9 KEUTAMAAN HARI JUMAT DALAM ISLAM


Mau tahu apa sajakah keutamaan hari jum'at? Tersebut disini 9 Keutamaan hari jum'at menurut ajaran islam yang butuh anda kenali : 

1. Hari Terbaik 
Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabada : " Hari paling baik di mana pada hari itu matahari terbit yaitu hari Jum'at. Pada hari itu Adam di ciptakan, dimasukkan surga dan dikeluarkan darinya. Serta kiamat akan tidak berlangsung terkecuali pada hari Jum'at 

2. Ada Saat Mustajab untuk Berdo'a. 
Abu Hurairah berkata Rasulullah bersabda : " Sebenarnya pada hari Jum'at ada saat mustajab apabila seseorang hamba muslim melakukan shalat serta memohon suatu hal pada Allah pada saat itu, pasti Allah bakal mengabulkannya. Rasulullah mengisyaratkan dengan tangannya melukiskan sekurang-kurangnya saat itu (H. Muttafaqun Alaih) Ibnu Qayyim Al Jauziah - sesudah menguraikan ketidaksamaan pendapat tentangkapan saat itu - menyampaikan : " Di antara demikian banyak pendapat ada dua yang paling kuat, seperti diperlihatkan dalam banyak hadits yang sahih, pertama waktu duduknya khatib hingga selesainya shalat. Ke-2, setelah Ashar, serta ini yaitu pendapat yang terkuat dari dua pendapat tadi (Zadul Ma'ad Jilid I/389-390). 

3. Sedekah pada hari itu lebih paling utama di banding sedekah pada hari-hari yang lain. 
Ibnu Qayyim berkata : " Sedekah pada hari itu dibanding dengan sedekah pada enam hari yang lain laksana sedekah pada bln. Ramadhan di banding bulan-bulan yang lain ". Hadits dari Ka'ab z menuturkan : " Serta sedekah pada hari itu lebih mulia di banding hari-hari selainnya ". (Mauquf Shahih) 

4. Hari ketika Allah memperlihatkan diri pada hamba-Nya yang beriman di Surga. 
Teman dekat Anas bin Malik z dalam memberi komentar ayat : " Serta Kami mempunyai pertambahannya " (QS. 50 : 35) menyampaikan : " Allah memperlihatkan diri pada mereka sehari-hari Jum'at ". 

5. Hari besar yang berulang tiap-tiap minggu. 
Ibnu Abbas berkata : Rasulullah SAW bersabda : " Hari ini yaitu hari besar yang Allah tentukan untuk ummat Islam, jadi siapa yang akan menghadiri shalat Jum'at sebaiknya mandi terlebih dulu. " (HR. Ibnu Majah) 

6. Hari dihapuskannya dosa-dosa 
Salman Al Farisi berkata : Rasulullah bersabda : " Siapa yang mandi pada hari Jum'at, bersuci sesuai sama kekuatan, membereskan rambutnya, memoleskan minyak wangi, lantas pergi ke masjid, serta masuk masjid tanpa ada melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, lalu shalat sesuai sama tuntunan serta diam ketika imam berkhutbah, pasti diampuni dosa-dosanya diantara dua Jum'at ". (HR. Bukhari). 

7. Orang yang jalan untuk shalat Jum'at bakal memperoleh pahala untuk setiap langkahnya, setara dengan pahala beribadah setahun shalat serta puasa. 
Aus bin Aus berkata : Rasulullah bersabda : " Siapa yang mandi pada hari Jum'at, lalu bersegera pergi menuju masjid, serta tempati shaf paling depan lalu dia diam, jadi tiap-tiap langkah yang dia ayunkan memperoleh pahala puasa serta shalat sepanjang setahun, serta itu yaitu hal yang gampang bagiAllah ". (HR. Ahmad serta Ashabus Sunan, dinyatakan shahih oleh Ibnu Huzaimah). 

8. Meninggal dunia saat malam hari Jum'at atau siangnya yaitu sinyal husnul khatimah, yakni dibebaskan dari fitnah (azab) pendam. 
Diriwayatkan oleh Ibnu Amru, bahwa Rasulullah bersabda : " Tiap-tiap muslim yang mati pada siang hari Jum'at atau malamnya, pasti Allah bakal menyelamatkannya dari fitnah pendam ". (HR. Ahmad serta Tirmizi, dinilai shahih olehAl-Bani). 

9. Hari paling penting di dunia 
Terdapat banyak momen yang berlangsung pada hari jum’at ini, diantaranya : • Allah membuat Nabi Adam ‘alaihissallam serta mewafatkannya. • Hari Nabi Adam ‘alaihissallam dimasukkan ke surga. • Hari Nabi Adam ‘alaihissallam di turunkan dari surga menuju bumi. • Hari bakal terjadinya kiamat. • Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata : “Hari terbaik di mana matahari terbit pada hari itu yaitu hari jumat, pada hari itu Adam di ciptakan, serta pada hari itu juga Adam dimasukkan ke surga, dan di turunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat bakal berlangsung, pada hari itu ada satu saat di mana tidaklah seseorang mukmin shalat menghadap Allah menginginkan kebaikan terkecuali Allah bakal mengabulkan permintannya. ” (HR. Muslim) 

Mudah-mudahan yang membaca tulisan ini memperoleh keutamaan hari ju'mat 
Aamiin ya Robbal ‘alamiin
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.