Beginilah Efek Jelek Makanan Pedas waktu Berbuka Puasa


Sekarang ini, umat Muslim dunia melakukan beribadah puasa Ramadan termasuk juga umat muslim di Indonesia. 
Minggu pertama puasa Ramadan adalah masa-masa berat untuk beberapa orang untuk melakukan puasa. 

Diare adalah pemicu paling besar mengapa mereka batal puasa. 
Diare ketika berpuasa biasanya muncul saat pagi hari. Pemicu paling utama diare yaitu mengkonsumsi makanan yg tidak pas baik waktu sahur ataupun berbuka. 

Makanan terlampau pedas serta asam jadi pencetus mengapa mereka alami diare. 
Belum lagi makanan yang dicurigai telah tercemar serta terus dikonsumsi jadi pemicu mengapa pasien yang batal itu alami diare. 

Info ini jadi utama supaya orang-orang muslim yang menjalami puasa mesti pandai-pandai pilih makanan. Terkecuali diare, nyeri ulu hati juga hal yang dikeluhkan di sampaikan oleh pasien yang tengah berpuasa pada awal-awal berpuasa. 

Nyeri ulu hati memanglah tak hingga membatalkan puasa namun untuk beberapa pasien nyeri ulu hati sangatlah mengganggu. 
Ajaran agama menyarankan kita berpuasa supaya kita sehat namun terus kita mesti memerhatikan makanan serta minuman sepanjang buka serta sahur supaya kita terlepas dari masalah pencernaan serta terus dapat melakukan puasa tanpa ada batal. 

Banyak hal yang di perhatikan ketika berpuasa, terlebih sesudah 6-8 jam perut kosong dapat berlangsung penambahan asam lambung yang bisa menyebabkan tanda-tanda sakit maag. 
Situasi ini umumnya berjalan cuma pada minggu pertama puasa serta tanda-tanda ini Insya Allah tak dirasa lagi pada minggu-minggu selanjutnya. 

Pada orang yang sehat, situasi ini bisa diatasi dengan pilihan makan yang pas waktu berbuka serta sahur, dan aktivitas yg tidak mengakibatkan terjadinya penambahan hawa didalam lambung, dan penambahan asam lambung. 

Mengenai pada orang yang memanglah ada masalah lambung pada awal mulanya, puasa bakal memperberat keadaan sakit lambungnya bila tak diobati dengan pas terlebih pada minggu pertama. 
Tetapi, bila sakit lambungnya diobati mereka yang memiliki sakit lambung tadi bisa lakukan beribadah puasa seperti orang normal biasanya. 

Namun pada umumnya setelah itu dengan kedisiplinan makan, kurangi makanan ringan yg tidak sehat serta ingindalian diri orang dengan sakit maag, sakit maag bakal sembuh sepanjang berpuasa. 
Sepanjang berpuasa, konsumsi makanan serta minuman mesti jadi perhatian terlebih pada pasien sakit maag. 

Kita baiknya menghindari diri dari makanan yang mengakibatkan atau memperberat tanda-tanda sakit maag, diantaranya : jauhi makanan minuman yang banyak terkandung gas, diantaranya sayuran spesifik (sawi, kol), buah-buahan spesifik (nangka, pisang ambon), makanan memiliki serat spesifik (kedondong, buah yang dikeringkan), minuman yang memiliki kandungan gas (seperti minuman bersoda). 

Jauhi makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung diantaranya : kopi, minuman mengandung alkohol 5 % sampai 20 %, anggur putih, sari buah sitrus atau susu full krim. 
Jauhi makanan yang susah diolah yang bisa memperlambat pengosongan lambung lantaran hal semacam ini bisa mengakibatkan penambahan peregangan di lambung yang pada akhirnya bisa tingkatkan asam lambung. Makanan itu diantaranya makanan berlemak, kue tar, cokelat, serta keju. 
Jauhi juga makanan yang dengan cara segera mengakibatkan kerusakan dinding lambung, yakni makanan yang memiliki kandungan cuka serta pedas, merica serta bumbu yang merangsang. 

Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah hingga mengakibatkan cairan lambung bisa naik ke kerongkongan, diantaranya coklat, makanan tinggi lemak, serta gorengan. 
Terkecuali makanan minuman diatas, terdapat banyak sumber karbohidrat yang perlu dihindarkan untuk pasien sakit maag, diantaranya beras ketan, mi, bihun, bulgur, jagung, ubi singkong, talas, serta dodol. 

Aktivitas yang tingkatkan gas didalam lambung juga mesti dijauhi pasti sesudah berbuka atau waktu sahur, diantaranya makan permen terutama permen karet serta merokok. 
Waktu berbuka cukup hanya minuman yang manis serta 3 buah kurma kemudian salat Magrib serta sesudah salat dapat konsumsi makanan besar dengan terus memberhatikan jumlah makanan serta jenis makanan yang dikonsumsi. 

Kita harus ingat bahwa dengan puasa bikin konsumsi makanan kita dikurangi. 
Oleh karenanya jumlah makan malam terus seperti umum serta bukanlah menggeser jumlah makan siang dikonsumi waktu malam waktu kita berbuka puasa. 

Begitupun waktu sahur jauhi makanan yang susah diolah serta yang terutama juga kwalitas makanan yang dikonsumsi waktu sahur, Kadang waktu lantaran tergesa-gesa kita cuma menghangatkan makanan waktu sahur tanpa ada memerhatikan kwalitas makanan itu. 

Puasa Ramadan bakal berjalan sepanjang 1 bln., harapan orang yang berpuasa bisa merampungkan puasa dengan sebaik-baiknya dalam situasi sehat tanpa ada batal puasa. (*)
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.