Tips Keren Seputar Dunia Perdapuran


1. Supaya telur rebus tak sulit dikupas, janganlah lupa celupkan ke air es waktu telur itu baru masak/masih tetap panas. 

2. Supaya cabe tak meletup-letup saat digoreng, janganlah lupa tusuk sedikit cabe itu dengan pisau saat sebelum digoreng. 

3. Waktu membersihkan kangkung, arnong/selada air atau genjer dan tanaman air yang lain janganlah lupa dibilasan pertama tambahkan sesendok garam lantas diamkan sesaat supaya binatang-binatan kecil yang mungkin saja hidup dibatang serta daunnya mati. Umumnya yang hoby nongkrong disitu lintah, keong, ulat serta cacing air (brokoli serta kembang kol juga kerap ada ulatnya, jadi janganlah lupa juga pakai langkah tersebut). 

4. Supaya tahu lebih awet saat disimpan, bersihkan bersih dengan air, lalu siram dengan air panas, kemudian lap dengan tisu dapur, taruh didalam wadah kedap hawa, tutup rapat, lalu tempatkan di dalam kulkas. Dapat tahan sampai 1 minggu. 

5. Untuk tahu telur busuk atau tak dapat pakai tes apung air, bila mengapung diatas air itu tandanya telur telah busuk. 

6. Saat bakal mengocok telur untuk beragam jenis kue, yakinkan telur dalam situasi suhu ruangan (bukanlah dingin lantaran baru keluar dari kulkas, hal semacam ini dapat bikin adonan tak mengembang). 

7. Bila menaruh sayuran didalam kulkas, janganlah gunakan tas palstik kresek, namun pakai koran serta atau majalah sisa. Karena dengan langkah tersebut dapat menghindar air embun sayuran menggenang yang dapat menyebabkan sayur cepat busuk 

8. Untuk menetralkan bau dalam kulkas, iris kentang serta tempatkan di rack kulkas, kentang dapat menyingkirkan bau tidak enak dalam kulkas. 

9. Supaya ikan tak lengket di penggorengan, pakai wajan yang spesial untuk menggoreng, janganlah sekali-kali menggoreng ikan di wajan yang pernah atau kerap digunakan untuk menumis, karena pastinya ikan goreng bakal lengket serta hancur saat di balik, dapat pula oleskan sedikit garam ke wajan saat sebelum dituangi minyak goreng. 

10. Untuk menyingkirkan rasa panas di tangan disebabkan terlampau lama berkontak dengan cabe atau sambal (kata orang jawa tangan wedhangen), dapat dikerjakan lewat cara bersihkan bersih tangan dengan sabun hingga 2 atau 3 kali, lalu di lap, serta masukkan tangan kedalam beras, benam serta remas-remas beras sebentar. Ditanggung rasa panas di tangan bakal hilang. 

11. Supaya mata tak pedih saat mengiris bawang merah, tempatkan wadah diisi garam disamping talenan, dengan langkah tersebut Insyaa Allah ampuh menghindari mata dari rasa pedih. 

12. Supaya beras tak dikunjungi kutu beras, tempatkan sebungkus plastik yang diisi sebagian sendok kopi bubuk, lalu beri sedikit lubang pada plastiknya. Kutu beras tak sukai aroma kopi. Jadi dia akan tidak berani datang ke beras. 

13. Bila peralatan masak kusam disebabkan noda dari bumbu yang berwarna seperti kunir/kunyit, atau panci yang terus-terusan di buat merebus air jadi kekuningan. Selekasnya ambillah sesendok baking soda, beri sedikit air, gosok-gosokkan ke panci, diamkan sebentar, lantas basuh. Bila masih tetap ada noda dapat diulang lagi. 

14. Supaya kembang kates, daun kates/pepaya serta pare tak terlampau pahit saat dimasak, sebaiknya saat sebelum ditumis direbus sebentar di air rebusan 
daun jambu biji (langkahnya, rebus air, ambillah sebagian lembar daun jambu biji, tunggulah sampai mendidih, masukkan daun jambu, tunggulah +- 5 menit, masukkan kembang/daun pepaya/pare) diamkan sebentar, matikan api. Baru kemudian tiriskan serta siap untuk dimasak sesuai sama selera (bila daun pepayanya untuk kulupan, dapat di rebus sampai masak berbarengan daun jambu biji). 

15. Supaya tempe tak gampang busuk, janganlah taruh didekat garam. 

16. Bila menaruh daging di freezer, yakinkan daging tak keluar masuk freezer berkali-kali, lantaran hal semacam ini dapat bikin bakteri berkembangbiak. Baiknya potong-potong dahulu dagingnya sesuai sama perkiraan keperluan per tiapkali masak serta taruh di plastik kecil-kecil dengan cara terpisah, hingga saat bakal mengambil, dapat ambillah sekedarnya saja. Mudah-mudahan berguna. (Sumber : www. trendingtopic. id) 
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.