Buah Rambutan yang Disepelekan, Ternyata Memiliki Khasiat Super


Sekian hari ini didaerah seputar rumah kami, panen rambutan tengah bersemi. Hampir sehari-hari bisa kiriman rambutan, hehee. Dari pak Haji yang punya pesantren yatim, bisa satu karung, dari tetangga, juga dari kebon sendiri. 

Apa dikarenakan ruang kami dekat dengan kampung Rambutan ya, jadinya di sini memang dulunya tempat pohon rambutan tumbuh dengan sangatlah subur. Walau sebenarnya di kebon pak Haji ataupun kebon sendiri ini, pohon rambutan tidak pernah disiram, tidak pernah di beri pupuk, tidak juga disemprot pestisida. Dibiarkan alami. 

Serta pada musimnya dapat berbuah sendiri. Sangatlah lebat. Wah, dapat disebutkan ini rambutan organik, hehee. Suburnya pohon rambutan di sini, serta pohon pohon lain seperti nangka, cempedak, kebon pisang, pepaya, yang tanpa ada perawatan namun terus membuahkan buah yang banyak, tunjukkan begitu kayanya tanah Indonesia ini. 

Subur sekali. Namun, meskipun buah buah lokal begitu banyak, kenapa kita masih tetap impor? Nilai impor buah Indonesia meraih US$ 411, 57 juta Dollar AS atau sejumlah Rp 3, 7 Trilyun (data BPS). Termasuk juga impor buah tropis sejenis dari Thailand! Diinginkan pemerintah memanglah dapat memproteksi buah lokal Indonesia dari serbuan impor. 

Diluar itu, untuk customer, janganlah sepelekan gizi buah lokal! Konon, bahkan juga keperluan gizi manusia, telah ada alami di alam sekitarnya. Serta sesuai sama ritme alam, keperluan badan juga sesuai dengan musimnya. Jadi ada variasi gizi juga sebagai konsumsi manusia. Serta untuk buah rambutan, sebagian manfaat yang ada didalamnya ternyata sangatlah banyak. 

Dapat disebutkan bahwa rambutan ini buah super, karena ternyata dapat juga untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit. Dijelaskan bahwa buah rambutan memiliki gizi yang sangatlah tinggi, salah satunya mengandung kalium, kalsium, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B12, folat, mangan, magnesium, zat besi sampai vitamin C. Di dalam 100 g rambutan (3 buah), ada kandungan kalori 69 kalori, 58 mg vitamin. 

Kandungan seratnya juga tinggi, yakni 2 g per 100 g buah, hingga pas untuk orang yang mau diet turunkan berat tubuh. Diluar itu, kulit buah rambutan dapat dipakai untuk obat disentri serta demam. Sesaat biji buah rambutan dapat dipakai untuk menangani diabetes mellitus atau penyakit kencing manis. 

Sedang kulit kayu rambutan, di rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa satu gelas, serta pada saat hangat bisa di buat juga sebagai obat kumur juga sebagai obat sariawan. Serta mau rambut hitam bercahaya? Wah ternyata dapat pula di rawat dari daun rambutan. Daun rambutan yang ditumbuk sampai halus, di beri air, lalu disaring, airnya diusap ke kulit kepala serta rambut. Bila rajin digunakan, rambut dapat jadi kinclong, hitam berkilau. Nah, itu yaitu manfaatnya. Serta mau menanam pohon rambutan sendiri? Cobalah saja bila beli rambutan, bijinya dibuang ke halaman. 

Tidak berapa lama, dapat dapat dilihat tunas rambutan terlihat ke permukaan tanah. Saya cobanya seperti itu. Serta ternyata tanpa ada diperlakukan spesial, tumbuh sendiri di halaman..... :) Ya Telah, sekali lagi, Cintai Buah Lokal Indonesia. Gizi serta Manfaatnya tidak Kalah kok
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.