Yang Belum Tahu Wajib Tahu Ya..!! Ternyata Daun Mangkokan Banyak Manfaat Lho Baca Selengkapnya


Daun mangkokan atau Nothopanax scutellarium mempunyai bentuk daun yang bulat cekung. Lantaran inilah beberapa orang menyebutnya juga sebagai daun mangkokan. 

Di Indonesia daun ini mempunyai banyak sebutan, yakni : mamanukan (Sunda), godong mangkokan (Jawa), puring (Madura), Nusa Tenggara : lanido, ndalido, ranido, ndari (Roti), Sulawesi : daun mangkuk (Menado), mangko-mangko (Makasar), Maluku : ai lohoi, ai laun niwel, daun koin, d. papeda (Ambon), goma matari, sawoko (Halm.), rau paroro (Tern.), lanido (Roti). 

Banyak dari kita cuma menganggapnya juga sebagai tanaman hias yang tidak mempunyai manfaat. Tetapi, nyatanya batang serta daun mangkokan memiliki kandungan kalsium-oksalat, peroksidase, amygdalin, fosfor, besi, lemak, protein, vitamin A, vitamin B1 serta vitamin C. Daun mangkokan ini bisa digunakan untuk empat penyakit tersebut : 

 Menyuburkan Rambut 
Langkahnya : sebagian daun mangkokan yang telah tua namun masih tetap fresh dicuci. Lalu haluskan serta campur dengan minyak kelapa sampai rata. Lantas saring serta peras. Berikan ke kulit kepala sembari dipijat serta biarlah sampai jadi kering, kemudian bersihkan bersih. Kerjakan hal itu dengan cara teratur untuk menyuburkan rambut Anda. 

 Mengobati Luka 
Langkahnya : Haluskan daun mangkokan yang masih tetap fresh, berikan pada luka serta balut supaya meresap. Kerjakan sampai luka sembuh. 

 Mengobati Radang Payudara 
Langkahnya : sebagian daun mangkokan tua yang masih tetap fresh, bersihkan bersih diremas-remas. Campur dengan minyak kelapa serta kunyit yang telah diparut. Panaskan dengan api hingga hangat-hangat kuku. Lantas berikan di bagian payudara yang bengkak. Kerjakan hal semacam itu dengan cara teratur sampai sembuh. 

Memperlancar Buang Air Kecil 
Langkahnya : rendam daun mangkokan dengan air panas. Diamkan sebentar sampai hangat lalu kompreskan pada perut sisi bawah. 

Sekian sebagian manfaat daun mangkokan untuk perawatan serta penyembuhan. Lantaran, semua suatu hal yang Tuhan buat didunia ini yang pasti mempunyai manfaat. Tetapi, pengetahuan manusia terbatas. Selamat mencoba serta mudah-mudahan bermanfaat.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.