Sejuta Khasiat Lengkuas, Apa Saja?


JAKARTA, Siapa sih yang tidak tahu lengkuas? Di tiap-tiap rumah di Indonesia pasti mempunyai rimpang keluarga jahe-jahean ini. Ya, lengkuas atau laos ini sering dipakai juga sebagai bumbu dapur yang bisa bikin masakan jadi lebih enak serta wangi. Tumbuhan satu ini umum tumbuh di wilayah Asia Tenggara serta sering dipakai oleh orang-orang di Indonesia, Malaysia, dan Thailand juga sebagai bumbu masak. 

Tidak cuma berperan juga sebagai bumbu dapur, ternyata lengkuas dapat dipakai untuk menangani sebagian permasalahan kesehatan. Kompleksnya senyawa yang tersimpan didalam rimpang lengkuas ini jadikan ia juga sebagai salah satu herba obat yang banyak digunakan oleh orang-orang. 

Sisi tanaman lengkuas yang digunakan yaitu rimpangnya. Pada akar rimpang ini, tersembunyi beberapa senyawa utama diantaranya minyak atsiri yang terdiri atas galangol, methyl-cinnamae, galangin serta sineol. Senyawa yang lain yaitu kamfer, seskuiterpen, kadien, resin, heksabidrokadalen hidrat, amilum serta ada banyak lagi yang lain. 

Adapun manfaat ampuh dari lengkuas diantaranya yaitu : 
Menghindar serta mengobati tumor. Senyawa transkoniferil disasetat didalam lengkuas diketahui dapat menghalangi kerja enzim xanthin yang merupakan salah satu pemicu tumor. 

Lengkuas berbentuk anti-inflamasi, dengan hal tersebut ia ampuh meredakan radang. Manfaat lengkuas ini berkenaan kandungan galangin, serta karioferidanya. 
Menyembuhkan penyakit rheumatoid arthritis. 
Meredakan gelaja kurang nyaman disebabkan luka yang ada didalam perut. 
Bila Anda mabuk laut, kunyahlah lengkuas serta persoalan Anda itu akan teratasi. 

Dengan memakai lengkuas didalam masakan Anda, otomatis Anda sudah konsumsi obat alami untuk memperlancar peredaran darah dan mencegah radikal bebas dari dalam. 
Meredakan diare. Cukup dengan sebagian kunyahan lengkuas, diare bakal hilang dalam sekian waktu. 

Mengobati rematik serta sakit limfa. 
Bila Anda jeli, terkadang dalam product penambah nafsu makan senantiasa tercantum lengkuas atau Alpinna Galanga juga sebagai salah satu bahan baku. Memanglah, salah satu manfaat lengkuas yaitu untuk menolong merangsang nafsu makan. Jadi bila anak atau anggota keluarga Anda yang lain alami keadaan kurang nafsu makan, tak ada salahnya mengolah lengkuas jadi minuman hangat untuk mereka. 

Bagaimanakah, Anda tertarik memakai lengkuas juga sebagai obat herbal? Mudah-mudahan berguna ya!
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.