Sakit Leher Alodokter- Ketahui Begini Cara mengobati dan mencegah Serta Penyebabnya,!? Ketahui Selengkapnya Disini.


Sakit leher yaitu permasalahan umum yang sering kita alami serta umumnya akan membaik dalam sekian hari. Keadaan ini jarang sekali jadi tanda-tanda keadaan yang lebih serius serta biasanya bukanlah hal yang butuh diwaspadai.  

Sakit Leher-Alodokter 

Sakit leher dapat muncul dari mulai segi bawah kepala sampai segi atas bahu Anda serta dapat menyebar sampai ke lengan dan punggung sisi atas. Akibat dari keadaan ini, gerakan leher serta kepala jadi terbatas serta kesibukan sehari-hari dapat jadi susah dikerjakan. Ada cara-cara yang dapat Anda kerjakan sendiri untuk menangani sakit leher, yakni : 

Minum obat pereda rasa sakit. Untuk meredakan rasa sakit yang nampak disebabkan sakit leher, Anda dapat konsumsi obat tablet parasetamol atau ibuprofen, atau dapat pula memadukan keduanya. Selain berbentuk tablet, ibuprofen dalam bentuk gel bisa dioles-oleskan di bagian leher yang alami rasa sakit. 

Gunakan bantal keras serta rendah. Usahakan untuk memposisikan leher dalam postur yang alami. Menggunakan bantal yang rendah serta keras dapat menolong memperoleh posisi itu. Bantal yang terlalu tinggi dapat bikin leher terasa sakit karena posisi leher terlalu membungkuk. 

Kerjakan latihan spesial untuk leher. Latihan ini bertujuan tingkatkan jangkauan gerakan yang dapat dikerjakan leher serta menguatkan otot leher keseluruhannya. Gerakan yang dapat dikerjakan yaitu dengan mencondongkan kepala ke atas serta ke bawah, atau memiringkannya ke kanan serta kiri untuk menolong merenggangkan otot leher serta menangani leher yang kaku. 

Mengompres leher dengan air hangat. Anda dapat memakai botol diisi air hangat atau alat kompres lain untuk meredakan kram otot serta rasa sakit di bagian leher. Air dingin dapat pula dipakai untuk mengompres, tergantung kenyamanan yang dihasilkan pada badan Anda. 

Jauhi kesibukan yang dibutuhkan banyak gerakan leher. Kesibukan seperti mengemudi serta berkendara motor dapat terganggu saat Anda alami sakit leher. Untuk sesaat saat, dianjurkan tidak untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan banyak gerakan kepala serta leher. 

Memerhatikan postur leher. Posisi serta postur leher dalam beraktivitas mesti di perhatikan. Posisi serta postur yang salah dapat jadi parah sakit yang dihadapi atau bahkan juga postur salah inilah sebagai pemicunya mulai sejak awal. 
Keadaan yang Mengakibatkan Sakit Leher 

Banyak hal yang dapat mengakibatkan terjadinya sakit leher, umpamanya posisi tidur yang salah, bekerja dengan computer atau laptop dalam waktu yang lama, otot yang terkilir, serta postur leher yang salah disebabkan terus-terusan menunduk atau menengadah. Kemelut pada otot leher disebabkan kecemasan serta stres dapat juga menyebabkan sakit leher. Di bawah ini sebagian keadaan yang dapat menyebabkan timbulnya sakit leher : 

Leher kaku. 
Yakni keadaan saat leher merasa kaku pada satu posisi sesudah terbangun dari tidur serta sakit waktu mencoba merubah posisi. Keadaan ini di kenal dengan arti tortikolis akut yang berjalan karena otot leher alami cedera. Penyebab tortikolis akut sampai saat ini belum di ketahui, namun aspek pemicunya dapat karena tidur tanpa ada penopang leher atau membawa tas atau beban berat di salah satu segi lengan. Keadaan ini umumnya bertahan pada satu sampai dua hari, namun terkadang dapat berjalan sepanjang 1 minggu. 
Saraf terjepit. 

Keadaan ini lebuh umum berlangsung pada orangtua saat diskus atau celah antar tulang mulai kehilangan kandungan air pada usia lanjut. Mengakibatkan diskus diantara tulang belakang jadi tidak lentur seperti sebelumnya. Sakit leher yang dikarenakan oleh saraf terjepit lebih di kenal dengan nama spondilosis servikal. 

Keadaan ini dikarenakan oleh salah satu diskus diantara tulang robek atau berubah sampai saraf yang ada di dekatnya ikut terganggu. Obat pembasmi rasa sakit dapat diberikan untuk meredakan gejalanya, namun pada sebagian orang dianjurkan melakukan operasi. 

Cedera 
Sakit pada leher dapat disebabkan karena cedera yang berlangsung dikarenakan kecelakaan mobil atau motor, terjatuh dari ketinggian, terpeleset, pukulan segera ke arah muka, kepala sisi belakang serta atas, atau cedera yang berlangsung disebabkan berolahraga. Cedera inilah yang mengakibatkan terjadinya whiplash. Whiplash yaitu arti yang dipakai untuk memaparkan cedera leher karena hentakan kepala mendadak ke satu arah). 
Efek dari whiplash sendiri yaitu sakit leher, leher kaku, sakit kepala, serta gerakan leher menyusut. 

Keadaan medis lain 
Dibawah ini yaitu kondisi-kondisi medis yang dapat mengakibatkan sakit leher : 
Penyempitan jalur saraf tulang belakang. 
Meningitis. Yakni infeksi pada meninges atau selaput pelindung yang menyelimuti otak serta saraf tulang belakang. 

