Ingin Berat Badan Turun? Makan dengan Piring Warna Merah




London - Beberapa orang sepakat bahwa rasa paling baik menu fish and chips yaitu saat dikonsumsi sembari menghadap laut. Beberapa besar dari kita juga sepakat bahwa musik serta pencahayaan memengaruhi kesenangan makan. 

Namun apakah Anda ketahui bahwa makan dari piring warna merah yaitu salah satu langkah untuk turunkan berat tubuh? Atau bahwa garpu yang lebih berat serta besar bikin penyantapnya memikirkan makanan yang mereka makan lezat? 

Inilah rangkaian teori berkenaan makan yang dikemukakan Dr Charles Spence, seseorang profesor di Oxford University yang memperjuangkan pengetahuan baru yang dimaksud gastrofisika. Ia menulis dampak multi-indera yang turut bermain saat kita makan - sedemikian rupa bahwa makanan betul-betul terasa tidak sama. Seluruhnya bukti yang mensupport teorinya didokumentasikan dalam bukunya, The Perfect Meal. 

Salah satu riset yang dikerjakan yaitu perihal dampak musik serta pencahayaan. Dalam penelitiannya, 3. 000 orang di beri satu gelas anggur putih serta disuruh untuk menyampaikan apa terasa dan berapakah banyak mereka menikmatinya. 

Kemudian, pencahayaan serta musik dirubah serta mereka kembali di beri satu gelas, yang tanpa ada di ketahui buat mereka, dipenuhi dengan anggur yang sama. Tanggapan mereka beralih 20 %. 

 " Makanan serta minuman dalam kondisi yang tidak sama terasa betul-betul tidak sama, " kata Spence. " Terkadang, hal yang kita tak sadari mempunyai efek yang lebih dari pada beberapa hal yang kita sadari. " 

Pilihan alat makan penting juga. Dalam suatu percobaan di Edinburgh, 50 orang di beri 'sendok-garpu kantin' untuk makan hidangan ikan salmon, sedang 50 yang lain makan dengan garpu serta pisau ala hotel. 

Saat di tanya apa yang diinginkan waktu membayar makanan, mereka yang memakai alat makan berat menyampaikan mereka bakal suka untuk membayar tambah lebih mahal dari mereka yang makan dengan sendok serta garpu seadanya. " Otak condong mengasosiasikan berat dengan nilai, " tuturnya. 


Spence juga memberi panduan tepat untuk mereka yang tengah berdiet : makan dari piring merah untuk turunkan berat tubuh. " Merah terkecuali adalah tanda bahaya primitif, namun juga bikin dampak kurang kontras yang bikin makanan jadi kurang menarik, " tuturnya. 

Diluar itu, tv juga mesti dimatikan waktu tengah makan. " Otak Anda bakal jadi demikian ikut serta dengan TV serta bakal kehilangan isyarat untuk mengingatkan Anda bahwa makanan yang Anda santap telah cukup, " tuturnya. 

Teori Spence saat ini diyakini oleh banyak rumah makan serta maspakai penerbangan di Inggris. British Airways dalam sebagian penerbangan tawarkan penumpang peluang untuk mencocokkan musik dengan makanan yang mereka santap.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.