Baca Untuk Pengetahuan Ternyata Ini Manfaat Daun Kopi Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui Baca Selengkapnya


JAKARTA, - Anda pecinta kopi, mungkin saja tidak pernah terpikir bahwa terkecuali bijinya, daun kopi dapat juga digunakan juga sebagai minuman, lho! Menariknya, daun kopi ini kaya manfaat serta dapat jadikan juga sebagai bahan alami obat tradisional. 
Ya, teh yang terbuat dari daun kopi memanglah belum banyak dikonsumsi orang-orang Indonesia. Tetapi untuk warga Eropa, teh itu dikonsumsi setiap hari karena berguna untuk kesehatan badan. Menurut riset yang dikerjakan oleh Royal Botanic Gardens di Kew, London serta Joint Research Unit for Crop Diversity, Adaptation and Development in Montpellier di Perancis menyampaikan, teh dari daun kopi bisa turunkan resiko penyakit jantung serta diabetes. 

Diduga, teh daun kopi mengandung antioksidan tinggi yang dapat melindungi ketahanan badan. Tidak cuma itu, peneliti juga menyakini bahwa teh daun kopi bisa menyembuhkan penyakit kurap, turunkan hipertensi serta memperlancar saluran pernapasan. 
Menurut Dr. Aaron Davies serta Dr. Claudine Campa, Spesialis Gizi mengungkapkan, daun teh kopi mengandung tingkat antioksidan yang bisa melawan kanker ganas dibanding dengan kita konsumsi kopi atau teh. 

“Daun ini baik untuk turunkan beragam resiko penyakit, bahkan juga neuron didalam otak terproteksi bila kita mengkonsumsinya, ” kata Dr. Aaron, seperti ditulis MedicalDaily. 
Di Indonesia sendiri, terutama di Minang, Sumatera Barat, rendaman daun kopi itu disajikan dengan ditambah telur bebek serta gula merah/gula batu. Di daerah itu minuman ini diberi nama kopi talui/kopi telur. 

Untuk bikin larutan daun kopi, sebelumnya sebagian daun kopi dipanggang di atas api hingga berwarna kecokelatan lantas daun kopi yang sudah dipanggang itu di rebus hingga mendidih dalam kuali atau panci yang terbuat dari tanah liat sampai larut. Juga di Jawa Timur, orang-orang di daerah itu banyak memakai daun kopi dengan cara merendam daun yang sudah dipanggang hingga kecokelatan ke teko yang diisi air panas, selanjutnya diminum. 
Terkecuali terasa yang nikmat serta fresh saat jadikan minuman, daun kopi juga mempunyai beragam manfaat, salah satunya : 

Menyembuhkan penyakit kurap. Campur serta tumbuk sebagian lembar daun kopi dengan semut hitam, setelah lumat digosok-gosokkan ke sisi badan yang terserang kurap. Ulangilah selalu sehari-hari hingga seputar satu minggu. 
Turunkan tekanan darah tinggi. Caranya, bersihkan serta rebus seputar 20 helai daun kopi yang masih tetap muda sampai mendidih, aduk perlahan sampai air rebusannya beralih warna jadi kemerahan. Campur dengan gula pasir atau gula batu serta minum pada saat masih tetap hangat. Dapat pula lewat cara mengonsumsi segera 10 helai daun kopi. 

Menghangatkan tubuh serta melancarkan saluran pernafasan. Caranya, campur air seduhan daun kopi dengan jahe. 
Menaikkan stamina serta vitalitas. Campur teh daun kopi dengan telur serta madu. 
Nah, apakah Anda tertarik mencobanya?
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.