Inilah 6 Museum Islam Paling baik di Dunia


Ada beberapa negara yang mempunyai museum dengan koleksi benda Islami terlengkap. 

Dream - Perubahan peradaban Islam yang besar didunia sudah membuahkan banyak karya. Dari mulai bentuk-bentuk kaligrafi, arsitektur bangunan, sampai seni pembuatan keramik. 

Karya-karya seni ini bisa diketemukan pada bangunan mesjid maupun museum-museum Islam. Sebagian negara yang mempunyai museum dengan koleksi islami komplit salah satunya yaitu Qatar, Indonesia, Malaysia, serta Turki. 

Ada juga beberapa negara yang notabene bukanlah berlatarkan orang-orang muslim seperti Australia serta Kanada, tetapi juga mempunyai museum-museum sama yang mengoleksi benda-benda bersejarah peninggalan peradaban Islam. 

Nah, seperti apa museum-museum itu? Tersebut 6 museum didunia dengan koleksi islami paling baik yang dikumpulkan Dream, Selasa 16 Juni 2015 : 

1. Museum of Islamic Art, Qatar 
Museum yang berlokasi di Doha, Qatar ini mempunyai banyak artefak seni Islami yang mengundang decak mengagumi akan beberapa wisatawan. Museum of Islamic Art adalah museum Islam pertama di Teluk Persia yang mempunyai banyak koleksi. Mulai sejak di buka pada th. 2008 silam, museum ini sudah menghadirkan banyak koleksi dari beragam belahan dunia, seperti Iran, Irak, Turki, Mesir, Asia Tengah, India, serta Spanyol. Salah satu koleksi paling baik yang ada di museum ini yaitu lukisan Laila Majnun yang diadaptasi dari cerita cinta classic karya Nizami Ganjavi, seseorang penyair Persia. 

2. Bayt Al Quran & Museum Istiqlal, Indonesia 
Museum Islam di Indonesia ini terdapat di Komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Museum yang diresmikan pada 20 April 1997 ini menaruh banyak koleksi karya intelektual muslim nusantara serta beberapa ulama. Sesuai sama namanya, Bayt Al Quran mempunyai aneka koleksi mushaf Al Quran seperti Mushaf Istiqlal, Mushaf Sunda serta Malaysia, dan Mushaf Wonosobo yang memiliki ukuran sangatlah besar. Sesaat Museum Istiqlal menaruh benda seni serta aneka artefak peninggalan peradaban Islam di Nusantara. 

3. Islamic Art Museum, Malaysia 
Museum Islam bergaya arsitektur unik ini berlokasi di Jalan Lembah Perdana, Kuala Lumpur. Museum dengan 4 lantai ini menaruh beragam koleksi benda warisan peradaban Islam seperti senjata, pakaian besi, perhiasan, tekstil, koin, kayu, keramik, kerajinan logam, dan manuskrip Al Quran. Museum ini dapat menaruh koleksi-koleksi budaya yang mewakili tiga etnis paling utama di Malaysia, yaitu Melayu, India, serta Cina. 

4. Topkapi Museum, Turki 
Museum yang dulunya adalah Istana megah di kota tua Istanbul ini mempunyai ruang megah berkubah yang menaruh koleksi-koleksi utama, seperti jubah serta pedang Nabi Muhammad SAW. Jubah itu diismpan dengan apik didalam kotak emas. Diluar itu, di museum ini dapat ada jenggot, jejak kaki, serta surat kuno punya Nabi Muhammad SAW. Ditempat ini dapat disimpan salah satu manuskrip Al Quran tertua didunia. Seluruhnya koleksi Islami di Topkapi Museum masih tetap tersimpan dengan baik sampai sekarang ini. 

5. Islamic Museum of Australia, Australia 
Australia tidaklah negara berpenduduk sebagian besar muslim, tetapi negara ini mempunyai museum Islam yang mempesona. Bahkan juga Islamic Museum of Australia pernah memperoleh penghargaan dalam Museum & Galleries National Award 2014 juga sebagai salah satu museum yang paling baik di Australia. Museum yang berlokasi di Victoria ini didirikan pada th. 2010 juga sebagai wadah pertunjukan warisan seni serta histori Islam di Australia. Museum ini menaruh banyak artefak histori serta karya seni. Ada juga bermacam koleksi lukisan, kaligrafi, arsitektur, keramik, kaca serta tekstil yang datang dari beragam belahan dunia. 

6. Aga Khan Museum, Kanada 
Aga Khan Museum terdapat di Toronto. Museum ini disebut-sebut juga sebagai museum Islam termegah di Amerika Utara. Museum yang di bangun oleh seseorang jutawan muslim bernama Aga Khan ini diresmikan pada th. 2014 lantas. Museum ini didesain oleh arsitek populer, Fumihiko Maki yang pernah mencapai penghargaan internasional. Museum ini didesain dengan style kontemporer moderen dimana tembok luar memakai batu granit Brasil. Museum ini mempunyai ruang pameran yang megah dan dilengkapi dengan ruangan teater berkapasitas 350 tempat duduk.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.