Tak Disadari, Kebiasaan-kebiasaan Ini Bisa Picu Diabetes


Diabetes bukanlah sebatas penyakit yang 'diturunkan'. Rutinitas sehari-hari juga dapat tingkatkan resiko diabetes. Yuk simak, rutinitas apapun itu. 

Satu hal dapat jadi rutinitas lantaran sering dikerjakan. Sebaiknya Anda ketahui apakah rutinitas Anda sekarang ini termasuk juga sehat atau malah dapat jadi pemicu timbulnya penyakit tidak menular seperti diabetes. Nah, di bawah ini kebiasaan-kebiasaan yang dapat menyebabkan diabetes : 

1. Makan Berlebihan 
Terasa yang manis serta enak sering kali bikin seorang lupa diri waktu konsumsi makanan atau minuman bergula. Walau sebenarnya konsumsi gula berlebihan dapat tingkatkan resiko obesitas. 

 " Nah obesitas sendiri adalah aspek resiko terjadinya diabetes lantaran lemak yang terbentuk disebabkan makan terlalu berlebih dapat mengakibatkan terjadinya resistensi insulin, " terang spesialis gizi klinik, dr Ida Gunawan, MS, SpGk dalam pembicaraan dengan detikHealth serta ditulis pada Kamis (3/9/2015). 

Sesungguhnya gula pasir dengan cara segera tidak mengakibatkan diabetes. Diabetes berlangsung lantaran kekurangan hormon insulin atau lantaran resistensi kerja insulin. 

Karenanya baiknya batasi mengkonsumsi gula pasir terlalu berlebih, tidak kian lebih 5 sendok makan peres gula /hari. Atau anda dapat juga ganti gula dengan sweetener 0 kalori serta yang pasti rendah glycemic index (GI), hingga tidak bikin cemas gula darah dapat bertambah. 

2. Kurang Bergerak 
Keringanan tehnologi saat ini bikin nyaris seluruhnya aktivitas makin gampang dikerjakan tanpa ada banyak memakai kesibukan fisik. Alhasil beberapa orang semakin banyak menggunakan waktunya diatas kursi. Lama-lama berolahraga juga malas dikerjakan. Walau sebenarnya duduk dua jam /hari waktu bekerja dapat tingkatkan resiko diabetes sampai 7 %. 

 " Dengan semakin malasnya seorang bergerak jadi saat lemak juga semakin banyak yang ditumpuk, demikian sebaliknya dengan semakin sering bergerak, berat tubuh akan terbangun baik serta saat otot akan terbentuk hingga menghindari resiko diabetes, " papar dr Ida. 

Nah, telah berapakah lama Anda duduk? Bila telah 30 menit, mari berdiri serta kerjakan gerakan ringan seperti jalan mengambil minuman atau lakukan gerakan ringan yang lain. Bila Anda menyempatkan diri untuk jalan cepat 1 jam /hari, untungnya besar lho, lantaran dapat memotong resiko diabetes sampai 34 %. 

3. Tidak Sarapan 
Apakah Anda termasuk juga orang yang sering melupakan sarapan? Bila iya, mulai sejak saat ini janganlah pernah lagi melewatkannya. Lantaran rutinitas tidak sarapan malah beresiko tidak baik untuk pasien diabetes. 

 " Ada riset yang dikerjakan di Tel Aviv bahwa penyandang diabetes yang melupakan sarapan jadi berlangsung penambahan kandungan gula darah yang cukup tinggi, oleh karenanya sarapanlah sesuai sama aturan prasyarat gizi seimbang serta 3 J (jumlah, type serta jadwal) makan, " ucap dr Ida. 

4. Kerja Lembur 
Kerja lembur penuh tekanan dapat membahayakan kesehatan lantaran menyebabkan hadirnya kortisol atau hormon stres. Walau sebenarnya hormon ini dapat merubah langkah badan mengatur gula darah. Terlebih bila Anda asal-asalan ngemil waktu dirundung stres. 

 " Ngemil tidak sehat saat lembur serta stres juga tingkatkan resiko diabetes, lantaran hormon stres yang dikeluarkan meskipun berbentuk sesaat, bisa turut menambah kandungan gula darah sesaat, " jelas dr Ida. 

Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.