Manfaat & Khasiat Daun Sirih Hijau Dan Merah Bagi Tubuh Wajib Dibaca Selengkapnya


Siapa yang tidak kenal dengan sirih? Sedari dulu nenek-nenek kita orang indonesia sangatlah berkenaan dengan budaya “nyirih”-nya. Sirih sendiri mempunyai banyak type. Ada sirih merah, hijau, serta hitam. Semasing dengan manfaat tidak sama. Sama tetapi tidak sama. Sirih sendiri telah dari lama diakui oleh beberapa leluhur kita untuk jadikan penyembuhan alternatif yang dapat untuk semua type penyakit. Ini jugalah yang membuat budaya “nyirih” tersebut untuk menguatkan gigi serta gusi yang ternyata sukses. 

Caranya yaitu dengan mencampurkan daun sirih, kapur sirih, kapulaga, pinang, serta gambir. Lalu, seluruhnya digulung pada daun sirih serta dikunyah atau digosokkan di gigi sampai warna gigi beralih. Kemudian, kumur dengan air serta dibuang. Akhirnya yaitu gigi serta gusi yang selalu bagus kondisinya. Walau sebenarnya saat zaman dulu belum ada peralatan moderen seperti saat ini. 
manfaat daun sirih hijau merah 

Ketidaksamaan mendasar dari sirih-sirih yang populer juga sebagai tanaman rambat itu yaitu warna daun yang dipunyai. Sirih merah mempunyai warna daun yang kemerahan. Sesaat sirih hijau mempunyai warna daun yang hijau fresh. Sesaat sirih hitam mempunyai warna daun yang kehitaman. Diantara ketiga type sirih itu, ada dua yang paling popular. Ke-2 yang popular itu yaitu faedah daun sirih hijau serta merah. Pada artikel ini dapat dibicarakan dua type sirih saja : sirih hijau serta sirih merah. 

- Manfaat Serta Manfaat Daun Sirih Hijau 
Daun sirih hijau mempunyai warna hijau muda jelas. Sirih hijau populer dengan nama latin Piper betle, Linn.. Sirih hijau termasuk juga dalam keluarga Piperaceae. Sirih hijau umum merambat pada tanaman lain. Walau demikian, sirih hijau dapat juga merambat di tanah. Sirih hijau kaya kandungan minyak atsiri, fenil propana, estragol, kavicol, hidroksikavicol, kavibetol, caryophyllene, allylpyrokatekol, cyneole, cadinene, tanin, diastase, pati, terpennena, seskuiterpena, serta gula. Kandungan minyak atsiri pada sirih hijau ini serta sebagian salah satunya jadikan sirih hijau juga sebagai salah satu antijamur yang baik. 

Sirih hijau mempunyai manfaat seperti berikut : 
Menyembuhkan keputihan – bentuk menyembuhkan keputihan ini berlangsung karena sirih hijau mempunyai antijamur yang dapat membunuh kuman jahat pada daerah kewanitaan. 
Menyembuhkan sakit gigi 
Menyembuhkan gusi bengkak 
Obat semprot hama 
Menyembuhkan sariawan 
Menghilangkan bau mulut tidak enak 
Menyembuhkan demam berdarah 
Memperlancar haid 
Menghilangkan bau tubuh 
Menyembuhkan eksim serta penyakit kulit 
Menghentikan mimisan 
Bersihkan mata 
Menyembuhkan diare 
Mengibati asma 
Menyembuhkan radang tenggorokan 
Menyembuhkan luka bakar 
Mengusir serangga 
Memperlambat penuaan lantaran kandungan antioksidan 
Menangani sembelit 
Kurangi peradangan 
Menangani permasalahan penafasan 
Menyembuhkan batuk 
Menyembuhkan sakit punggung 
Menyingkirkan jerawat serta sisa luka 
manfaat daun sirih hijau merah 



- Manfaat Daun Sirih Merah 
Sirih merah umum didapati di rimba yang tidak terlalu rapat ekosistemnya. Sirih merah kaya kandungan minyak terbang (betiephenol), atsiri, seskuiterpen, pati, hidroksikavikol, kavibetol, allylprokatekol, tanin, diastase, gula serta zat samak serta kavikol yang mempunyai daya mematikan kuman, aktioksidasi serta fungisida, anti jamur. baca juga Temuan Manfaat Serta Manfaat Daun Sirsak Yang Sangatlah Menguntungkan 

Sirih merah mempunyai manfaat seperti berikut : 
Menangani keputihan 
Menyembuhkan diabetes 
Menyingkirkan bau tubuh 
Menyingkirkan bau mulut 
Besar kemungkinan, ada banyak yang belum di ketahui tentang sirih merah yang daunnya berupa hati dibagian puncaknya ini. Hal ini karena masih tetap sangatlah jarangnya riset oleh beberapa pakar yang memakai sirih merah juga sebagai objek. Tidak sama dengan manfaat serta faedah daun sirih hijau sudah terjabar dengan rapi serta di ketahui pada umumnya. 

Cara Memakai Daun Sirih 
Ke-2 varietas ini mempunyai manfaat yang hampir sama. Pemrosesan yang diperlukan untuk keduanya juga sama. Tinggal kerjakan tehnik rebusan saja untuk dipakai juga sebagai obat dalam. Tehnik rebusan yang dikerjakan yaitu dengan memasukkan sebagian lembar daun sirih ke sebagian gelas air sampai jumlah air yang di rebus susut. Kemudian, air rebusan yang sudah susut itu diminum. Sesaat untuk obat luar, tehnik yang dipakai yaitu dengan mengoleskan sirih ke bagian-bagian luar yang sakit. Baik dengan cara sesudah dilumat atau dengan cara cuma ditempatkan saja. 

manfaat daun sirih 
Pemaparan diatas pasti buka wacana baru untuk kita perihal kemungkinan obat herbal yang bagus didalam manfaat daun sirih merah serta hijau. Kita tinggal melestarikannya saja. Terlebih daun sirih populer telah merambat dengan bebas di mana-mana. Saat yang diperlukan juga untuk mempersiapkan semua kepentingan pemakaian daun sirih ini sendiri juga terbilang singkat serta tidak mengonsumsi saat banyak. 

Manfaat daun sirih hijau serta merah hari ini sudah berkembang jadi salah satu obat alternatif serta herbal yang di proses komersil berbentuk botolan. Namun tetap harus, daun sirih yang sudah di proses itu mempunyai sebagian kekurangan. Kekurangan tersebut di antaranya yaitu bahwa daun sirih yang di proses terbilang mahal serta masih tetap bercampur dengan bahan kimia yang lain. Alhasil, ekstrak sirih yang dipunyai dalam tiap-tiap botolnya terbilang sedikit. 

Walau demikian, pemakaian sirih berbentuk botolan terbilang tambah baik dibanding memakai bahan kimiawi. Jadi, yakinkan kita memakai sirih secara teratur dalam bentuk apa pun. Janganlah lupa kunjungi Manfaat daun kelor.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar