HATI-HATI DENGAN KESEHATAN KITA,!SEBELUM TERLAMBAT AYO KITA SAMA SAMA CARI TAHU, INI CIRI-CIRI PENYAKIT TBC, YANG HARUS PERLU KITA KETAHUI


Juga sebagai orang-orang Indonesia, pengetahuan tentang tanda-tanda penyakit TBC adalah satu hal yang utama. Kenapa utama? Karena angka penyakit TBC di Indonesia terbilang sangatlah tinggi dibanding negara-negara yang lain. Penyakit TBC ini bisa menyerang siapapun dengan tidak mengetahui umur, status sosial, status ekonomi serta type kelamin. Bahayanya, penyakit TBC mempunyai efek yang tidak main-main yakni bisa mengambil nyawa seorang. 

TBC adalah penyakit yang dikarenakan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini adalah satu diantara penyakit paling tua didunia. Bahkan juga peneliti berspekulasi bahwa Raja Firaun Tuthankamun wafat karena terkena penyakit ini. Satu hal utama yang perlu di ketahui adalah penyakit TBC adalah penyakit yang bisa disembuhkan. Tetapi 5000 orang di semua dunia mati sehari-hari karena TBC. Hal semacam ini terjadi karena penyembuhan tidak dikerjakan dengan cepat. 

Ciri-Ciri Penyakit TBC yang Mesti Anda Ketahui 

Mengingat cukup berbahayanya penyakit ini apabila tak diobati jadi pengetahuan tentang tanda-tanda penyakit TBC sebaiknya di ketahui oleh orang-orang pemula. Mengobati penyakit di step awal tambah lebih mudah dibanding step yang telah selanjutnya. 

Demam terlebih saat malam hari adalah satu diantara tanda-tanda penyakit TBC yang nampak dimuka perjalanan penyakit. Umumnya saat pagi sampai sore hari tubuh merasa bugar, tetapi anehnya mendekati malam tubuh akan merasa lemah diikuti oleh demam. Suhu badan waktu demam umumnya tidak terlalu tinggi. Demam saat malam hari ini bisa berjalan lama yakni lebih dari 3 minggu walau telah diobati memakai obat penurun demam. 

Keringat malam yang ikuti penurunan suhu badan setelah demam juga khas sekali juga sebagai tanda-tanda penyakit TBC. Walau suhu saat malam hari atau waktu subuh telah dingin, tetapi tubuh akan keluarkan banyak keringat. Jadi umumnya keringat yang dihasilkan semakin banyak dibanding keringat pada siang hari. Bahkan juga keringat ini bisa membuat pakaian jadi basah sampai pasien sering bertukar pakaian saat malam hari. Keringat malam ini bisa diikuti menggigil, walau tidak berlangsung pada kebanyakan orang. 

Penurunan berat tubuh serta nafsu makan adalah tanda-tanda penyakit TBC yang ketiga. Penurunan berat tubuh bisa berlangsung bahkan juga saat pasien terasa bahwa nafsu makannya baik-baik saja. Terkecuali karena kurangnya makanan yang masuk, turunnya berat tubuh dikarenakan oleh lantaran zat yang dikeluarkan oleh kuman yang bisa bikin badan Anda menggunakan banyak daya hingga dikerjakan pemecahan cadangan makanan pada badan. Karena penyakit TBC adalah satu penyakit yang sistem perjalanan penyakitnya lama, terkadang pasien dan keluarganya tak mengerti bahwa badannya yang kurus adalah hasil karya kuman TBC. Infeksi kuman TBC juga mempbuat seorang kehilangan nafsu makannya hingga Ia jadi membatasi jumlah serta frekuensi makannya. 

Rasa capek serta tdk enak tubuh yang kerap dirasa walau tak melakukan aktivitas fisik yang berat juga adalah tanda-tanda penyakit TBC meski kurang khusus. Umumnya pasien akan terasa letih berlebihan dan tidak semangat walau ia belum banyak menggunakan tenaganya pada hari itu. Pasien dapat juga terasa badannya pegal-pegal serta sering sakit kepala. 

Memucatnya warna kulit adalah tanda-tanda penyakit TBC yang berlangsung apabila Anda kekurangan sel darah merah. Penyakit TBC yang terlah jalan lama bisa serta umumnya akan mengakibatkan situasi kurangnya sel darah merah atau umum dimaksud anemia. Kekurangan sel darah merah bisa membuat warna kulit terlebih di anggota gerak jadi lebih pucat. 

