Faedah Daun Sukun Juga sebagai Obat Tradisional


Untuk membaca selanjutnya klik link dbawah.        
===========================================  
Faedah Daun Sukun Tak Kalah dengan Buahnya – Sampai kini kita umumnya cuma memakai buah sukun. Tanaman yang bentuk buahnya serupa dengan durian serta nangka ini umumnya dipakai juga sebagai makanan ringan serta pengganti beras. Struktur daging buahnya yang cukup serupa dengan roti, membuatnya memperoleh arti breadfruit dari beberapa orang barat. Rasa buahnya lezat serta memiliki kandungan karbohidrat yang lebih tinggi dari pada umbi-umbian lain seperti ketela serta kentang. Hebatnya lagi, buah sukun itu terus rendah kalori. Namun tahukah Anda bahwa bukan sekedar buahnya, tetapi daun sukun sendiri memiliki faedah yg tidak kalah?

Sukun memiliki nama ilmiah Artocarpus altilis serta masih tetap adalah keluarga Moraceae. Nama “sukun” sendiri datang dari bhs Jawa yang bermakna “tanpa biji”, sudah pasti nama ini mengacu pada buahnya yang memanglah tak memiliki biji. Di daerah Sunda, sukun di kenal dengan sebutan muncul atau kulur, sesaat di Aceh di kenal dengan sebutan kulu. Di sebagian tempat, sukun bahkan juga dimaksud dengan arti “tanaman kehidupan”. Mari kita saksikan apakah persepsi itu benar ada.

Buah sukun adalah tanaman sebagai sumber karbohidrat di daerah tropis, terlebih di Kepulauan Pasifik serta Asia Tenggara. Sukun sendiri diprediksikan datang dari kepulauan Nusantara serta Papua. Baru sesudah suku-suku di daerah ini bermigrasi, sukun menebar ke negara-negara seputar Asia, serta sesudah kolonisasi bangsa Eropa, barulah sukun hingga ke dunia barat.

Tanaman sukun bisa hidup di iklim tropis serta dataran rendah. Daerah yang memiliki suhu seputar 20o C sampai 40o C dengan curah hujan tinggi dan lembap adalah tempat yang sangatlah ideal untuk tanaman sukun untuk dapat tumbuh. Tidaklah heran bila sukun tumbuh di semua Indonesia. Pohon sukun yang telah dewasa dapat tumbuh sampai meraih tinggi 30 m, walau sedikit sukun yang meraih tinggi demikian. Daun sukun memiliki bentuk besar-besar serta simak, nyaris seperti kulit. Warna di segi atas daunnya hijau tua mengkilap sesaat di segi bawahnya kusam serta kasar. Apabila diraba, sisi bawah daun sukun memiliki bulu-bulu yang halus.

Faedah Tanaman Sukun Dengan cara Umum
Saat sebelum kita mengulas dengan cara khusus perihal daun sukun, pantas kita kenali bahwa tanaman sukun sesungguhnya memiliki beragam jenis faedah. Inilah sebagian salah satunya :


  • Daging buah sukun dengan cara turun temurun sudah dipakai juga sebagai bahan pangan, baik dimasak segera ataupun jadikan tepung. 
  • Getah sukun dipakai untuk menambal basic perahu serta jadi bahan permen karet. 
  • Kayu sukun yang enteng, kuat, serta memiliki pola bagus dapat jadikan mebel. 
  • Daun sukun juga sebagai obat. 
Kandungan Nutrisi Daun Sukun 

Saat ini, umumnya daun sukun digunakan untuk pakan ternak. Masih tetap tidak sering orang yang mengerti manfaat lain dari daun sukun. Walau sebenarnya manfaat daun sukun sendiri sesungguhnya sangat banyak. Daun sukun memiliki kandungan kalium, yang sangatlah bermanfaat lantaran bisa menguraikan batu ginjal hingga dapat larut dengan gampang serta keluar dari badan berbarengan dengan urine. Diluar itu, senyawa-senyawa yang bermanfaat didalam daun sukun yaitu :


  • Asam amino esensial 
  • Kalium 
  • Riboflavin (vitamin B2) 
  • Hidrosianat 
  • Asteilcolin 
  • Tannin 
  • Polifenol 

Dengan kandungan nutrisi sejumlah ini, sudah pasti manfaat daun sukun tak dapat disepelekan. Terkecuali senyawa-senyawa yang dijelaskan diatas, daun sukun juga memiliki kandungan anti-oksidan.

Faedah Daun Sukun Juga sebagai Obat Tradisional 

Juga sebagai permulaan, daun sukun dapat digunakan untuk menangani masalah kesehatan yang enteng. Contoh penyakit enteng yang dapat sembuh oleh daun sukun yaitu :


  • Menyembuhkan Panu, umumnya digunakan di Kepulauan Pasifik. 
  • Menyembuhkan sariawan, umumnya digunakan di India lewat cara menghancurkan daun sukun lalu ditempelkan dibagian mulut yang terserang sariawan. 
  • Menangani pegal, orang Betawi umum memakai rendaman daun sukun untuk merendam kaki. 

Hal diatas hanya beberapa kecil dari faedah daun sukun. Riset teranyar sudah tunjukkan bahwa daun sukun memiliki manfaat yang sangatlah hebat lantaran nyatanya dapat mengobati penyakit kritis.

Daun sukun juga sebagai obat jantung 

Penyakit jantung memiliki karena yang berbagai macam. Tetapi, yang seringkali berlangsung yaitu penyakit jantung berlangsung lantaran desakan darah di pada badan. Daun sukun dapat mengobatinya lewat cara :


  • Ambillah daun sukun tua yang masih tetap melekat di pohon, 
  • Bersihkan dengan air bersih, 
  • Jemur daun hingga kering hingga air tersisa setengahnya, 
  • Rebus daun sukun didalam panci dengan ukuran 5 gelas air. 

Rebusan itu lalu disaring serta akhirnya bisa diminum dengan cara teratur. Ini bakal sangatlah membantu pasien jantung.

Daun sukun juga sebagai anti-kanker 

Daun sukun memiliki karakter yang dimaksud anti-inflamasi atau biasanya dimaksud anti radang. Kandungan ini bermanfaat untuk menghindar kanker sedini mungkin saja. Langkahnya yaitu :


  • Satu lembar daun sukun tua di rebus, 
  • Bersihkan bersih didalam panci yang telah di isi 5 gelas air, 
  • Tunggulah sampai mendidih, 
  • Imbuhkan kembali air dengan ukuran sama, 5 gelas, 
  • Sesudah mendidih, imbuhkan kembali air sejumlah 5 gelas. 

Sesudah sistem yang berkali-kali itu, saring lah ramuan itu. Minum hingga habis.

Daun sukun juga sebagai obat penyakit kritis lain 

Faedah daun sukun bukan sekedar terbatas pada hal yang sudah dijelaskan diatas. Ada banyak penyakit-penyakit berat lain yang nyatanya dapat sembuh oleh daun sukun. Sebagian orang sudah merasakan bahwa penyakit ginjal yang sudah lama mereka derita pulih sesudah meminum ramuan rendaman daun sukun. Diluar itu, penyakit hepatitis serta asam urat dapat juga sembuh. Butuh dicatat bahwa peneliti merekomendasikan bahwa daun sukun terbaik untuk obat yaitu daun sukun yang telah tua serta berwarna kecokelatan.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar