Inilah Sinyal Datangnya Lailatul Qadr


Tidak ada yang tahu pasti kapan Lailatul Qadr datang. Tetapi Nabi Muhammad memberi beberapa panduan sinyal tanda datangnya malam mulia itu. 

Dream - Lailatul Qadr. Inilah malam yang paling diburu oleh umat muslim. Banyak yang mengharapkan dapat bersua dengan malam yang datang pada saat-saat spesifik saja di bln. Ramadan. 

Malam ini memanglah istimewa. Dalam Alquran dimaksud bahwa malam ini tambah baik dari seribu bln.. Doa yang dipanjatkan saat malam itu bakal dikabulkan. Hingga tidak heran banyak Muslim yang berlomba mencari Lailatul Qadr. 

Tetapi, kapan Lailatul Qadr datang. Tidak ada yang tahu pasti. Namun Nabi Muhammad dalam beberapa kisah memberi sinyal tanda datangnya Lailatul Qadr. Tersebut beberapa sinyal datangnya Lailatul Qadr : 

1. Hawa serta situasi pagi yang tenang 

Salah satu sinyal datangnya Lailatul Qadr yaitu situasi pagi yang tenang pada esok harinya. Dalam hadis yang diriwayatkan Ibnu Abbas, Nabi bersabda : " Lailatul Qadr yaitu malam tentram serta tenang, tak terlampau panas serta tak juga terlampau dingin, besok paginya sang surya terbit dengan cahaya lemah berwarna merah. " 

2. Matahari cerah namun tak panas 

Sinyal lain datangnya Lailatul Qadr yaitu cahaya matahari yang bercahaya cerah tetapi lemah, tak panas, pada esok harinya. Ubay bin Ka'ab menceritakan Nabi pernah bersabda : " Esok hari malam Lailatul Qadr matahari terbit sampai tinggi tanpa ada cahaya bak nampan. " 

3. Hawa merasa tenang 

Didalam Alquran digambarkan bahwa Lailatul Qadr penuh ketenangan. Situasi Lailatul Qadr sangatlah tidak sama dari malam-malam lain. Situasi lebih tenang, langit tak berawan, hawa sangatlah sejuk, tak panas serta tak dingin. 

 " Lailatul Qadr yaitu malam yang jelas, tak panas, tak dingin, tak ada awan, tak hujan, tak ada angin kencang serta tak ada yang dilempar saat malam itu dengan bintang (lemparan meteor untuk setan). " (HR. at-Thobroni) 

4. Bln. tampak separuh 

Dalam suatu kisah Abu Hurairah pernah berdiskusi dengan Nabi Muhammad perihal Lailatul Qadr. Serta Rasulullah bersabda : " Siapakah dari kalian yang masih tetap ingat ketika bln. nampak, yang memiliki ukuran separuh nampan. " 

5. Hari ganjil 

Serta sinyal lain dari Lailatul Qadr yaitu datang pada hari ganjil pada sepertiga paling akhir bln. Ramadan. Suatu hadis dari Aisyah mengatakan : " Rasulullah ShallAllahu 'alaihi wa sallam beri'tikaf di sepuluh hari paling akhir bln. Ramadan serta beliau bersabda : " Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari paling akhir bln. Ramadhan " " (HR : Bukhari serta Muslim)
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.