10 Cara Mudah dan Murah Mencegah Penyakit Jantung


Jakarta : Serangan jantung dapat datang setiap saat. Karenanya, langkah pencegahan lebih bijak saat sebelum serangan itu datang. Di bawah ini 10 langkah simpel serta murah menghindar serangan penyakit jantung : 

1. SARAPAN BUBUR GANDUM 
Gandum memiliki kandungan beta-glucan, serat yang bisa turunkan cholesterol jahat pemicu sakit jantung. Ini membuat gel tidak tipis seperti pasta yang mengikat cholesterol dalam usus serta menghindar penyerapan ke aliran darah. 

Menurut pakar gizi Dr Sarah Schenker, cuma 3 gr beta-glucan /hari (setara semangkuk memiliki ukuran rata-rata bubur) bisa turunkan cholesterol sebesar 5 hingga 10 %. 

2. MEMBERSIHKAN GIGI SECARA TERATUR 
Penyakit gusi sudah dihubungkan dengan pengerasan arteri serta serangan jantung. Bakteri yang mengakibatkan rusaknya gigi diprediksikan menyebabkan peradangan, yang sudah dihubungkan dengan penyakit jantung. 

Beberapa pakar mereferensikan menyikat gigi dengan teratur serta bersihkan dengan benang gigi (saat ada makanan yang terjerat diantara gigi Anda). Benang gigi juga memecah biofilm yang memerangkap massa lengket bakteri). 

3. BERCINTA DUA KALI SEMINGGU 
Pria yang terkait sex, sekurang-kurangnya 2 x satu minggu, 45 % lebih rendah terkena penyakit jantung di banding mereka yang mengerjakannya sekali satu bulan atau kurang dari itu. " Ini mungkin saja lantaran faedah fisik serta emosional, dan pengurangan stres, " kata pakar jantung Dr Aseem Malhotra. 

4. PAKAILAH MASKER TIDUR 
Kurang tidur berkenaan dengan resiko yang semakin besar terserang serangan jantung bahkan juga kematian. Yakinkan kamar tidur Anda gelap atau menggunakan masker tidur, lantaran sinar menghimpit produksi hormon tidur melatonin. 

5. KURANGI KONSUMSI GULA 
Studi di Amerika Serikat yang diterbitkan th. lantas tunjukkan bahwa gula bisa jadi kontributor besar untuk desakan darah tinggi. Dr James DiNicolantonio, seseorang ilmuwan riset kardiovaskular di St Luke Mid America Heart Institute, yang memimpin riset, menyampaikan : " Mendorong customer untuk menyampaikan tak pada gula, bukanlah garam, mungkin saja kiat diet yang tambah baik untuk meraih kontrol desakan darah. " 

6. BERLIBUR KE TEMPAT YANG CERAH 
Pergi liburan dengan teratur kurangi sepertiga resiko kematian disebabkan penyakit jantung, kata beberapa peneliti di University of Pittsburgh, Amerika. Serta berlibur di satu tempat yang cerah dapat tingkatkan keuntungan. Th. lantas, universitas-universitas di Southampton serta Edinburgh temukan bahwa cahaya matahari merubah kandungan oksida nitrat, yang merenggangkan pembuluh darah, menolong desakan darah turun. 

7. MAKAN SEMANGKUK YOGHURT 
Menurut suatu studi dari Institut Kesehatan Griffith serta School of Medicine di Australia, dosis harian 'bakteri baik' atau probiotik dari yoghurt dapat menolong turunkan desakan darah, terlebih pada orang dengan desakan darah tinggi. Satu teori menyampaikan bahwa bakteri 'baik' melawan sistem inflamasi berkenaan dengan penyakit jantung. 

8. MENONTON FILM KOMEDI DENGAN TEMAN 
Tertawa bisa tingkatkan aliran darah dengan kian lebih 20 %. Sebagian studi tunjukkan, tertawa mempunyai dampak pembasmi stres yang bisa kurangi resiko penyakit jantung. 

9. JANGAN MENUNDA BUANG AIR KECIL 
Suatu studi pada orang dengan penyakit jantung awal di Taiwan tunjukkan bahwa kandung kemih yang terlampau penuh bisa mengakibatkan jantung Anda berdetak lebih cepat serta meletakkan desakan yg tidak butuh pada arteri koroner, menyebabkan mereka untuk berkontraksi. 

10. JANGAN TERLALU LAMA DUDUK 
Riset merekomendasikan duduk sepanjang 8 jam satu hari tingkatkan resiko penyakit jantung, kanker, serta diabetes sebesar 40 %. " Upayakan janganlah duduk kian lebih 4 jam, coba sekali-kali berdiri, ” kata John Buckley, profesor pengetahuan berolahraga terapan di Chester University. “Maksimal duduk dua jam, selingi dengan berdiri 30 menit. ”
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.