Resep Masakan Cake Singkong



Untuk membaca selanjutnya klik link dbawah.        
===========================================  
Cake Singkong 
Untuk : 12 potong 

1 potong : 201 kalori 

Bahan bikin cake singkong 

- 4 btr telur ayam 

- 125 gr terigu 

- 200 ml santan 

- 150 gr singkong parut 

- 100 gr kelapa parut 

- ½ sdt baking powder 

- ¼ sdt vanili 

- 150 gr margarin dicairkan 

- 100 gr gula pasir 

Langkah Bikin cake singkong 

1. Campur tepung terigu dengan baking powder serta vanili, sisihkan. 

2. Kocok telur serta gula dengan mikser kecepatan tinggi hingga gula hancur serta kental, kurangi kecepatan mikser, masukkan kombinasi tepung sedikit untuk sedikit sampai habis. 

3. Masukkan singkong serta kelapa parut, aduk rata. 

4. Masukkan margarin serta santan, mikser dengan kecepatan tinggi sepanjang 20 detik, angkat miksernya. 

5. Ambillah loyang persegi panjang yang telah diolesi margarin, tuangkan adonan, panggang di oven sepanjang ± 1 ½ jam, angkat. 

6. Sajikan dengan dipotong-potong. 

Hidangan dari Singkong 

Singkong adalah pangan lokal yang sudah lama diminati oleh orang-orang. Pada zaman perang, waktu masuknya Jepang ke Indonesia, beras sangatlah langka serta susah didapat, namun orang-orang tak kurang akal. Kita seluruhnya memakai singkong juga sebagai pengganti nasi. Ini bermakna orang-orang sudah mengetahui makanan yang mengenyangkan (sumber karbohidrat), pilih singkong juga sebagai makanan pokok lantaran gampang didapat di pasar. 

Sesungguhnya waktu itu sumber karbohidrat macamnya sangatlah banyak, seperti talas, ganyong, serta ubi. Tetapi, yang popular yaitu singkong yang dimasak dengan diparut (sawut) yang memiliki bentuk serupa nasi. Dilihat dari sisi gizi, terkecuali adalah sumber kalori, singkong juga memiliki kandungan protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin B serta vitamin C. 

Kandungan protein yang kecil bisa digabungkan dengan protein dari lauk-pauk hingga bisa melengkapi keperluan sehari-hari. Dapat juga melengkapinya dengan sayuran serta buah. 

Saat ini beberapa pakar sudah banyak memakai singkong jadi industri seperti di buat beras aruk yang berupa butiran mirip beras. Ini bisa di proses jadi nasi aruk atau bisa digabung dengan beras serta terasa terus nikmat. Diluar itu, juga di proses jadi mi cassava (singkong). 

Mi singkong ini adalah product olahan kombinasi tepung singkong serta pati singkong yang bisa di buat berbentuk basah ataupun kering. Salah satu product yang populer yaitu mi bendo, product ini dihasilkan oleh entrepreneur di Desa Bendo, Kabupaten Bantul, Propinsi DIY. 

Industri tepung cassava 

Tepung cassava yaitu tepung yang di buat dengan cara segera dari singkong yang dikeringkan serta jadikan tepung, namun bukanlah di buat gaplek hingga warnanya masih tetap keputihan. Tepung inilah yang lalu di proses jadi mi serta hasil masakan dari mi ini terus nikmat. Hal semacam ini tergantung pada bagaimanakah memproses resepnya serta kombinasi berisi. 

Lantaran singkong dikira bernilai sosial rendah dalam masa globalisasi, kita bisa mengangkatnya sesuai sama selera global. Umpamanya, selera serba mentega serta telur jadi cake atau mungkin dengan selera serba keju di buat combro yang terasa lebih nikmat hingga yang pasti bakal diminati lantaran dimodifikasi dengan menambahkan keju. 

Ini hanya salah satu contoh, sesungguhnya hidangan apapun bila diramu dengan kombinasi yang komplit gizi bakal jadi hidangan yang sehat serta nikmat. Oleh karena itu, janganlah menyepelekan satu type makanan lantaran bila diracik serta dipadukan dengan bahan serta bumbu yang pas, bakal jadi hidangan yang nikmat, terlebih bergizi serta sehat.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.