Tujuh Batu Akik Indah Namun Berbahaya

Kembali pada zaman batu. Begitulah semua beberapa orang terlebih di Indonesia yang sekarang ini tengah demam-demamnya batu mulia. Bicara masalah batu-batu cantik, terdapat banyak jenis type yang banyak diburu beberapa penggemar perhiasan, terutama kristal. 

Telah bukanlah rahasia umum batu kristal tambah lebih dahulu jadi incaran beberapa orang. Bebatuan ini kerapkali dipakai dalam perhiasan atau dibuat jadi karya seni yang menawan. Saat temukan kristal dari dalam bumi, tidak sedikit orang yang bakal segera mengambilnya lantaran keindahannya. 

Tidak tinggu dahulu. Tak seluruhnya bebatuan indah itu aman. Mengapa? Ya, lantaran nyatanya terdapat banyak type batu yang menaruh rahasia yang mengagetkan, yaitu mematikan. Bukanlah masalah mitos, namun berdasar pada sebagian riset, beberapa jenis batu spesifik memiliki kandungan zat yang membahayakan nyawa manusia. Inilah tujuh type batu paling beresiko seperti yang diambil dari djurnal. com. 



Arsenopyrite 




Kemilau batu arsenopyrite tampak sangatlah serupa dengan emas. Tetapi keduanya sangatlah tidak sama. baiknya berhati-hatilah saat menjumpai kristal atau bebatuan yang serupa emas, tetapi debunya keluarkan bau yang serupa bawang putih. Itu bukanlah emas, tetapi arsenopyrite. 

Batu bercahaya ini memiliki kandungan arsenik sulfida yang bila disentuh serta masuk ke badan Anda dapat mengakibatkan kematian. Begitupun bila bebatuan ini dipanaskan. Uap yang nampak dari pemanasan arsenopyrite serta berbau seperti bawang putih yang kuat dapat sangatlah mematikan, beracun, serta dapat menyebabkan kanker. Langkah membedakan batu ini dengan emas yaitu dengan memukulnya dengan batu. Bila batu ini berbau bawang putih serta arsenik yang menyengat, baiknya selekasnya jauhi. Yakinkan juga Anda tidak hirup baunya terlampau banyak. 



Galena 




Galena yaitu bebatuan yang berupa kubus perak serta bercahaya. Warnanya yang cantik bikin bebatuan ini menggoda. Tetapi kandungan sulfur dalam galena yang sangatlah reaktif dapat beresiko untuk pemakainya. Banyak peneliti yang keracunan saat mempelajari kristal yang satu ini. 

Debu timbal pada galena yang tidak berniat terhisap dapat mengakibatkan keracunan, bahkan juga kematian. Tidak cuma itu, mineral yang satu ini dapat juga mengakibatkan pencemaran lingkungan serta membahayakan kesehatan orang di lingkungan itu. 

Tersebut sebagian type kristal serta bebatuan bercahaya yang cantik tetapi nyatanya sangatlah beresiko, bahkan juga dapat mematikan. Janganlah segera tertarik dengan bebatuan atau kristal yang tampak cantik. Kenali dahulu macamnya serta apakah bebatuan itu dapat beresiko. 



Cinnabar 




Warnanya yang merah menggoda bikin kristal yang satu ini terlihat indah serta cantik. Cinnabar sendiri bermakna yaitu ‘darah naga’. Kristal yang bernama lain mercury sulfide ini terbentuk di dekat gunung berapi serta mempunyai komposisi merkuri yang tinggi. Warna merahnya yang menawan sesungguhnya malah tunjukkan begitu berbahayanya kristal cantik ini. 

Kristal cinnabar dapat keluarkan merkuri yang mengakibatkan tremor, badan bergetar, mati rasa, serta bahkan juga kematian bila tak diakukan dengan benar. Pada th. 1700, di kirim untuk bekerja di suatu pertambangan yang memiliki kandungan cinnabar dikira sama juga dengan suatu hukuman mati untuk beberapa pekerja. Walau demikian, sebagian praktisi kesehatan di saat kuno malah yakin kristal ini mempunyai kemampuan pengobatan bila dipakai dalam kandungan yang pas. 



Chalcanthite 



Chalcanthite yaitu kristal cantik berwarna biru. Kristal ini terdiri atas tembaga, belerang, air, serta unsur yang lain. Walau tembaga tak beresiko, tetapi bila memiliki kandungan tembaga dalam jumlah yang sangatlah banyak, kristal ini dapat beracun untuk badan. 

Tembaga dalam chalcanthite dapat larut di air, apabila jumlah tembaga yang larut di air cukup banyak lalu dipakai untuk minum atau menyiram tanaman, jadi ini dapat mengakibatkan kematian dengan cara perlahan-lahan pada badan ataupun tumbuhan. Melepas sebongkah kristal biru ini ke kolam ganggang telah dapat dibuktikan dapat jadi ancaman lingkungan yang besar. Walau demikian, lantaran keindahannya yang luar umum, ada banyak entrepreneur yang memburu chalcanthite atau berupaya bikin tiruannya yg tidak beresiko. 



Stibnite 



Stibnite tampak seperti perak serta bercahaya seperti kristal logam. Tetapi batu ini mempunyai senyawa yang tidak stabil serta dapat mengakibatkan keracunan untuk pemakainya. Stibnite pernah dipakai juga sebagai bahan pembuat peralatan makan serta pedang di saat lantas serta mengakibatkan kematian pemakainya. 

Baru di ketahui bahwa kristal yang satu ini dapat mengakibatkan keracunan makanan bila dipakai juga sebagai peralatan makan. Bila Anda mau mengoleksi stibnite, tanganilah dengan sangatlah hati-hati supaya tak keracunan. Sesudah memegang stibnite, selekasnya bersihkan tangan sampai bersih. 



Torbernite 



Torbernite dikatakan sebagai kristal dari neraka. Bebatuan berupa prisma yang berwarna hijau indah ini terbentuk dari uranium. Torbernite terbentuk dari reaksi kompleks pada fosfor, tembaga, air, serta uranium. Warnanya yang indah bikin banyak kolektor kristal tergoda untuk mengoleksinya. Tetapi hati-hati dengan kristal ini. 

Bila pembusukan uranium berlangsung didalam, kristal ini bakal keluarkan gas yang dapat mengakibatkan kanker paru-paru dengan cara perlahan-lahan. Karenanya, baiknya janganlah tergoda untuk membuatnya koleksi, terlebih kristal yang dipasang pada perhiasan. 



Orpiment 



Orpiment yaitu kristal yang mempunyai beberapa warna menggoda serta bakal bikin Anda mau mengoleksinya, bahkan juga membuatnya perhiasan. Tetapi orpiment yaitu bebatuan yang sangatlah beresiko. Batu ini terbuat dari kombinasi arsenik serta sulfur yang sangatlah reaktif. Memegang orpiment dapat melepas zat karsinogen pemicu kanker pada badan Anda serta mengakibatkan keracunan arsenik pada saraf. 

Konon, bangsa China memakai busur panah yang telah digosok-gosokkan pada kristal ini untuk meracuni musuhnya. Orpiment juga keluarkan bau bawang putih yang kuat lantaran kandungan arsenik di dalamnya. Janganlah memotong bebatuan ini, lantaran bubuk serpihannya dapat sangatlah beracun terlebih bila terserang cahaya matahari. Bubuk bebatuan ini pernah dipakai pada bahan cat serta meracuni banyak seniman yang memakainya.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.