Catat! Ini Cara Jitu Meramu Kemangi Sebagai Pestisida Nabati


JAKARTA, KUMPULAN MANFAAT – Tahukah Anda bahwa kemangi dapat juga jadi pilihan alternatif pestisida nabati? Ya, kemangi dengan resep spesifik nyatanya tak kalah ampuhnya dengan pestisida kimia dalam mengusir serta membunuh hama tanaman. Bukan sekedar itu, pemakaian daun kemangi juga sebagai pestisida nabati juga amat sedikit efek negatifnya untuk lingkungan. 

Kemangi adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan juga sebagai pestisida nabati, yang sangatlah bertindak dalam mengatur hama kutu serta ulat. Tanaman kemangi, berdasar pada senyawa paling utama (bahan aktif) dalam minyak yang dipunyainya, bisa dibedakan jadi 4 jenis. 

Pertama, jenis Eropa (methyl chavicol, linalool), ke-2 jenis reunion (methyl chavicol, camphor), ketiga jenis methyl cinnamate, serta ke empat jenis eugenol. Senyawa methyl eugenol paling tinggi ada pada jenis eugenol yang berperan juga sebagai penarik (atraktan) lalat buah (B. dorsalis). Senyawa paling utama itu dapat menarik hama lalat buah jantan masuk ke perangkap. 

Lalu, bagaimana caranya menerapkan daun kemangi juga sebagai pestisida nabati? Langkahnya gampang kok, bila Anda akan jadikan kemangi juga sebagai ramuan tunggal, siapkan daun kemangi fresh serta air seperlunya. Langkah membuatnya, kumpulkan daun kemangi fresh, keringkan. Sesudah kering, rebuslah kemangi dengan air panas hingga mendidih. Kemudian, dinginkan lantas saring. Nah, hasil saringan juga siap diterapkan juga sebagai pestisida nabati. 

Langkah yang lain, Anda bisa menerapkan daun kemangi sejumlah 100 gr dengan beberapa bahan yang lain, seperti tembakau sejumlah 100 gr, kenikir 100 gr, pandan 100 gr, cabe rawit 100 gr, kunyit 100 gr, bawang putih 100 gr, aquadestilata 1 liter, decomposer BSA (mikro organisme pengurai) sejumlah 1-2 cc, serta gula pasir sejumlah 2 sdm. 

Langkah membuatnya, seluruhnya bahan dihaluskan memakai jus serta ditambah 1 liter aquadestilata (air suling). Lantas, masukkan bahan ke botol yang steril. Kemudian, imbuhkan 2 sdm gula pasir, lantas imbuhkan juga decomposer BSA 1-2 cc. Kemudian, tutup serta biarlah 1 minggu supaya berlangsung fermentasi. Kemudian saring, serta ramuan juga siap dipakai. 

Nah, gampang kan? Oleh karena itu, tunggulah terlebih, awalilah dari saat ini jadikan daun kemangi juga sebagai pestisida nabati pengganti pestisida kimia. 
Selamat coba ya!
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.