Sisus, Benteng Penyakit Asma


JAKARTA, – Anda salah satu pasien asma? Asma adalah salah satu penyakit yang popular di Indonesia. Pada intinya asma yaitu penyakit pada saluran pernapasan di mana paru-paru alami pembengkakan serta minimnya.kurang tersedianya kekuatan bernapas. 

Are you one of the asthmatics? Asthma is a common disease in Indonesia. Basically asthma is a disease of the respiratory tract when the lungs swell and it is hard to breathe. 
Penyakit asma tidak bisa sembuh, namun gejalanya bisa dikontrol. Penyusunan itu termasuk juga hindari penyebab asma serta mencari gejalanya pada Anda. 

Nah, bila Anda telah terasa capek dengan gejalanya yang 'timbul-tenggelam', tidak ada kelirunya lho Anda coba lakukan penyembuhan alamiah, dengan memakai obat tradisional yang datang dari sekitar lingkungan. Satu diantaranya dengan memakai tanaman sisus. 

Nama sisus memanglah terdengar pemula ya, namun dibeberapa daerah umpamanya Sunda, ia populer dengan sebutan beubeureman an rabbet dara. Sesaat di Jawa, ia di kenal dengan nama irahan. 

Pada intinya sisus adalah tanaman semak merambat dengan batang bulat berwarna merah meraih 15 mtr. serta bersulur. Daunnya bertemu, berupa bulat telur atau bulat memanjang sampai lanset dengan pangkal melekuk hati, berwarna hijau gelap, keabuan, atau pink permukaan atasnya, serta merah marun di bagian bawahnya. Sesaat buahnya berupa bulat kecil serta berwarna hitam. 

Tanaman yang bernama latin Cissus javana DC ini mempunyai potensi herbal karena sisi tanamannya memiliki kandungan senyawa karotenoid, triterpenoid, serta asam askorbat. Ia juga mempunyai potensi dalam aktivitas gastroprotektif serta dalam soal metabolisme lipid serta stres oksidatif. Terkecuali dapat menyembuhkan asma, ia juga dapat dipakai untuk menyembuhkan bengkak, serta sakit perut. Bahkan juga di Kenya, tanaman ini juga dipakai untuk memudahkan gejala-gejala malaria. 

Langkah pemakaian sisus juga sebagai obat herbal tidaklah rumit. Ana cuma cukup meremas daun seperlunya atau seduh daun lalu berikan di bagian badan yang bengkak, atau tapalkan pada perut yang sakit. Sesaat untuk penyembuhan asma, Anda cuma cukup mengonsumsi batang muda juga sebagai obat serta penambah nafsu makan. 

Tetapi butuh di ketahui, walau belum diketemukan literatur yang mengatakan ada kontradiksi ataupun dampak samping dari pemakaian tanaman ini, Anda mesti terus hati-hati serta janganlah terlalu berlebih dalam penggunaannya ya! Mudah-mudahan berguna.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.