Masya Allah,!! Inilah Manfaat Buah Sirsak dan Daun Sirsak untuk Kesehatan Serta Begini Cara Meracik Ramuanya.


Sirsak mempunyai nama latin Annona muricata L dan datang dari keluarga Annonaceae. Tanaman sirsak datang dari Karibia, Amerika Tengah serta Amerika Selatan. Sirsak mempunyai nama sebutan yang berlainan di tiap-tiap daerah di Indonesia. Misalnya orang Sunda menyebutnya juga sebagai Nangka Walanda, orang jawa menyebutnya Nangka Landa, sesaat orang Minang menyebutnya dengan Duriana Betawi. 

Sirsak mempunyai buah dengan rasa asam manis serta beri kesegaran. Terkecuali dikonsumsi seperti buah-buahan yang lain, buah sirsak juga seringkali dipakai juga sebagai obat tradisional, begitu dengan juga daun, biji serta akarnya. Tidak heran, lebih dari satu tahun akhir-akhir ini, buah sirsak jadi sangatlah populer, seperti buah manggis. 
Kandungan Senyawa Buah Sirsak 

Bukanlah tanpa alasan, bila buah serta daun sirsak jadikan juga sebagai bahan untuk pengobatan alternatif. Hal tersebut karena kandungan senyawa yang terdapat di dalamnya sangatlah bermanfaat untuk kesehatan. 

1. Serat 
Sirsak mengandung banyak serat untuk memfasilitasi gerakan pencernaan serta usus, serta bisa menolong mengontrol kandungan cholesterol. Diluar itu, buah ini dapat juga menolong Anda mengontrol nafsu makan serta kontrol berat tubuh. 

2. Karbohidrat 
Secangkir sirsak memiliki kandungan karbohidrat nyaris 38 gram, yang disebut sumber daya paling utama badan. Konsumsi karbohidrat harian Anda mesti meraih 45-65 % dari kalori badan, yakni 225-325 gram /hari untuk diet 2. 000 kalori. Diluar itu, type karbohidrat yang terdapat dalam buah yang tambah lebih sehat dari yang diketemukan dalam soda atau kue, dikarenakan bisa menyebabkan kenaikan gula darah. 

3. Kalium 
Sirsak adalah makanan sehat yang bisa tingkatkan konsumsi kalium untuk badan Anda. Kalium sangatlah utama untuk badan dikarenakan menolong otot-otot, tulang kontraksi, pencernaan serta mengatur tingkat tekanan darah yang sehat. 

4. Vitamin C 
Buah sirsak sangatlah kaya vitamin C. Wanita mesti penuhi konsumsi 75 mg vitamin C /hari, sedang lelaki seputar 90 mg /hari. Vitamin C bertindak utama dalam system kekebalan badan serta menolong badan melawan penyakit, termasuk juga rusaknya kulit, serta mengobati luka. Diluar itu, vitamin C juga dikira juga sebagai antioksidan yang dapat melawan rusaknya disebabkan radikal bebas. 

5. Air 
Secangkir sirsak mengandung nyaris 183 gram air. Menurut MayoClinic. com, umumnya orang butuh 8-9 gelas air sehari-hari. Buah dengan kandungan air yang tinggi, termasuk juga sirsak, bisa menolong menghindar dehidrasi. 

6. Fosfor serta Kalsium 
Mineral yang cukup menguasai yaitu fosfor serta kalsium, semasing sebesar 27 serta 14 mg per 100 gram buah sirsak. Ke-2 mineral itu utama untuk pembentukan massa tulang, hingga bermanfaat untuk membuat tulang yang kuat dan menghalangi osteoporosis. 

7. Lemak 
Buah sirsak mengandung amat sedikit lemak (0, 3 g/100 g), hingga sangatlah baik untuk kesehatan. Rasa asam pada sirsak datang dari asam organik non volatil, terlebih asam malat, asam sitrat, serta asam isositrat. 

Manfaat Daun Sirsak 

1. Mencegah Kanker 
Daun sirsak bisa tingkatkan ketahanan badan dari serangan beragam pernyakit. Daun sirsak dapat juga membunuh beberapa sel kanker lebih cepat serta aman daripada mesti melakukan kemoterapi yang mempunyai banyak efek samping serta biayanya juga sangatlah mahal. 

Untuk menyembuhkan kanker ambilah 10 lembar daun sirsak yang telah tua serta dalam keadaan yang baik. Lalu bersihkan hingga bersih dengan air. Selanjutnya rebus dengan tiga gelas air, serta biarlah mendidih hingga cuma tersisi satu gelas. Biarlah air rebusan dingin serta minum 2 x satu hari sepanjang satu minggu. Apabila memliki resiko yang baik, jadi Anda bisa meneruskan meminum air rebusan itu. 

2. Mengobati Asam Urat 
Daun sirsak dapat juga dipakai juga sebagai obat asam urat. Banyak penyembuhan alternatif yang memakai daun sirsak untuk pengobatan asam urat.  

