Asma Hingga Batuk Takluk dengan Karuk


JAKARTA, – Karuk, tahukah Anda dengan sosok tanaman ini? Ia adalah type tanaman yang banyak tumbuh liar di rimba serta pekarangan, bahkan juga sering juga jadikan tanaman hias baik di pekarangan ataupun dalam pot. 

Ditilik dari penampilannya, karuk termasuk juga keluarga sirih-sirihan (piperaceae). Ia adalah herba tegak serta menyebar. Tingginya 0, 25 hingga 1 mtr.. Daun berupa meruncing seperti jantung, tidak beda dengan daun sirih. Warnanya hijau hingga hijau muda mengkilap. Ukurannya 7-15 cm x 5-10 cm, memiliki 3-7 urat daun, bertangkai 0, 3-0, 5 cm. Bunganya berumah satu, berupa tandan tegak, panjang 1-2 cm. Panjang ibu tangkai 0, 5-1, 5 cm, berbulu pendek, serta pelindungnya berupa agafcoulat, berwarna putih. Tumbuhan bermanfaat ini memunyai buah serupa berry, agak lonjong, berwama putih kehijauan. 

Orang Jawa menyebutkan karuk dengan sebutan cabean, sedang orang Sumatra menyebutnya sirih dudu atau karok, serta orang Maluku menyebutnya amelaunune. 

Di beberapa negara lain, tanaman yang bernama latin Piper sarmentosum Roxb ini banyak jadikan juga sebagai bahan sayuran. Thailand serta Filipina umpamanya, ke-2 negara itu jadikan karuk juga sebagai sayuran yang diberi nama 'cha plu', serta jadikan makanan khas daerah itu. Bahkan juga ada resep spesial yang disebar luas dengan nama 'miangkham'. 

Tidak seperti di Thailand serta Filipina, di Indonesia karuk belum digunakan juga sebagai bahan pangan, namun malah digunakan juga sebagai jamu serta obat herbal. Ya, karuk dipercaya ampuh dalam menyembuhkan sakit gigi, asma, batuk, serta sakit kepala. 

Sisi tanaman yang digunakan juga sebagai obat herbal yaitu daun serta akarnya. Buah serta daun karuk memiliki kandungan saponin, polifenol, serta flavanoid. Kandungan karuk yang lain yakni kalsium, kalium, magnesium, karoten, niacin, vitamin B1, B2, serta C di kenal juga sebagai antioksidan alami. 

Untuk menyembuhkan asma, lumatkan 5 lembar daun karuk sampai mirip bubur, lantas campur dengan 1/2 gelas air panas. Saring, lantas, minum satu hari 2 x. Umumnya, tidak hingga satu minggu, sesak napas yang menyebalkan itu akan berhenti. 

Sesaat untuk menyembuhkan batuk, ambillah daun karuk 5 lembar, yang tua. Masukkan ke air panas sejumlah 3/4 gelas. Bisa juga ditambahkan madu. Lantas diamkan sampai airnya jadi hangat kuku, baru diminum. Tambah baik bila daunnya disuir atau ditumbuk sampai halus. Minum setiap pagi serta sore. 

Diluar itu, untuk menyembuhkan sakit kepala, tumbuk daun karuk lantas buat jadi bahan lulur atau param kulit, lantas tempelkan pada kepala yang sakit. Serta untuk menyembuhkan sakit gigi, kunyah akar karuk berbarengan dengan pinang serta jahe kecil. 

Tetapi butuh di ketahui, walau belum diketemukan literatur yang mengatakan ada kontradiksi ataupun dampak samping dari pemakaian tanaman ini, Anda mesti terus hati-hati serta janganlah terlalu berlebih dalam penggunaannya ya! Mudah-mudahan berguna.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.