namanya, tumbuhan ini mempunyai bunga yang bentuknya serupa seperti terompet. Bunga ini ada beragam warna seperti putih, kuning, jingga serta pink. Walau memiliki bentuk indah, walau demikian tanaman ini memiliki kandungan racun yang mematikan. 

Bunga Terompet, Di buat Teh Juga sebagai Obat Halusinogen 
Bunga terompet memiliki tingkatan toksin yang bermacam, tergantung tempat tanaman. Umumnya tanaman ini jadikan teh serta diolah juga sebagai obat halusinogen. Janganlah coba-coba untuk konsumsi tanaman ini, karena dapat mengakibatkan overdosis serta wafat. 

7. Kacang Racun 
Kacang racun bisa didapati dengan mudah di daerah Asia Tenggara termasuk juga Indonesia. Di pohon ini ada buah yang memiliki bentuk sama dengan jeruk serta mengandung zat beracun, yaitu alkaloid. Tanaman yang satu ini dapat sangatlah tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. 

Kacang Racun, Bisa Bikin Tubuh Kejang-Kejang 
Racun yang ada pada tanaman kacang racun atau Strychnine ini sangat beresiko. Bila hingga ke badan kita, walaupun dalam jumlah yang sedikit saja bisa membuat kejang-kejang disebabkan ada stimulasi simultan dari sensoris tulang belakang kita. Fatalnya, hal semacam ini bisa berbuntut pada kematian. 

Hiii, ternyata banyak juga yaa tumbuhan yang mempunyai zat beracun serta mematikan. Mungkin saja ada banyak lagi tumbuhan atau tanaman yang mempunyai zat beracun yang menyebar di seputar kita. Telah semestinya kita sangatlah berhati-hati bila bersua dengan tumbuhan yang baru pertama kali kita lihat. Janganlah coba-coba menyentuhnya apalagi mengkonsumsinya.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.