Caranya sangatlah mudah yakni dengan daun sirsak yang telah cukup tua namun masih tetap hijau, kira-kira 6 hingga 10 lembar lalu bersihkan bersih. Setelah itu daun sirsak dipotong-potong dengan maksud meyakinkan kandungan pada daun benar benar keluar. Rebus daun itu dengan dua gelas air, biarlah mendidih sampai air tersisah satu gelas. Minum ramuan itu satu hari 2 x yakni pagi serta malam hari. 

3. Menghilangkan Bisul 
Bisul yaitu salah satu masalah kulit sebagai momok terkecuali nyeri, ternyata bisul nampak tidak kenal tempat. Dapat di badan dapat pula diwajah, nah yang paling merepotkan apabila timbulnya di muka dikarenakan dapat mengganggu kecantikan. 

Langkahnya, ambillah lima hingga 10 lembar daun sirsak yang masih tetap muda lantas tempelkan di tempat yang terserang bisul sampai bisul jadi kering. 

4. Menyembuhkan Eksim serta Rematik 
Tumbuk daun sirsak hingga halus serta tempelkan dibagian badan yang di rasa ngilu atau sakit dikarenakan rematik atau eksim dengan teratur 1 hari 2 x. 

5. Tingkatkan System Kekebalan Badan 
Kandungan yang ada pada daun sirsak diakui dapat tingkatkan system kekebalan badan serta menghindar terjadinya infeksi pada badan. 

Caranya, siapkan 4/5 lembar daun sirsak, rebus dengan 4 gelas air biarlah mendidih sampai tersisa 1 gelas. Minumlah 1 kali satu hari. 

6. Mengobati Sakit Pinggang 
Rebusan daun sirsak ternyata berguna juga untuk menyembuhkan sakit pinggang. Caranya, ambillah 20 Lembar daun sirsak lalu di rebus dengan memakai 5 gelas air sampai tinggal 3 gelas dan minum 1 kali sehar 3/4 gelas. 

7. Menghilangkan Kutu 
Saat ini kita berpindah pada daunnya, Ladies. Daun sirsak bila di rebus ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengusir kutu lho, baik kutu rambut atau kutu ditempat tidur.

Manfaat Buah Sirsak 

1. Mengobati Diare Pada Bayi 
Kandungan didalam buah sirsak bermanfaat untuk menyembuhkan diare atau mencret pada bayi. Siapkan buah sirsak yang telah masak, lalu peras serta disaring untuk di ambil airnya. Minumkan pada bayi yang diare sejumlah 2-3 sendok makan. 

2. Mengatasi Ambeien 
Penyakit paling menyebalkan yang pernah ada. Seringkali dihadapi oleh wanita, entah mengapa penyebab namun yang pasti saat ini tidak usah kuatir lagi karena cara mengatasinya cukup mudah. 

Caranya, peras buah sirsak yang telah masak selanjutnya ambillah airnya sejumlah satu gelas, lalu minum airnya 2 x satu hari, pagi serta sore. 

3. Anyang-anyangan 
Sirsak 1/2 masak serta gula pasir seperlunya. Sirsak dikupas serta di rebus dengan gula berbarengan dengan air sejumlah 2 gelas, disaring serta diminum. 

4. Sakit Kandung Kemih 
Buah sirsak 1/2 masak, gula serta garam seperlunya. Seluruhnya bahan itu dimasak di buat kolak. Dikonsumsi umum, serta dikerjakan dengan cara teratur sehari-hari sepanjang 1 minggu berturut-turut. 

5. Penyakit Liver 
Puasa makanan lain, cuma minum jus sirsak sepanjang 1 minggu. 

Manfaat Sirsak Lainnya 
Tahukah Anda, bahwa bukan sekedar daging, biji buah sirsak juga bermanfaat untuk melindungi kesehatan Anda? Biji sirsak ternyata mengandung zat emesis yang bisa dipakai untuk kurangi mual serta muntah. 

Juice buah sirsak bila dikonsumsi saat Anda berpuasa bisa mengobati penyakit hati enteng serta lepra. 

Rebusan dari tunas atau daun sirsak bisa mengobati sebagian penyakit seperti masalah kandung kemih serta empedu, batuk, diare, demam serta masalah pencernaan. 

Daunnya bila ditumbuk bisa dipakai untuk mengatasi permasalahan kulit serta reumatik. 
Kulit akar pohon sirsak dipercaya dapat jadikan penawar racun. 
Saat ini berpindah pada bunganya, bunga pohon sirsak ternyata bisa mengobati masalah pada hidung yang menyebabkan timbulnya lendir. 

Rebusan daunnya ternyata juga mempunyai manfaat untuk memudahkan peradangan serta kaki bengkak. 

Oke, itu dia bermacam manfaat dari buah serta daun sirsak untuk kesehatan. Bahkan juga saat ini juice buah sirsak telah dikemas dalam botol serta di jual di apotek-apotek di semua Indonesia.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.