Wajib Diketahui Ya Ternyata Ini Cara Perawatan Tubuh Murah Meriah dengan Jeruk Nipis


Siapa yang tidak mengetahui jeruk nipis, buah yang terasa masam serta sedikit dingin berwarna hijau dengan ukuran sebesar bola pingpong. Dalam bhs latin, jeruk nipis di kenal dengan nama Citrus Aurantifolia. 

meskipun jeruk nipis merasa masam tetapi kaya akan manfaat. Dengan cara pribadi, saya telah rasakan sendiri manfaatnya. Mulai rambut, kulit sampai muka. Semula memakai jeruk nipis juga sebagai bahan basic perawatan badan, saya kenali semasa tinggal di Solo. 

Tinggal serumah dengan Nenek yang asli jawa, tentu otomatis bikin saya jadi mengetahui ramuan-ramuan tradisional. Nenek saya termasuk juga sosok yang sangatlah yakin sekali pada resep tradisional. Bila cuma masalah masuk angin, batuk, flu, sakit kepala, bau tubuh, jerawat, ketombe, beliau lebih yakin pada manfaat jeruk nipis dari pada obat-obatan moderen. 

Bahkan juga semasa saya sekolah, 2 x dalam satu minggu, Nenek mengharuskan (bahkan juga sering memaksa) saya menggunakan lulur, yang terbuat dari kombinasi susu bubuk putih, jeruk nipis dan madu. Sungguh merasa berat serta menyiksa, lantaran saat rekan sebaya repot bermain, saya mesti tidur terlentang sepanjang lebih kurang 2 jam, lakukan ritual lulur serta perawatan rambut dengan basic jeruk nipis. Untuk argumen supaya kulit tampak bersih bersinar dan rambut bercahaya dan bebas ketombe. 

Seiring berjalannya waktu, serta makin saya melek tehnologi, saya juga mencari tahu, kenapa Nenek saya demikian yakin pada manfaat jeruk nipis dalam soal perawatan badan wanita, termasuk juga meyakini bahwa memakai lulur jeruk nipis serta susu bubuk putih dapat bikin kulit tampak cerah serta bersih. Dari penelusuran di internet, pada akhirnya saya temukan banyak hal utama yang terdapat dalam jeruk nipis, lantaran ternyata diantara 1300 type jeruk, cuma jeruk nipis yang paling banyak manfaatnya. Karenanya, jeruk nipis senantiasa jadikan bahan basic ramuan kecantikan tradisional Indonesia. 

Pada umumnya buah jeruk kaya vitamin serta mineral yang baik untuk kesehatan badan. Dalam kandungan 100 g jeruk nipis, ada kalori 51 kal, protein 0. 9 g, karbonhidrat 11. 4 g, mineral 0. 5 g, kalsium 33 mg, besi 0. 4 mg serta asam askorbat 49 mg. 

Diluar itu, jeruk nipis juga memiliki kandungan asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak astiri (sitral, limonene, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid) dammar, glikosida, asam sitrun, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang, vitamin B1 serta vitamin C. Rasa masam yang terdapat dalam jeruk nipis, nyatanya dapat menolong bersihkan nikotin yang ada pada gigi beberapa perokok. Serta di Indonesia sendiri, jeruk nipis kerap digunakan juga sebagai obat tradisional beragam jenis penyakit seperti disentri, sembelit, ambeien, haid tidak teratur, difteri, jerawat, vertigo (kepala pusing), nada serak, batuk, bau tubuh, menaikkan nafsu makan, menghindar rambut rontok serta ketombe, obat peluruh lemak, kencing merasa sakit, mimisan serta radang hidung. 

Diluar itu, asam sitrat yang terdapat dalam jeruk nipis efisien menghindar munculnya batu ginjal, hal semacam ini sangatlah utama lantaran banyak pasien batu ginjal yang mempunyai kandungan sitrat yang rendah. Kembali ke manfaat jeruk nipis, kandungan vitamin C yang tinggi sangatlah efisien bikin kulit jadi putih, halus serta kencang. 

Seperti di ketahui bahwa kandungan vitamin C sangatlah bermanfaat juga sebagai antioksidan. Vitamin C yang mempunyai ikatan L dalam tiap-tiap molekulnya bagus untuk membuat cerah warna kulit. Terlebih apabila di aplikasi kan dengan susu. Saya mau sharing panduan, bikin lulur warisan Nenek saya, yang bahan dasarnya berbentuk susu bubuk serta perasan jeruk nipis. 

1. Siapkan 3 sendok makan susuk bubuk putih, merk apa pun, tuangkan dalam mangkuk. 

2. Siapkan 2-3 butir buah jeruk nipis ukuran tengah, potong serta peras airnya, campur pada susu bubuk. 

3. Diamkan lebih kurang 2-3 jam. Sistem ini bakal bikin susu beralih bentuk jadi pekat. Nah inilah yang digunakan untuk lulur. 

4. Saat sebelum lulur, dapat pula diterapkan dengan minyak zaitun atau minyak cendana. Sesudah badan di beri minyak zaitun/cendana, berikan lulur dengan cara rata, lalu tunggulah sampai 30 menit, gosok-gosok dengan cara perlahan-lahan dengan di beri sedikit air. 

5. Kemudian basuh, memakai sabun. Hal semacam ini bila teratur dikerjakan, pasti bakal bikin kulit jadi bersih serta halus. Serta saya telah membuktikannya sendiri. Bahkan juga tanpa ada menggunakan lotion juga, kulit terus terbangun kelembabannya. Di samping perawatan kulit, saya juga memakai perasan jeruk nipis dalam menjaga rambut serta kulit kepala. 

Langkahnya, saat sebelum keramas umumnya saya memoleskan air perasan jeruk nipis pada kulit kepala serta helai rambut. Hal semacam ini dapat mengusir ketombe dan melindungi kemilau warna rambut supaya terus bersinar. Untuk perawatan kulit muka, saya memiliki kebiasaan tiap-tiap 2 hari sekali, memoleskan perasan jeruk nipis di wajah, agar terlepas dari jerawat. 

Lantaran jeruk nipis dapat menolong memperkecil serta merapatkan pori-pori muka yang besar dan menghaluskan serta membuat cerah kulit muka. Namun untuk kulit sensitive, tambah baik apabila di lebih dengan sedikit madu, lantaran sifatnya yang asam, dapat menyebabkan iritasi. 

Disamping juga sebagai bahan basic perawatan badan, dalam beragam macam masakan, air perasan jeruk nipis dipakai juga sebagai penyedap masakan, minuman, penyegar, bahan pembuat asam sitrat, dan bersihkan karat pada logam serta kulit yang kotor. Dapat pula juga sebagai kombinasi jamu. 

Cantik tidak terus-terusan pada tampilan fisik semata, apabila kulit serta muka cerah, jadi tanpa ada diakui aura kecantikan bakal terpancar dengan sendirinya. Semoga bermanfaat. Salam hangat.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.