Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan dan Rambut Serta Ketahui Begini Cara Mengolahnya.


Seledri mempunyai nama latin Apium graveolens L serta termasuk juga dalam famili Apiaceae atau suku adas-adasan. Seledri satu suku dengan wortel serta adas pulosari. Daun seledri telah mulai sejak lama dipakai juga sebagai bahan penyedap masakan karena aromanya yang khas serta menggugah selera. Bahkan juga di negara-negara Eropa serta Jepang tanaman seledri tidak ada yang berlebihan, karena mereka telah umum jadikan batang, daun serta biji bunga seledri juga sebagai bahan masakan. 

Seledri mulai di kenal di Indonesia mulai sejak masa penjajahan Belanda. Saat itu beberapa penjajah memakai seledri untuk penyedap masakan berkuah seperti sup. Saat ini, seledri adalah sisi tidak terpisahkan dari masakan Indonesia. 

Terkecuali manfaatnya juga sebagai bahan masakan, seledri juga bermanfaat juga sebagai tanaman obat herbal untuk menangani beragam penyakit serta masalah kesehatan. Hal ini dikarenakan seledri memiliki kandungan senyawa-senyawa yang dibutuhkan badan. 

Di bawah ini sebagian senyawa yang terdapat dalam daun seledri serta bermanfaat untuk kesehatan : 

Senyawa 3-n-butilpthalida, turunkan tekanan darah, anti peradangan disebabkan infeksi, anti kejang, serta turunkan kandungan cholesterol darah. 
Senyawa L-triptofan, antioksidan, menghindar aterosklerosis dengan cara menghalangi sistem oksidatif. 

Serat, menghindar kegemukan. Type seratnya perlu saat lebih lama untuk diolah hingga membuat rasa kenyang. 

Vitamin. Dalam 100 gram seledri terdapat 494 IU vitamin A. Makin hijau daunnya, makin tinggi kandungan vitamin A di dalamnya. Vitamin lain didalam seledri diantaranya vitamin C, B1, serta B2. 

Senyawa poliasetilena, berbentuk racun untuk bakteri serta jamur hingga dipakai juga sebagai tanaman obat mulai sejak era pertengahan. Salah satunya untuk obat anti peradangan disebabkan infeksi. 

Aroma seledri yang khas datang dari beberapa komponen mudah menguap dari minyak atsiri yang dikandungnya, tertinggi pada buahnya yang dikeringkan. Kandungan utamanya yaitu butilftalida serta butilidftalida juga sebagai pembawa aroma paling utama. Ada juga beberapa flavonoid seperti graveobiosid A (1-2%) serta B (0, 1 - 0, 7%), dan senyawa kelompok fenol. 

Komponen yang lain yaitu apiin, isokuersitrin, furanokumarin, dan isoimperatorin. Kandungan asam lemak paling utama yaitu asam petroselin (40-60%). Daun serta tangkai seledri juga memiliki kandungan steroid seperti stigmasterol serta sitosterol. 

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan 
Untuk memperoleh manfaat dari daun seledri, dapat dikerjakan dengan cara merebus serta mengambil sarinya, dimasak, dikonsumsi mentah atau di buat juice. Di bawah ini sebagian manfaat daun seledri untuk kesehatan kita. 

1. Juga sebagai Antioksidan 
Seledri memiliki kandungan antioksidan type luteolin serta flavonoid yang menolong mencegah radikal bebas pada badan. Luteloin juga bermanfaat tingkatkan metabolisme badan. 

2. Juga sebagai Antiinflamasi 
Seledri juga memiliki kandungan zat anti-inflamasi, dan efisien menghindar permasalahan tulang seperti osteoartharitis serta nyeri sendi. 

3. Tingkatkan Kekebalan Badan 
Seledri kaya dengan vitamin A serta vitamin C yang disebut antioksidan utama dalam melindungi system kekebalan badan. Vitamin C sangat mungkin produksi kolagen yang menolong membuat perlindungan otot serta jaringan ikat untuk melindungi kesehatan kulit serta melawan penyakit. 

4. Menguatkan tulang 
Seledri memiliki kandungan Vitamin K yang bertindak dalam sintesis protein (type osteocalcin) hingga tingkatkan kepadatan tulang serta gigi. 

5. Membuat perlindungan jantung 
Badan kita membuahkan asam amino yang dimaksud homosistein yang bisa mengganggu manfaat normal pembuluh darah serta mengakibatkan penyakit kardiovaskular. Seledri mengandung Vitamin B9 atau folat, yang bisa merubah asam amino jadi molekul simpel hingga melindungi Anda dari serangan jantung, stroke, serta penyakit kardiovaskular yang lain. 

6. Menolong menghindar kanker 
Senyawa organik miristisin dalam seledri dapat dibuktikan dapat menghindar perkembangbiakan sel kanker pada badan. Miristisin juga aktifkan enzim serta menolong menetralisir senyawa beresiko spesifik pemicu kanker prostat serta usus. 

Manfaat Seledri untuk Kesehatan Rambut 
Terkecuali berguna untuk kesehatan, seledri juga bermanfaat untuk kecantikan rambut seperti menyuburkan rambut, menangani rambut rontok serta 

1. Menyuburkan Rambut 
Siapkan 7 hingga 10 helai seledri. Bersihkan hingga bersih prima. Lalu tumbuk halus serta gosokkan ke rambut yang sudah dibersihkan. Pijat lembut kulit kepala Anda sepanjang 15 menit. Kemudian bungkus rambut yang sudah digosokkan seledri serta diamkan sepanjang 1 jam. Kemudian, kembali basuh rambut dengan air bersih. Untuk hasil optimal, kerjakan langkah ini satu minggu sekali. 

2. Menangani Rambut Rontok 
Ambillah seledri sejumlah dua genggam. Bersihkan serta potong kecil-kecil. Setelah itu haluskan dengan cara diblender. Sesudah halus prima, taruh seledri yang sudah halus serta lalu campurkan dengan 1 butir telur yang sudah dikocok. Terapkan kombinasi telur serta seledri tersebut di kepala Anda serta pijat lembut sepanjang 15 menit. Kemudian diamkan kurang lebih 1 jam serta basuh bersih. 

3. Meluruskan Rambut dengan Daun Seledri 
Tumbuklah sebagian batang daun seledri yang masih tetap fresh sampai halus, tambahkan sedikit air. Peras untuk memperoleh sari daun seledri, kemudian taruh di dalam botol serta diamkan sepanjang 1 malam, pakai untuk kreambath pada besok harinya. Sesudah usai, keramaslah memakai sampo. 

Sesungguhnya ada banyak lagi manfaat seledri yang dapat disibak. Satu diantaranya yaitu untuk membuat cerah muka. Caranya dengan memasukkan irisan batang seledri ke air panas, biarlah sampai dingin. Kemudian airnya digunakan untuk membersihkan muka.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.