Flu. Kondisi yang dapat membuat semua badan terasa sakit, termasuk juga sisi leher. 
Rheumatoid arthritis. Keadaan saat terjadi peradangan kritis pada persendian yang mengakibatkan rasa sakit, pembengkakan, serta rasa kaku. 

Fibromialgia. Keadaan yang mengakibatkan penyebaran rasa sakit pada otot serta jaringan lunak. 
Kanker serta HIV. Ke-2 keadaan ini dapat beresiko pada melemahnya system kekebalan badan. 

Diagnosis Sakit Leher 
Di bawah ini sebagian keadaan yang butuh Anda cermati serta dianjurkan untuk selekasnya menjumpai dokter untuk memeriksakannya : 

Bila rasa sakit yang dirasa tidak dapat dikendalikan dengan obat pembasmi rasa sakit umum. 
Leher yang sakit atau kaku tidak tambah baik sesudah sekian hari. 
Bila Anda mencurigai sakit leher yang dirasa disebabkan oleh keadaan yang lebih serius. 

Dokter dapat melakukan kontrol fisik pada leher Anda, seperti sisi yang kebal, otot yang lemah, serta sisi yang merasa sakit waktu disentuh. Dokter akan meminta Anda menggerakkan kepala untuk tahu sisi leher yang merasa sakit. Diluar itu, dokter akan bertanya sebagian pertanyaan untuk mengetahui penyebab dasar yang menyebabkan timbulnya sakit leher. 

Dokter dapat memberi resep obat pembasmi rasa sakit yang lebih kuat untuk menangani keadaan yang lebih serius. Bila sakit leher bertahan kian lebih sebulan atau tanda-tanda yang berlangsung cukup kronis, Anda bakal dirujuk menjumpai dokter spesialis untuk penanganan selanjutnya. Di bawah ini sebagian tes yang mungkin saja dikerjakan untuk tahu pemicu sakit leher yang Anda rasakan. 

Tes pencitraan. X-ray, CT scan, serta MRI akan dikerjakan untuk mengetahui deskripsi yang pasti tentang apa yang mungkin saja mengakibatkan sakit leher yang terkena. 
Tes saraf. Prosedur ini akan dikerjakan bila dokter mencurigai sakit leher Anda disebabkan oleh ada saraf yang terjepit. Dokter akan merekomendasikan Anda melakukan tes elektromiografi atau EMG untuk tahu apakah saraf berperan normal. 

Tes darah. Bila sakit leher yang Anda derita disangka dikarenakan oleh inflamasi atau infeksi, tes darah dapat dikerjakan untuk membuktikannya. 
Tes pungsi lumbal. Sampel dari cairan serebrospinal di ambil dari basic tulang belakang serta di check apakah ada bakteri atau virus. Tes ini dikerjakan untuk meyakinkan apakah Anda menderita meningitis.

Pengobatan Sakit Leher 
Sakit leher umumnya dapat pulih kembali dengan melakukan perlakuan sendiri seperti yang sudah diterangkan diatas. Namun bila sakit leher yang terkena berkelanjutan serta cukup kronis, jadi tehnik penyembuhan lain akan dianjurkan oleh dokter. 

Obat-obatan. Obat pembasmi rasa sakit yang lebih kuat akan didapatkan dari dokter bila rasa sakit yang Anda rasakan cukup serius. Misalnya codeine yang dapat digabungkan dengan obat pembasmi rasa sakit yang di jual bebas di apotek. 
Therapy. Untuk menolong dalam latihan serta pemanasan leher, Anda dapat menjumpai terapis fisik. 

Mereka akan menolong Anda dalam melakukan latihan serta pemanasan spesial untuk leher, sampai pada akhirnya Anda dapat mengerjakannya sendiri. Maksud therapy fisik ini yaitu kembalikan manfaat otot, memaksimalisasi postur atau posisi yang benar, serta tingkatkan kekuatan dan stamina otot-otot pada leher Anda. 

Suntikan steroid. Bila rasa sakit yang diakibatkan cukup kronis, dokter akan menyuntikkan obat kortikosteroid untuk meredakan rasa sakit yang nampak. 
Operasi. Prosedur ini tidak sering sekali dikerjakan dalam menangani sakit leher, namun butuh dikerjakan bila berlangsung tekanan pada saraf tulang belakang. 

Pencegahan Sakit Leher 
Di bawah ini banyak hal yang dapat dikerjakan untuk menolong menghindar timbulnya sakit leher : 

Kerjakan istirahat dengan teratur dari aktivitas yang memaksa leher Anda ada di posisi yang sama untuk saat lama. 

Carilah posisi serta postur yang baik waktu duduk, berdiri, ataupun saat tidur. 
Jauhi menggunakan matras atau kasur yang terlalu lunak untuk hindari posisi leher yang bengkok saat tidur. 

Gunakan bantal seperlunya supaya kepala sejajar dengan badan Anda. 
Cocokkan tinggi meja, kursi, serta computer agar monitor monitor sejajar dengan mata. Baiknya lutut sedikit lebih rendah dari pinggul waktu duduk. Diluar itu gunakan sandaran tangan di kursi Anda. 

Kerjakan peregangan dengan teratur bila Anda kerap bekerja dalam posisi duduk, umpamanya dengan menggerakkan bahu naik-turun. Anda dapat juga menggerakkan kepala ke samping, menunduk, serta menengadahkan kepala. 
Jauhi menjepit telephone di antara telinga serta bahu waktu terima panggilan bila Anda sering menggunakan telephone waktu bekerja. 

Jauhi posisi tidur tengkurap dikarenakan akan memberi desakan yang kuat pada leher Anda. Gunakan bantal yang menyokong lekukan leher sesuai sama bentuk alami.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.