Masjid Istiqlal Punyai Terowongan Rahasia


JAKARTA - Masjid Istiqlal nyatanya menaruh peninggalan histori. Satu diantaranya terowongan rahasia peninggalan Belanda. 

Tempat Masjid Istiqlal berdiri saat ini dahulunya adalah Taman Wilhelmina. Diluar itu, menurut Muhammad Wahyono juga sebagai Wakil Ketua Bagian Takmir Masjid Istiqlal, untuk berikan tempat untuk Masjid Istiqlal, sisa benteng Belanda, yakni benteng Prins Frederick dibongkar pada th. 1961. 

 " Di benteng itu ada terowongan bawah tanah yang konon tuturnya hingga ke Pelabuhan Sunda Kelapa, namun saat ini telah ditutup, " katanya pada Okezone di Masjid Istiqlal, Jakarta. 

Lanjut bercerita, Muhammad Wahyono menyampaikan, terowongan itu dahulunya dipakai juga sebagai tempat persembunyian pasukan Belanda. 

Diluar itu, menurut dia terowongan itu dipakai juga sebagai tempat pelarian pasukan Belanda pada saat terserang musuh. " Bila mereka terserang itu larinya ke laut melalui pintu terowongan itu, " imbuhnya. 

Tetapi, seperti dikisahkan Muhammad Wahyono, saat sebelum jadi masjid yang saat ini dapat menyimpan 200. 000 jamaah ini, nyatanya dahulunya Benteng Prins Frederick menaruh saat lantas pilu untuk rakyat Indonesia. Muhammad Wahyono menyampaikan, dahulunya tokoh-tokoh perjuangan Indonesia memperoleh penyiksaan di Benteng Prins Frederick. 

 " Jadi, masa lalu pada penindasan Belanda itu mau dirubah serta di bangun oleh Bung Karno jadi suatu masjid bernama Istiqlal yang berarti merdeka, " tutupnya. 

 (jjs)
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.