Batuk-batuk adalah tanda-tanda penyakit paru yang sering didapati. Tetapi pada penyakit TBC, batuk yang diakibatkan umumnya jalan lambat. Tujuannya adalah, awalannya batuk tak diikuti oleh pembentukan dahak dengan kata lain batuk kering saja ; bersamaan berjalannya saat, batuk jadi berdahak bahkan juga dahaknya kental, warna kuning hijau serta agak berbau. Apabila tak diobati, dahak bisa bercampur dengan sedikit darah. Lebih parahnya lagi, lama kelamaan batuk tidak akan mengandung dahak tetapi cuma keluarkan darah murni. Umumnya tanda-tanda ini berjalan kian lebih 3 minggu. 

Nyeri dada bisa berlangsung apabila penyakit TBC telah melibatkan satu susunan pembungkus paru yang dimaksud dengan pleura. Tanda-tanda penyakit TBC ini tunjukkan bahwa kuman TBC bukanlah lagi cuma menginfeksi satu organ badan (paru-paru) tetapi telah menebar ke organ yang lain. Nyeri terlebih dirasa pas waktu mengambil serta mengembuskan nafas. 

Sesak nafas adalah tanda-tanda penyakit TBC yang telah lanjut serta tidak diobati. Tidak sama dengan tanda-tanda penyakit paru yang lain, pasien penyakit TBC yang baru berlangsung umumnya tidak akan keluarkan keluhan sesak nafas. 

Tonjolan atau pembesaran kelenjar getah bening di leher bisa berlangsung di penyakit TBC. Sesungguhnya, kuman TBC bukan sekedar menyerang paru, tetapi bisa menyerang semua organ badan. Paru adalah organ favorite kuman TBC nomer 1 serta organ nomer 2 sebagai favoritnya adalah kelenjar getah bening yang ada di seputar leher. Tonjolan bisa melibatkan 1 kelenjar atau lebih serta umumnya tak nyeri saat ditekan. Penyakit TBC paru bisa serta kerapkali melibatkan kelenjar getah bening ini hingga pantas diwaspadai. 

Kontrol laboratorium darah bisa menolong beberapa pakar tenaga medis untuk menegakkan diagnosis penyakit TBC. Hasil uji darah Anda bisa jadi tanda-tanda penyakit TBC. Banyak hal yang khas pada hasil uji darah pasien TBC adalah kurangnya jumlah sel darah merah (dipandang di Hb, Ht serta jumlah eritrosit), menambahnya sel darah putih (leukosit) walau tidak pasti berlangsung pada kebanyakan orang, serta nilai trombosit yang sedikit bertambah. 

Kontrol rontgen thoraks atau dada yaitu satu diantara kontrol yang sangatlah mendukung diagnosis penyakit TBC. Pada photo roentgen dada bisa diketemukan ada lesi atau bercak berwarna putih di paru. Untuk lebih yang pasti, tanyakan photo roentgen Anda ke dokter. 

Kontrol dahak adalah hal yang bisa menegakkan penyakit TBC paru. Apabila dahak Anda sudah di check di laboratorium serta diketemukan kuman TBC jadi Anda 100% bisa di pastikan terserang TBC. Untuk melakukan kontrol dahak, tanyakan dahulu keadaan ttubuh serta tanda-tanda Anda ke dokter supaya dokter bisa menolong mengarahkan diagnosis penyakit Anda. 

Didiagnosis menderita penyakit TBC tidaklah satu vonis mati. Janganlah juga berasumsi bahwa penyakit TBC adalah satu penyakit aib bgai Anda atau keluarga. Ingatlah bahwa penyakit ini bisa diobati dengan angka kesuksesan yang cukup tinggi seandainya Anda senantiasa disiplin meminum obat serta periksa ke dokter. Dengan mengetahui beberapa tanda penyakit TBC yang sering berlangsung, penulis mengharapkan Anda senantiasa siaga apabila Anda atau kerabat Anda tunjukkan gejala-gejala seperti diatas. Janganlah sangsi untuk berobat ke dokter agar bisa mengambil langkah rasional selanjutnya.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.