Kerap Berlangsung Kecelakaan, Panduan Mudik lewat Tol Cipali


JAKARTA - Sebagian minggu lagi, hari raya idul fitri bakal tiba. Beberapa orang-orang Indonesia juga berbondong-bondong untuk mudik ke kampung halamannya. 

Tidak heran bila setiap tahunnya musim mudik senantiasa berlangsung kecelakaan jalan raya dari beragam jenis aspek. Oleh karenanya, ada banyak hal yang perlu disiapkan dalam menggerakkan mudik terutama lewat jalur darat.  

Pengamat transportasi darat Djoko Setijowarno memberi beberapa tips untuk ingindara yang mau menggerakkan mudiknya lewat jalan tol Cikopo-Palimanan (Cikopo). Lihat belakangan ini, jalan tol itu alami kecelakaan yang beberapa besar lantaran aspek human error. 

 " Intinya, kontrol pengemudinya untuk waspada serta berwaspada. Saat sebelum mudik, check mobil dalam keadaan bagus seperti ban, " tutur Djoko, waktu dihubungi Okezone, Selasa (30/6/2015). 

Panduan yang lain, Djoko meneruskan, selama 116 km. (km), optimal ingindara meniti 110 km per jam. Bila ingindara mengantuk, obatnya yaitu tidur. Minimum ingindara perlu istirahat satu barangkali kurun waktu 1, 5 jam. 

 " Yang utama konsentrasi lantaran kendaraan waktu Lebaran tiba pasti banyak. Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (KemenPUPR) tak asal-asalan melepas tol, persoalannya ini masalah manusia, sesaat standarnya yaitu keselamatan, " ucapnya. 

Djoko mengakui, kecelakaan di jalan tol Cipali adalah human error. Bila ingindara mengantuk, mesti istirahat, jadi juga sebagai pengemudi mesti aware lihat keadaan kendaraannya. 

 " Supir jadi aspek terpenting dalam ingindali serta keadaan mesti sempurna, " katanya. 

KemenPUPR dengan cara minimalisir telah penuhi standard minimum. Jalan tol Cipali yang pada awal mulanya adalah daerah sawah serta rimba kecil, banyak hewan yang berkeliaran di jalan tol. Hingga, jalan tol butuh di perhatikan. 

 " Walau rambu-rambu telah mencukupi, janganlah meniti dengan kecepatan inggi. Telah diberitahu kembali pada ke pengemudi untuk waspada, " katanya. 

Djoko mengharapkan, fasilitas-fasilitas di jalan tol Cipali seperti rest ruang mempunyai tempat yang cukup bagus. Minimum pengemudi dapat beristirahat seperti tidur di masjid.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.