Awas Enam Makanan Ini Jangan Anda Santap di Malam Hari


Makan saat sebelum tidur yaitu resep ampuh untuk menambah berat tubuh serta tidur tidak pulas, namun tahukah Anda bahwa ada beberapa makanan yang dikonsumsi saat sebelum tidur bisa mengakibatkan kerusakan serius pada jaringan tenggorokan serta kerongkongan? 

Saat Anda rasakan sakit di ke-2 sisi itu, dapat di pastikan bahwa Anda alami rrefluks asam, dimana cairan di saluran cerna atau lambung naik kembali pada atas ke sisi dada atau tenggorokan. Ini akan mengakibatkan sensasi terbakar atau heartburn. 
Tetapi, ada pula yang dimaksud “silent reflux”, yang tidak sama dari heartburn biasanya. Penyebabnya sama namun gejalanya tidak sama. Alih-alih tunjukkan tanda-tanda masalah pencernaan, pasien malah akan alami tanda-tanda sakit tenggorokan, batuk kritis, serta kesusahan menelan. 

“Hampir 50 % orang Amerika alami “silent reflux” serta tak menyedarinya, ” tutur spesialis laring Jamie Koufman, M. D., yang sudah pelajari serta lakukan pengobatan selama seputar 30 th.. 
“Faktor paling utama yang tingkatkan resiko selama ini yaitu saat orang makan pada malam hari, ” tutur Koufman. Ia mereferensikan untuk makan malam tiga jam saat sebelum tidur malam. Tetapi, bila Anda sukses lakukan itu, berhati-hatilah hadapi godaan camilan malam. Karena mempunyai dampak merusak yang sama. Bila Anda tergoda buka kulkas atau almari makanan saat sebelum pergi tidur, jauhi 6 makanan tersebut. 

Minuman ini bakal melemaskan katup yang menghubungkan lambung serta kerongkongan. Saat ini berlangsung, badan Anda bakal kesusahan “menyimpan” makanan pada tempatnya. “Jika Anda berani konsumsi alkohol sebentar saat sebelum tidur, Anda mesti bersiap menyongsong datangnya refluks asam, ” kata Koufman. 

Soda 
“Tak ada yang lebih asam dari soda. Bahkan juga, soda sesungguhnya lebih asam dari apa pun yang ada di alam, ” tutur Koufman. Asam yang terlampau tinggi bakal mengakibatkan kerusakan katup lambung serta kerongkongan. Ditambah lagi, minuman soda yang berkarbonasi bakal bikin perut kembung. 

Cokelat 
Rasa spesifik pada cokelat memiliki kandungan tinggi lemak, inilah yang akan melemaskan katup. Diluar itu, cokelat memiliki kandungan cafein serta stimulan yang di kenal dengan theobromine. Konsumsi terlampau banyak pada malam hari dappat mengakibatkan Anda pusing serta merasa seolah melayang. 

Keju 
Ya, ini yaitu type makanan berlemak yang lain. Namun, bila Anda tidak dapat hindari keju pada malam hari, pastikan type Parmesan serta Swiss yang mempunyai efek refluks lebih rendah daripada type feta serta mozzarella. Inilah kenapa baiknya nda juga hindari makan pizza pada malam hari. 

Kacang-kacangan 
Makanan berlemak, tak tahu itu jemu maupun tak, umumnya memanglah bakal tingkatkan resiko refluks asam. Jadi, walau kacang-kacangan dalam dosis spesifik disebutkan sehat, namun baiknya jauhi makanan ini saat sebelum tidur. “Kacang mete, kenari, serta kacang macadamia yaitu yang terburuk. Sesaat pistachio serta almond resikonya lebih rendah, ” terang Koufman. 

Kopi 
Tidak cuma terkait erat dengan asam, namun kandungan cafein dalam kopi dapat juga menyebabkan asam lambung penambahan. 
Lalu, apa yang dapat dikonsumsi saat malam hari saat lapar menyerang? Koufman merekomendasikan apa pun dengan kandungan asam rendah, seperti pisang, semangkuk sereal rendah gula serta susu rendah lemak, atau teh chamomile. “Selain mempunyai efek menentramkan, teh chamomile dapat juga isi perut serta bikin Anda terasa kenyang, ” jelasnya. (*)
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.