Cara Alami Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Kulit wajah tampak berminyak bagi sebagian orang menjadi masalah tersendiri. Setelah beraktivitas seharian sering membuat wajah berminyak. Terlebih bagi wanita, minyak pada wajah sangat merusak penampilan. Cuaca panas menyebabkan keringat berlebih, wajah kotor. Kecantikan wajah dapat memudar lantaran minyak berlebih pada wajah. Begitu pula jerawat, mudah dipicu oleh kondisi kulit berminyak. Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi kulit berminyak.


Setelah membahas Ramuan Alami Untuk Memutihkan Kulit Wajah, Artikel kali ini mengungkap Tips untuk mengatasi Kulit Berminyak:






 Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Secara Alami


 1. Ramuan Alami untuk Kulit Wajah Berminyak menggunakan Mentimun


 Anda dapat membuat sendiri masker wajah dengan mentimun. Mudah didapat di pasar, toko buah, atau dimana pun. Untuk membuatnya, yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut.


 Belah Mentimun menjadi 4 bagian. Cacah bagian dalam mentimun, lalu gosokkan pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya. Biarkan selama 15 menit. Basuh wajah menggunakan air hangat, lalu usap dengan handuk. Selanjutnya, terapkan pelembab ke wajah.


 2. Ramuan Alami Menggunakan Seledri


 Rajang seledri , lalu rebus selama 15-20 menit. Pisahkan seledri dari air. Oleskan air tersebut ke wajah, dalam keadaan dingin. Biarkan meresap hingga kering sendiri. Selanjutnya, basuh wajah hingga bersih. Lakukan setiap 2 hari secara rutin.


 3. Menggunakan Bengkoang (Jicama) sebagai masker wajah


 Haluskan Bengkoang dan Kentang secara terpisah. Jadikan bahan tersebut sebagai masker wajah anda. Cuci dulu sebelum digunakan. Terapkan pada wajah anda menjelang tidur malam agar terserap lebih lama. Ramuan alami di atas dapat melenyapkan minyak pada wajah, dan mengecilkan pori-pori wajah.


 4. Rajin Mencuci Wajah


 Untuk mengatasi wajah berminyak, anda perlu menggunakan sabun khusus untuk kulit berminyak. Rajinlah melakukan cuci muka menggunakan sabun tersebut.





 5. Kertas Tisu bagi Wajah


 Saat wajah anda berminyak, gunakan kertas tisu untuk menyerap minyaknya. Cukup dengan menempelkan pada wajah anda, jangan mengusapkan kertas tisu pada wajah karena dapat mengakibatkan iritasi.


 6. Kurangi penggunaan Tabir Surya


 Minyak pada wajah semakin berlebih akibat pemakaian tabir surya yang berlebihan. Gunakan Tabir Surya seperlunya.


 7. Pilih Bedak yang tepat


 Bedak bubuk bisa menjadi pilihan yang baik untuk mengurangi minyak berlebih. Sesuaikan dengan jenis kulit anda agar tidak terjadi iritasi. 


8. Kurangi Makanan pedas


 Produksi minyak pada wajah dapat dipicu oleh beberapa jenis makanan, terutama makanan pedas. Jadi, kurangi makan sambal, atau wajah anda tetap berminyak.


 Masker Wajah Untuk Kulit Wajah Berminyak


 Pilihlah waktu luang dalam seminggu, misalnya hari minggu untuk merawat wajah menggunakan scrub, peeling, dan masker wajah. Berikut ramuan alami untuk membuat masker wajah yang dapat dibuat di rumah:



 9. Masker Wajah menggunakan Madu 


Bersihkan wajah anda menggunakan waslap hangat agar pori-pori wajah terbuka. Oleskan madu secara merata pada wajah. Bagi anda yang memiliki kulit sensitif, campurkan dengan gandum. Biarkan selama 30 menit, lalu basuh wajah hingga bersih menggunakan air hangat. Selanjutnya basuh wajah menggunakan air dingin. Ini bertujuan untuk menutup pori-pori pada wajah.



 10. Masker Wajah Menggunakan Kuning Telur


 Pisahkan kuning telur, oles pada wajah dan leher anda. Biarkan selama setengah jam. Basuh menggunakan air dingin. Vitamin A pada kuning telur sangat membantu menghilangkan noda bekas jerawat. Begitu juga untuk kulit berminyak.



 11. Masker Wajah menggunakan Wortel (untuk kulit cenderung berminyak)


 Wortel Kaya Vitamin A, Vitamin C, dan potassium. Madu kaya fruktosa, asam amino. Glukosa, mineral, dan Vitamin. Untuk menggunakan bahan tersebut sebagai masker wajah bagi kulit berminyak, rebus 3 buah wortel lalu haluskan. Tambahkan 4 sdm madu ke dalamnya. Oleskan pada wajah selama 10 menit. Selanjutnya, basuh wajah anda hingga bersih.



 12. Masker Wajah menggunakan Apel (untuk kulit berjerawat)


 Parut sebuah Apel, tambahkan 5 sdm madu. Gunakan kedua bahan tadi sebagai masker wajah. Oles secara merata pada wajah selama 10 menit. Basuh wajah anda menggunakan air dingin.




 13. Masker Wajah menggunakan Stroberi (cocok untuk kulit berminyak)


 Sekedar untuk diketahui, Vitamin C pada Stroberi bagus untuk mencegah kanker. Untuk menggunakan Stroberi sebagai masker wajah bagi kulit berminyak, caranya dengan melembutkan 9 buah stroberi. Lembutkan Stroberi menggunakan sendok, atau garpu. Tambahkan 3 sdm madu. Saring kedua bahan tersebut, oles pada wajah. Basuh wajah menggunakan air dingin. 



14. Masker Wajah menggunakan Lemon


 Untuk mendinginkan wajah yang sering terkena paparan sinar matahari, anda bisa menggunakan jus lemon dan stroberi sebagai masker wajah. Sediakan 1 sdm jus lemon, 3 sdm madu, 2 buah putih telur, dan segelas stroberi. Haluskan semua bahan diatas, lalu oles pada wajah secara merata. Biarkan selama 10 menit sebelum anda membilasnya dengan air dingin.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.